Saturday, March 22, 2014

Milestone?


Aaaaaaaak udah hari ke berapa aja nih Gaza dapet MPASI???

Iya iyaaaa seminggu ini bener-bener gak ada keinginan untuk nulis apapun. Seperti yang udah saya ceritakan, sayanya memang lagi gak fit, dan Alhamdulillah tempo hari udah dibekam, insyaAllah sekarang enakeun…J


Jadi, udah hari keberapa iniii? Banyaaak banget yang saya mau ceritakan perihal si anak Lanang bungsu ini, selain perihal MPASInya. Kalo kata orang sekarang, milestone yah? Iyaa pokoknya gitu deh.


Di usia 6 bulan lebih 16 hari ini, kemajuan Gaza boleh dibilang lumayan pesat. Dari segi fisik, dari BBnya yang memang sejak lahir sampai sekitar usia 5 bulan terus naik secara signifikan (usia 6 bulan maah turun 2 ons saja dong pemirsa, hiks), teruuus naik tingkat dari ASI eksklusif jadi bayi dengan MPASI. Alhamdulillah…J Sarjana S1 ya nak?





Gaza ini hiperaktif, jadi saya gak heran juga sih waktu nimbang tanggal 10 kemarin beratnya turun gitu, secara dia udah mulai memasuki tahap belajar merangkak, duduk dengan bertumpu satu tangan (gaya-gaya seksi gitu deh), terus-terusan berusaha mencapai benda-benda yang menarik perhatian dia, dan yang terakhir, dia gak mau lagi maem dengan posisi sandaran di bantal, tapi maunya duduk di stroller atau baby walker sembari ngeliatin kakak-kakaknya main atau nonton yutup upin dan ipin. Kakinya bok, gedeee dan cokelaaat tua, ahahaha, kulit ayahnya nih :p Kalo kata pak ayah, gapapa ya Dek, kan anak cowok, kalo kulitnya bersih putih, patut dicurigai, lha wong ayah mamanya gak ada yang turunan wong Londo kooook…:p



Lalu saya kan browsing-browsing gitu ya kakak, perihal milestone bayi usia 6 bulan, walo ini udah anak ke-empat, saya tetep pengen tau aja, ni anak pertumbuhannya normal gak siiih? Nah, situs bernama Klinik Tumbuh Kembang  ini salah satu acuan saya untuk melihat sejauh mana sih seharusnya perkembangan anak, di usia segini harusnya udah bisa apa aja, dan kalo memang belum bisa, harus distimulasi gimana biar cepet bisa, hehe…

Nah, di  sini nih ada kuisioner gitu yang wajib kita jawab dengan jujur. Jangan takut dapet nilai merah ya paak, buuuk, lha jawabnya aja dalam hati saja koook, gak perlu dikumpulin dan dinilai sama buguru piket, ehehehe… tapi walaupun jawabnya dalam hati, perlu diseriusi juga lho ya, soalnya ini kan menyangkut tumbang anak kita, kita bisa tahu anak kita kelebihannya di mana, kekurangannya di mana, gituuu… mbulet ya paaak, buuuk, hihi…








Nah, mengacu kepada kuisioner di atas, insyaAllah milestone-nya Gaza lumayan bagus. Alasannya? Nih yaa jawabannya saya yang tadinya dalam hati saja :p

1.  Ya, Gaza bisa mengikuti arah kemana saya menuju. Ini sih sejak sekitar usia 2-3 bulan kali yaa.

2. Ya, Gaza bisa mempertahankan posisi kepalanya dengan stabil, gak jatuh ke kanan atau ke kiri atau ke bawah.

3.   Ya, Gaza bisa pegang benda-benda apapun yang disentuhkan ke tangannya.

4.  Ya, sudah sejak usia 4-5 bulan Gaza sudah bisa mengangkat badannya dengan bertumpu kedua tangannya kalau sedang tengkurap.

