Friday, May 25, 2012

Pempek ala-KU :)


Oke, jadi ceritanya lagi 'rajin' posting resep (kenapa gak dari kemaren-kemareeeennn?!!)

Ini, pempek favorit keluargaku.
Emaknya jarang bikin, secara ikan tenggiri-nya susah dicari (lagi mehel Ciin)...
2 hari lalu si kakak request. Baru kemaren bisa bikin.
Itu pun belinya cuman 1/2 kg ikan...
Alhamdulillah, enaaakk...!!!
:)

Ini dia resepnya :

Bahan :
-500 gr ikan tenggiri, haluskan
-350 gr tepung kanji
-1 butir telur
-1 bungkus kaldu ayam bubuk
-1 sdt garam (secukupnya)
-air es secukupnya
-5 siung bawang putih, haluskan
-daun bawang cincang
-telur kocok untuk isian pempek kapal selam

Kuah :
-500 mL air
-Gula pasir
-Gula merah kualitas bagus
-air asam jawa
-5 siung bawang putih, haluskan bersama
-cabe secukupnya

Taburan :
-Timun cincang
-ebi halus (saya gak pake)

Cara :
Campur dan uleni bahan pempek sampai kalis, bentuk panjang (untuk lenjer) dan isi telur (untuk kapal selam). Untuk pempek kapal selam, buat bulat-bulat dulu, baru lubangi tengahnya lalu tuang telur kocok pakai gelas ukur (agar saat menuang gak kena kulit atasnya yang bisa bikin pempek gak bisa ditutup).
Rebus air, saat medidih masukkan pempek, tunggu sampai mengapung pertanda matang.

Kuah:
Rebus bahan kuah sampai mendidih.

Penyajian :
Goreng pempek, beri kuah dan taburan.
Sajikan saat masih hangat.
Untuk pempek yang belum digoreng, saya masukin kulkas.

4 comments:

  1. mantaap emaaak

    ReplyDelete
  2. mantaaap juga mak 'anonymous'...
    *menebak-nebak siap gerangan pengomen di atas*
    makasih yaa udah mampir di siniii...:)

    ReplyDelete
  3. Eh baru tauk kalo kapal selam tuh telurnya dituang gitu. Kirain bulet2 dimasukin. Mau duooong icip icip mak

    ReplyDelete
  4. Biasanya sih bulet-bulet Wind, tapi ane gak bisa bikinnya...hihihi...
    Nyok sini nyicip :D

    ReplyDelete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...