Saturday, August 17, 2013

Tentang review soto banjar dan JJS

Jadii, sore tadi JJS bareng si abang dan anak-anak. Kebetulan kemarin dapet rekomendasi dari kakak ipar tentang kedai soto banjar yang baru sebulan terakhir buka. Namanya Kedai Soto Banjar Bapukah Bang Andy. Mendengar kata ‘soto banjar enak’, saya dan abang pengen segera bergegas nyobain. Dan inilah penampakannya…



Ternyata kedai soto ini milik teman saya sendiri. Tapi saat kami ke sana, si teman ini sedang gak ada di tempat. Yaah gak jadi gratis dong *plak! Sotonya endang bambang gulindang nendang banget. Gak jauh beda ama soto buatan saya lebaran kemarin *plak lagi. Sayangnya pas kami ke situ, ketupatnya kebetulan lagi abis, jadinya pake nasi. Tapi tetep oke. Recommended lah pokoknya.

sluurrpppss

Soto banjar tuh beda dari soto-soto kebanyakan. Bumbunya khas dan rempah yang digunakan harus lengkap. Saya gak bisa mengabsen satu-satu rempahnya, karena kalau saya ke toko rempah-rempah di pasar tradisional, saya tinggal bilang ‘bumbu soto lengkap’, mereka langsung kasih saya berbagai macam rempah dalam satu plastik kecil. Beberapa bumbu yang saya kenal, antara lain kayu manis, pala, bunga pekak, dan cengkeh. Sisanya saya gak tau, hehe… tinggal cemplungin aja ke panci soto, dan biarkan dia bekerja, halahh…

disuapin ayah...

nyaammm............

Seperti kebanyakan soto, isinya soto banjar ya banyak, ada ketupat, soun, telur (biasanya untuk soto banjar pakenya telur bebek), ayam kampung suwir, perkedel kentang atau singkong, irisan seledri dan taburan bawang goreng. Nah, karena namanya soto banjar bapukah, maka soto ini pake 'pukahan' atau potongan paha ayam kampung. Wuiiiih, lezat. Sayangnya jeruknya pake jeruk nipis. Seharusnya untuk soto banjar, pakenya ya jeruk limau kuit. Jos gandos. Tapi ini aja udah wuenak kok.


Setelah puas dan kenyang maem soto, alhamdulillaaah, giliran JJS deh. Entah kenapa saya lagi seneng motret-motret dari jok belakang motor kami. Dan inilah hasilnya, hehe…

simpang empat mabu'un, cantik yaa ada sunsetnya gituu

simpang 4 sulingan

jingga gak bisa diam, becandaa terus sama kakak

lihat kiri kanan belakang... ngecek si kakak masih ada gak yaa...

2 comments:

  1. Saya lebih demen rawon dari pada soto.

    hehehee biar banyak daging dan tambah besar badan.

    Joss wisata kulinernya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka rawon juga, tapi gak gape bikinnya...:D

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...