Saturday, March 16, 2013

Smartphone for Gaje People :D


Sudah seminggu ini saya gak sentuh BB aka blekberi, si smartphone for smart people ntu  tuh. Kenapa? Tanya kenapa dong…:p apakah karena saya bukan smart people? Siapa yang berani ngomong gitu? Siapa? Siapaa?! #gulung lengan baju #ngebilas cucian.

Ceritanya sedang pengiritan pulsa. Lumayan lho, seminggu bisa hemat 15 ribu perak. Atau kalau pake paket harian untuk emak-emak kere kayak saya, lumayan hemat 2500 perak sehari. Ealah, pulsa segitu gak bisa beli? Padahal ngakunya horang kayah loh.



Sekarang saya mulai berpikir (kemarin-kemarin males mikir) untuk membeli sesuatu yang benar-benar bernilai manfaat. Paket BB gak manfaat? Ya manfaat lah. Manfaat buat sesama pengguna BB. Bisa kirim-kiriman gambar haratis. Bisa ngobrol ngalor ngidul gak penting seharian. Bisa pamer autotext terbaru. Bisa pasang display picture makanan untuk pamer. Bisa pasang status geje sok keren. Bisa juga kirim-kirim broadcast gak penting.

Dan semua itu bisa dilakukan buat sesama pengguna BB. Lah kalo yang gak punya BB gimana? Padahal suami saya gak punya BB, sedangkan dia adalah orang terpenting dalam hidup saya #tsah… ujung-ujungnya ya pake SMS. Jadi tambah boros dong yak. Udah paket BB buat BB-an gak jelas, eh pulsa regular ikut tersedot untuk SMSan dan telpon-telponan. Benar-benar gak efektif dan efisien #ealah bahasa guweh.

Alasan lain saya males pake BB, adalah ketika ada temen di contact list saya kirim broadcast message PENTING BANGET  yang isinya bisa saya kelompokkan dlm beberapa kategori :
-      
  •  -    Tipe teroris ; ciri-ciri isi broadcastnya gak jauh-jauh dari dakwah (bagian yang ini saya seneng), lalu ujung-ujungnya menghimbau untuk meneruskan isi broadcast tadi dengan konsekuensi mengerikan kalau saya berani gak broadcast balik, misalnya mati kelindes truk atau bakal sial seumur jagung. Serem banget kan? Nah daripada saya bernasib gak jelas gitu, mending kan saya stop aja BBMan.
  • -          Tipe soktoy ; awalnya dakwah, tapi gak tau sumber shahihnya dari mana, hadist mana, ayat mana, dll dsb. Contoh : barangsiapa tidur di saat-saat ayam berkokok, maka tunggulah kehancurannya. Lah piye gak bobo pas ayam berkokok, tetangga saya miara ayam je, setiap saat berkokok, trus kalo saya bobok siang, saya celaka dong? 
  • -          Tipe lancang ; kenapa saya bilang lancang? Lha tanpa seizin saya, nomer PIN BB saya disebarluaskan melalui broadcast message, dengan pesan kurang lebih seperti ini : invite temen saya yang manis, cantik dan baik hati ini yuaa… dijamin gak rugi deh kalo kamu nginvite dia, soalnya pas lebaran biasanya dia bagi-bagi THR looh. Lancang kan? Mana pernah saya bagi-bagi THR. Yang ada saya nodong temen-temen BBM saya untuk kirim THR ke saya #eh
  • -          Tipe sok lucu tapi garing ; kenapa saya bilang garing? Iya lah, saya udah sering banget dapet broadcast BBM yang isinya humor yang sama. Rupanya si isi BBM itu udah melanglang buana ke seluruh BB user dan akhirnya terkirim lagi ke saya dengan pengirim yang berbeda. Garing.
  • -          Tipe ngaku sahabat tapi pamrih ; kenapa? Biasanya mereka kasih spesifikasi tipe sahabat yang baik, yang selalu ada di saat duka, ikut senang di kala suka, dll dsb. Trus ujung-ujungnya mereka bilang : dan itu adalah kamu, sobat… kirimkan broadcast ini termasuk ke aku ya, semakin banyak kamu terima broadcast ini dari teman-temanmu, semakin membuktikan kamu itu adalah sobat sejati, dan bahwa aku gak salah pilih sobat… buset, sejak kapan ya kualitas persahabatan itu dinilai dari broadcast. Padahal sahabat saya aslinya gak punya BB, Sob!
  • -          Tipe humble musiman  ; yang rajin ngucapin “halo sobat, met pagi dan met beraktifitas ya…have a nice day…” atau “udah malem nih, Ciin, bobo yuk…” (dalam hidup saya, orang yang paling berhak ngajakin saya bobo hanya anak-anak dan suami saya, Sob!).
  • -          Tipe wartawan gagal ; kirim-kirim link berisi foto korban kecelakaan, kebakaran, bom meledak dll dsb. Kenapa sih gak punya nurani banget? Gimana kalo yang di foto itu suami/istri mereka sendiri, atau sodara mereka, trus ada yang menyebarluaskan melalui media sosial, terima gak digituin? #emosi jiwa


