Wednesday, October 10, 2012

Sambal bajak beserta resep turunannya… Halah...




Sambal ini berawal dari cerita ‘agak gak beres’nya kulkas saya, sodara-sodari. Ya, kulkas saya yang (baru) berumur 4 tahun itu mendadak rewel, gak dingin bangets lagi, suhunya naik-down, tapi banyakan down-nya sih. Down di sini bukannya tambah dingin, tapi jadi gak berasa kulkas lagi gitu deh. 

Paniklah saya. Panik!! Paniiik!!! *sambil garuk-garuk pintu kulkas yang isinya lumayan banyaks*.
Siapa lagi yang disalahin kalo gak perusahaan listrik negeri tercinta yang belakangan punya hobi matiin listrik tanpa seizin saya dan keluarga saya. Trus, salah saya ya kalo kulkas jadi gak beres gini? Salah tetangga saya? Ya jelas salah perusahaan listrik itu lah! Padahal belakangan saya baru tau loh, kulkas itu SEBAIKNYA dipakein stavolt alias alat untuk menstabilkan tegangan listrik. Tapi saya gak pakein kulkas saya stavolt. Nah, sekarang siapa yang salah kalo kulkas saya tiba-tiba begini?
Tetep : perusahaan listrik negeri saya tercinta. Titik.


Ni sebenarnya saya mau cerita perihal perusahaan listrik ato sambel ato kulkas sih sebenernya?
Jadi, kan isi kulkas saya banyak tuh (halah, sebanyak apa sih gan?). Mulai dari cabe, tomat, kentang, ikan, ayam, daging, sosis, telur, belum lagi sayur-sayuran mulai dari bayam, kangkung, wortel, buncis, sawi (kulkas apa kebun yak?)… halahh… gak ding. Gak sebanyak itu. Tapi yang justru saya khawatirkan adalah jumlah cabe yang banyak itu, mau saya apakan kalo tiba-tiba kulkas gak bisa diajak kerjasama lagi? 

CRING!!
Ide cemerlang muncul di kepala saya bersama bohlam khayalan yang nyala dengan bunyi tersebut.

Bikin sambal bajak aja, kan bisa lebih awet. Bisa disimpen lama, yaah seminggu laah. Jangan sampe tiga kali puasa tiga kali lebaran kayak bang toyib loh ya... Kebetulan saya dan suami memang pecinta sambal. Kalo makan gak ada sambal, gak rame, halahh… jadilah semua cabe yang ada di kulkas saya cuci bersih. Mulai dari cabe rawit, cabe merah besar, cabe keriting (blom direbonding ya cyin?). Ada sisa tomat, juga saya eksekusi. Gula merah, terasi pedas instant, garam, gula, asam jawa. Blender semua pake minyak goreng. Kenapa pake minyak goreng? Kalo pake aer kobokan, jadinya gak enak, gan… hehehe…

Gak ding. Pake minyak itu biar saat menggoreng sambal bisa maksimal proses pemasakannya. Kalo blendernya pake air, butuh waktu lama sampe sambalnya wangi dan mantep. Hemat energy, gan…!

Setelah semua terblender, saya masaklah itu sambal sampai mateng. Hmmm, wanginya…

Dan jadilah sambal bajak ala saya. Hmm, banyak loh, jadinya. Saya jadi mikir lagi. Ada kentang di kulkas, enaknya diapain yah? Dan bohlam kembali menyala di kepala saya. Dibikin kering kentang saja!

Maka saya pun kembali berkutat dengan kentang, mulai dari mengupas sampai mengirisnya tipis-tipis. Eh, gan, ngirisnya pake alat loh, jadinya cepet. Jangan pake Mandau apalagi samurai, kelamaan. Setelah diiris, itu kentang saya rendem sebentar di air kapur, biar hasil gorengannya bisa krispi.

Oke, setelah kentangnya digoreng, diamkan dulu sampai dingin. Dan, campur dengan sambal bajaknya.
Taraa… enak gan! Cobain deh! 
 
Lalu, bagaimana dengan nasib kulkas saya?
Sampai saat berita ini diturunkan, kulkas saya masih sakit, gan. Yang berfungsi maksimal Cuma bagian freezernya saja. Hiks… sedih deh… kulkas, cepet sembuh yaa… *elus-elus pintu kulkas*

6 comments:

  1. wii mbak, sambelnya kyknya mantep banget tuh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya, manteeep bangets...kalo masih di tanjung eike kasih deh mak...:D

      Delete
  2. kirim sini dunnk ji. Satu tupperware aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. binun eike, mau sambel, kentang, apa tupperwarenya Wind? :D ehtapi bener mau? momil mesti dituruti nih maunya...:p

      Delete
  3. gara2 rusak jd punya ide cemerlang ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mbak, begitulah konon kodratnya emak-emak, mesti kreatip di segala situasi dan kondisi..halahh..salam kenal ya mbak, thanks udah berkunjung :)

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...