Monday, March 31, 2014

Cerita Tentang SEBLAK dan Resepnya


Setelah beberapa pekan beredar di IG, akhirnya saya terpanggil juga untuk latah bereksperimen. Seblak. Aneh ya namanya? Awalnya saya pikir ini masakan asalnya dari Jawa Tengah atau Jawa Timuran gitu. Ya gak tau juga sih kenapa bisa kepikiran begitu, mungkin karena saya pikir penyebutannya bakal pas kalo pake logat Jawa gitu kali ya. Pas saya tanya pak ayah, beliau bengong dan geleng-geleng kepala, dan bilang “baru denger sekarang, de’, nama itu…” *eeaaa nama itu katenyee…

Eeeh ternyata ini masakan aseli dari Jawa Barat pemirsaaa. Yabis kalo temen-temen pada posting foto seblak, gak ada sih yang cerita asal muasal masakan ini. Gugling, dan akhirnya nemu resep ini, sekaligus paham bahwa seblak ini kuncinya ada di kencur dan banyak cabe. Kalo gak ada kedua unsur tadi, maka gak lulus seleksi untuk mendapatkan predikat seblak. Halah. Makasih ya mbaak resep dan penjelasannya tentang si seblak ini ;-)




Demikianlah, hari Minggu kemarin berangkatlah si saya ke pasar, berbekal catatan bahan di kepala, beserta tekad bahwa hari itu saya harus sukses menaklukkan seblak, apapun rintangannya dan bagaimanapun hasilnya nanti. Hahaha…

Oiya, seblak ini mayoritas pake kerupuk yang direbus sampai empuk ya, dan biasanya memang dia gak tampil sendiri di piring saji. Kadang ditemani irisan bakso, kadang ditemani  potongan ayam. Nah, kemarin saya punya ide untuk menyandingkan si kerupuk dengan sayap ayam. Kenapa? Pada suka soalnya. Saya itu lebih suka beli ayam bagian sayapnya dibandingkan dada atau pahanya. Biasanya sih masaknya cuma dibacem atau diungkep, trus digoreng.


Awalnya, saya pengennya malah pake ceker ayam seperti di resep mbak Ayu ini, tapi pak ayah rada gimana gitu kalo makan ceker ayam. Maka daripada nantinya drama gimana-gimana di meja makan, saya pun berubah haluan. Dibelilah beberapa pasang sayap ayam. Dan menjelang akhir proses memasak, si saya iseng nambahin lada hitam ke dalam wajan. Dan. Hasilnya. Tambah maknyussss.......:-)

Oke, jadi, ini dia resepnya :

SEBLAK SAYAP AYAM
Bahan :                                                                                                                                    
-5 pasang sayap ayam
-250 gr kerupuk bawang
-5 siung bawang putih
-3 siung bawang merah
-2 ruas jari kencur
-minyak untuk menumis
-cabe rawit secukupnya
-cabe keriting secukupnya (punya saya kurang banyak, jadi warnanya kurang bagus)
-gula dan garam secukupnya
-lada hitam halus

Cara :
-Potong-potong, cuci, dan kukus sayap ayam sampai empuk. Sisihkan.
-Rebus kerupuk sampai empuk. Tiriskan.
-Haluskan duo bawang, cabe dan kencur, tumis sampai harum.
-Masukkan sayap ayam dan kerupuk. Aduk rata.
-Masukkan garam dan gula, dan air secukupnya.
-Masak sampai bumbunya meresap, airnya menyusut tapi gak sampai kering. Taburi lada hitam. Tes rasa, angkat dan sajikan.



Jadi pemirsa, sebelum masakan ini siap, lebih dulu siapin saja nasi hangatnya satu bakul, dan air minum yang banyak…Makannya hangat-hangat yaa, dijamin deh, gak bakalan brenti :-P

8 comments:

  1. Wih mantap ya kayaknya mbaaaa *ngiler

    ReplyDelete
  2. buat bekal dikantor boleh tuh hihihihi







    Silahkan singgah di WEB kita mas/mbak :-)
    buat anak-anak anda yang mau belajar
    www.ditokokita.com

    ReplyDelete
  3. ajiibbbbb.... si doi beneran bikin sendiri ini seblak. Lah aku bikin tempe bacem aja masih gagal muluuuuu.... *dateng2 curcol* :D
    Seumur2 aku belum pernah makan seblak, mbak. Dan liat fotomu di IG kemaren itu, suksesss bikin aku pengen nyobain. Sik, sik... catet aja dulu resepnya, eksekusi belakangan. Seperti biasa, serasa setengah mampu, kalo udah nyatet resep. Hahaha...#kelakuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha kerupuknya gak keliatan ya mbaak... mbaak, bacem mah gampang, aku loh kemarin bikin bacem pake bumbu gulai trus ditambah kecap manis hahaha... asli enaaak. kan kuah gulai sisa akikahan Gaza masih ada tuh, aku masukin kantung2 plastik kecil, simpan di freezer, nah aku pake aja buat ngebacem tempe, tahu, ayam, dll. uenaaak!
      ayo mbak bikiiin... buat bekal pak baginda raja doong :))

      Delete
  4. anak saya juga suka banget sama seblak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi bocah di rumah malah gak suka mbak...:D

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...