Nah, sekian sekelumit laporan perihal isi broadcast. Gak manfaat banget, kan? Parahnya nih, kadang broadcast itu dikirim di saat-saat saya gak pengen ada suara apapun selain berita urgent aka gawat darurat militer. Gak sopan banget kan, kirim BBM pas orang lagi tidur. Udah gitu isinya gak penting. Huuhh, pengen saya bales “PENTING BANGET GITU YA, BBM PAS SAYA LAGI TIDUR?” tapi gak jadi ah… ntar kesannya saya tukang tidur lagi.


Oiya, postingan ini saya dapet pas lagi walking blog barusan. Isinya bikin saya tambah yakin, BB bener-bener gak ada manfaat (buat saya lho ya) selain buat pamer doang. Cekidot : 

tipe-tipe pengguna bbm

Posted on May 1, 2012 by adobdobebek

Entah kenapa gua dari kemarin pengin bikin postingan ini.. Mungkin udah banyak yang bikin tapi biarin,pengen menjadi mainstream sekali-kali. :p

..
Terhitung hari ini,gua udah pake blackberry selama 2tahun lebih beberapa bulan. Dan berikut adalah tipe-tipe pengguna blackberry yang gua perhatiin :

1. The gaulers.

Tipe yang ini itu biasanya masang foto bbm dia yang lagi hengaut ke tempat-tempat gemerlap. Biasanya foto dengan menenteng tas dan kaki diangkat sebelah.

2. The Orkays

Tipe yang ini itu biasanya masang foto bbm yang berhubungan dengan kegiatan dia diluar negeri,barang belian mahalnya,bahkan duit (mungkin kalo duit,jadinya the orkays-wannabe”)

3. The sellers.

Tipe yang ini biasanya menjajakan barang jualan nya di foto,status,Broadcast Message (BM) bahkan dinama nya sendiri. Jelas kayanya kurang duit banget.

4. The terselubung sellers.

Nah kalo yang ini memang terselubung. Biasanya ngirimin BM yang aneh tapi kalau diteliti,di BM itu dia sebenarnya jualan.
Contoh BM nya adalah :
——————
Info Kesehatan…!!!
-Buat anda” yg takut obesitas.. Disini saya ada solusi nya 2-4kg/ mgg using baygon

-Buat Wanita yg perduli akan Ms.V nya.. Masalah keputihan, yang ingin mengembalikan kekencangan otot V, butuh pembalut yang tipis dan anti bocor… Terdapat ion negatif..

Saya ada NesV dan utk pembalut ada Evasoft..
—————–
Dan tentu,itu produk nya saya ganti nama.

5. The galauers.

Tipe ini adalah tipe rata-rata anak sekolahan sekarang. Biasanya mereka pasang status yang menyedihkan seperti : “duh malam minggu mau ngapel ke rumah pacar tapi ga punya pulsa.. dan pacarnya..”. Biasanya juga kalo galaunya udah akut,mereka kosongin namanya,statusnya dan DP nya.. Berkabung mungkin..
Atau gimana deh. Anda tentukan sendiri! :p

6. The kepergoks 

Tipe ini sekarang udah jarang ada di kontak saya. Maksudnya the kepergoks adalah tipe yang bisa kita pergoki sedang asyik nonton video porno di blackberrynya. Biasanya dia lupa mematikan “show what I’m listening to” nya.. (Atau sengaja dinyalain? Hyih..)

