Friday, May 25, 2012

Kleponnya Budhe Tante Beta


Klepon.
Hari itu salah satu teman di BBM-ku pake display picture kue bernuansa Ramadhan itu. Tanpa pikir panjang, jempolku langsung beraksi, bertanya GIMANA CARANYA BIKIN TU KLEPON, secara di kotaku aku gak pernah (a.k.a rada sangat susah) menemukan kue itu kecuali di bulan Ramadhan.

Si Budhe Tante Beta Al Chasana dengan murah hatinya membagi resep andalannya ini. Lengkap dengan step by step foto prosesnya Ciin!!!

Oke cekidot yee....

Bahan kulit :
250 gr tepung ketan
1 sdm tepung terigu
Setengah sdt vanili bubuk
Pasta pandan secukupnya
Air hangat
1/2 sdt garam

Bahan isi:
Gula merah sisir

Kelapa parut, kukus, beri garam sedikit

Cara :

Taruh tepung ketan, garam dan vanili di baskom, lalu (kata BT Beta) di-pyur-pyur biar tercampur rata.
Masukkan pasta pandan, air hangat, lalu uleni sampai kalis. Kalau masih agak kasar, masukin air sedikit lagi sampe agak lembek, tapi bisa diuleni.

Kalo sudah ambil sejumput pipihkan ditangan, isi dengan gula merah sisir, lalu pulung sampai rapi, jangan sampai gulanya berantakan nanti meletus.

Didihkan air lalu cemplungkan bola2 klepon kedalamnya dan tunggu sampai mengapung, tanda udah matang, tiriskan. Langsung gulingkan ke kelapa parut sampai rata.

Tarraaa...
Dan inilah penampakannya...:D


No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...