5. Ya, Gaza senaaang banget mengeluarkan suara-suara memekik gitu, sejak usia 3 bulanan malah, dan pas pertama-pertama itu, sepertinya dia sedang mengeksplor suaranya sendiri, bahkan suka terkaget-kaget sendiri dengan suaranya yang keras, hehehe…

6.  Ya, malah bolak-balik sampe seluruh kasur dia kuasain :p

7.  Ya, kalau main sendiri, dikasih mainan, dia sering senyum-senyum sendiri, ngoceh sendiri malahan :D

8.  Ya :D

9. Iyaaa, Gaza sudah bisa meraih benda di luar jangkauannya, dia sudah belajar maju, meski belum merangkak sempurna! Jadi badannya dinaikin, terus dijatuhin, ngesot ke depan, begituuu terus sampai dia berhasil meraih benda itu.

10.Ya, insyaAllah lehernya Gaza memang sudah cukup kuat kalau kedua tangannya dihela begitu, dia akan bangun dengan punggung rata dan leher stabil, kepala gak terkulai ke belakang - in case dia gak ngantuk lho hehe.

Sudah cukup puaskah saya dengan milestone Gaza ini? Alhamdulillah, memang segala puji hanya untuk Allah, saya senaaang banget dengan perkembangan si anak lanang ini. Kalau ngobrol-ngobrol sama pak ayah tentang pesatnya tumbang Gaza, komentar beliau pendek banget deh “Anak ASI gitu lho…” ehehehe… gak bermaksud mendiskreditkan bayi yang dikasih sufor lho yaa.

Pak ayah tuh sering banget bikin saya berbunga-bunga dan kalau sebelumnya drop karena kecapekan nyusuin gaza, dengan berkomentar perihal ASI dari saya buat Gaza ini, insyaAllah bikin saya kembali semangat ngASI. “Kata Ibuk (Mbah Uti-nya Gaza di Semarang), ASInya mama itu bagus banget buat Gaza, buktinya Gaza tumbuh pesat, malah melebihi anak seusianya. Makanya jangan berhenti berjihad ya Sayang, kasih ASI terus sampai Gaza at least 2 tahun. Lebih juga gapapa, selama Gaza belum punya adik…” TETOT!!! Apa itu kalimat terakhir???! *jewer ayah* Ahahaha…

Perihal MPASI?


Alhamdulillah, untuk urusan yang satu ini, Gaza hampir gak ada hambatan. Selama makanannya berupa bubur tim yang setelah diblender trus disaring lagi, insyaAllah dia suka. Sejauh ini saya masih main aman dulu, belum masuk-masukin protein hewani dan sayuran hijau tinggi zat besi yang beragam. Kebutuhan proteinnya masih saya pasok dari tahu-tempe, sayur saya masih pake bayam. Masih langganan labu parang, wortel, kentang dan jagung manis. Protein hewaninya nanti saya coba pas Gaza usia 7 bulan saja. Okeeeh, sampai sini dulu cerita milestone Gaza. Mudah-mudahan bisa konsisten di bulan-bulan berikutnyaaa…*\^_^/*










9 comments:

  1. mbak, dari dulu aku nggak pernah loh, nulis2 milestonenya para krucils. Hahaha, emak koboi pisaaaannn! ^_^
    Btw suka liat foto2nya. Mbak Puji bisaan ih, masang2 dan matching-in objeknya, jadi ketje gituuuuhhh....

    ReplyDelete
  2. ini juga sebenernya udah di titik kritis mbak malesnya hahaha, tapi berasa punya utang aja gituuu...
    mbaak Andro mau milad yah? aku minta alamatnya dooong... kirim ke email ato inbox FB yaaa....:)

    ReplyDelete
  3. samaaa.... sukaaa sama foto2nya... makanya pernah kutanya di IG pake kamera apa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasiiih mbak :) pake kamera digital aja mbak'eee...:))

      Delete
  4. suka deh foto2 MPASI nya, colorfull banget.

    gak usah khawatir sama berat bayi, makin banyak gerak biasanya berat badan keliatan gak naik (kek kurusan pula) ... pdhl si anak tetap tambah besar alias meninggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak De :))
      iya mbaak, aku juga mikirnya gitu, tapi entah kenapa saat nimbang ituuu mendadak jadi galau begitu ngeliat BBnya turuuun...:(

      Delete
  5. Foto2 Mpasi nya bagus2.. suka sm yg colourful gt hehehe

    ReplyDelete
  6. itu pake apa mbak yg foto ?
    bisa keren gitu

    ReplyDelete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...