7. The heartbrokens.

Ini tipe putus cinta. Pokoknya ketauan deh lagi putus cinta. Kenapa? Biasanya mengumpat,menyumpahi si mantan atau pake DP yang bertuliskan tentang cinta-cintaan yang dihianati. Dan paling gampang diliat kalau bikin status “bosan hidup” nya. Hihi

8. The banyakfotodibbguanihers.

Tipe yang ini sama kaya namanya. Di blackberry nya banyak foto. Jadi dia dengan baik hati share ke kita dengan cara menjadikan foto-foto itu sebagai Display Picture nya. Diganti tiap 5 sampai 10menit sekali.

9. The religious-ers (?)

Tipe yang ini sudah ketebak. Pasti orangnya (sok) religius. Statusnya bawa-bawa Tuhan.. Suka BM tentang religi. Pokoknya anak Tuhan deh.

10. The misled-religious-ers (?)

Nah,tipe yang ini saya suka. Keturunan dari tipe yang atas. Cuman bedanya kalo yang ini lebih seru. Biasanya statusnya bawa-bawa Tuhan juga,puji Tuhan,BM tuhan-tuhan an dan foto nya foto aktivitas gerejanya. Tapi kadang suka marah-marah,mengumpat ditempat yang sama dimana dia suka memuji Tuhannya. Keren!

11. The marah-marahs.

Ini tipe simple. Marah-marah aja kerjaannya. Dari statusnya,namanya,kadang DP nya juga tentang marah-marah. Pokoknya emosian deh.

12. The misled gaulers.

Yang ini saudaraan sama tipe gaulers,cuman mereka salah jurusan. Mereka biasanya menggunakan nama gaul dengan angka,huruf aneh dan foto sambil monyong-monyong.

13. The wisata kuliners.

Tipe yang ini tipe yang biasanya pasang foto makanan sebagai DP nya. Kadang bikin status laporan. Contoh : “abis makan di warteg sebelah. Enak. Gila. Murah pula! Tapi saya ngutang sih”

14. The rockstars.

Ini tipe keren. Biasanya mereka pake foto dimana dia lagi pegang gitar/bass,gebug drum,atau foto bareng band nya bahkan foto band orang lain. Dan biasa tiap bikin status ada emotikon \m/ nya. Keren deh.

15. The jatuhcintas.

Tipe ini tipe orang kasmaran. Simple,statusnya cinta-cintaan. Fotonya foto bareng pacarnya.. Bikin status buat pacarnya tiap 5menit sekali. Pokoknya semua kontaknya harus tau kalo dia lagi jatuh cinta deh.

16. The gilabola

Ini tipe yang sangat menggila-gilain sepak bola. DP nya biasanya foto pemain bola favoritenya,statusnya tentang bola,kadang namanya ditambahin nama belakang si pemain bola favorite nya.

17. The bb-errors + pendings .

Ini tipe yang bb nya selalu error terus.. Jadi mereka butuh “test contact” tiap 1jam sekali. Mungkin kontaknya hilang bukan karena error tapi karena muak sama orangnya. #imho :p
Nah kalo tipe pending,statusnya biasa marah2in operator atau bilang “duh pending nih”. Kadang mereka malah BM “minta ping ” ke semua kontaknya. Entah maksudnya apa.

18. The bajaks

Tipe ini biasanya rentang dibajak. Dibajak maksudnya bb nya diambil paksa dan dibikin status/BM yang ga penting. Kadan tukang bajaknya sendiri gatau adat jadi keluarlah kata2 tidak senonoh disitu.

19. The threats

Ini tipe horor. Biasa mereka mengancam kontak2 nya untuk menyebarkan ulang BM yang dia kirim. kalau tidak ngirim,nanti mati lah.. Mandul lah.. Yah hal-hal buruk deh.

20. The salahjalans.

Ini tipe emang nyasar. Suka susah bedain mana kolom buat nama dan mana buat status.

21. The TB-ers.

TB adalah “Tahan Badan” yang diterjemahkan yah lempeng-lempeng aja. Maksudnya,tipe ini itu ga pernah gonta ganti status/foto dan tentu ga pernah BM..

22. The fans.

Ini tipe orang yang menggila-gila idolanya. Dari mulai SuJu,Snsd,Justin Bieber,bahkan sampe joko anwar sekalipun (hihi) biasanya mereka pasang foto tentang idolanya dan kasih status berita untuk nonton channel berikut karena ada idolanya :p
Dan terakhir adalah..

23. The nganggurs.

Ini tipe kaya saya sekarang. Biasanya tipe ini akan heboh di bbm,atau sebaliknya bisa diam tenang karena lagi tidur di jam orang-orang harusnya sadar. Pokoknya kerjaannya cuman cek henpon deh! :p

So,anda tipe yang mana?


Hehe..  no offense yaa buat teman-teman BB user sayaa…:D


Sebenarnya saya juga gak nyalahin BB users itu siih, kan haknya mereka juga pake BB, lah saya aja BB user kok, sampe seminggu yang lalu. Kebetulan emang suami udah nyediain fasilitas internet di rumah, jadi saya bisa browsing-browsing santai cantik di rumah sembari ngurusin anak-anak tanpa perlu gotong-gotong laptop ke Cozynet.
Tapi beneran, alasan saya yang paling utama adalah pengiritan. Bayangin, pulsa 2500 perak sehari kan bisa buat SMSan ampe elek, atau tambah 500 perak lagi, jadi deh TM, bisa ngobrol ampe balik cantik lagi ama suami saya di kantor yang punya provider sama ama saya. Jelas manfaatnya. Bikin tambah sayang ama suami (atau malah tambah bosen? Hihi).  Dan dengan pulsa reguler yang bisa saya hemat setengahnya, lumayan tiap pagi bisa buat beli bubur ayam langganan saya.

Jaman harga bawang merah, bawang putih, cabe dan sembako lain meroket seperti sekarang, sudah waktunya lah saya memikirkan secara cermat manfaat dari setiap sen uang yang saya keluarkan. Sebelum ini saya sih sering bete ama suami, kalo pas mau beli barang apa gitu, pasti dia tanya “Manfaat gak dek? Lama gak manfaatinnya, atau cuma sebentar abis tu buang? Atau latah ikut-ikutan tetangga? Kepake tiap hari gak? Makan di luar? Mahal gak? Enakan masakan ade ah, abang seneng deh kalo ade masakin buat abang dan anak-anak. Itu barangnya bisa disubstitusi ama yang lebih murah gak? SMSan bisa kan, gak usah BBMan? Udah deh, bukan jamannya brand minded, gak ada yang tau ini…”

Awalnya saya mikir, pelit amat ah si abang… tapi terus saya mikir, pelit di bagian mananya yah? Kan uang gaji, ATM berikut PIN saya yang pegang, jadi beliau kasih saya amanah penuh untuk memanage keuangan keluarga, gak pelit dong namanya. Apalagi sekarang, saya lagi suka ngidam macem-macem, mulai dari ngidam beneran ampe ngidam yang dibikin-bikin biar berasa hamilnya gitu, si abang mah gak pernah protes kalo saya minta macem-macem, mulai dari cokelat, permen kecut, buah-buahan, sampai pecel lele favorit saya, pasti dibeliin.

Apalagi kalau saya minta buku, trus semacam buku berbasic agama gitu, alhamdulillah si abang selalu mendukung… yah, not so sad deh jadinya mengirit, bonusnya sepadan, Ciin, buku!

Oiya, satu lagi, sudah hampir 3 minggu ini, rumah kami sepi suara tayangan televisi. Kenapa? Televisinya dijual? Enggak lah sob, saya belum sekere itu. Cuma saluran siarannya aja sengaja diputusin, soalnya semakin lama tayangan televisi gak ada yang manfaat, apalagi channel lokal, kalo gak infotainment, acara live music gak mutu, berita tawuran, berita lonjakan harga, berita korupsi, hadeeeh, kapan anak-anak saya bisa pinter yaa, kalo yang ditonton jenisnya begitu semua?

Semua perlu dimulai, dari hal yang paling kecil dan sepele semacam pulsa dan langganan siaran TV. Gak ada yang sia-sia, kok. Siapa tau kalo saya bisa hemat pulsa begini terus, besok saya bisa beli seperangkat alat-alat baking keren yang sering nongol di asian food channel (salah satu tayangan bermanfaat buat emak-emak macam saya, selain star world ama HBO). Doakan sayaaa…:D

P.S. Buat fans saya di BBM yang kangen ama saya, silakan hubungi contact person saya ya... #kibas jilbab lalu kabur.....

2 comments:

  1. wkkwkw sangat menghibur mommy pujii. aku termasuk pengguna bb yang geje tp tetep smart kok . ya sud lah gpp, hemat2 yah jeng. biar bisa beli BB 10 eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. momi windi mah tetep smart, pake atau tidak pake BB..
      aah gak mau beli BB 10, maunya beli pabrik BB sekalian...*ngelunjak*

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...