Wednesday, March 05, 2014

MPASI Perdana Gaza!

Whoa, hari pertama MPASI Gaza!

Jadi sejak kemarin, sudah mempersiapkan berbagai alat tempur dan bahan MPASI nan fenomenal ini. Mulai dari saringan bubur halus dari stainless steel (mahal ya bow, 35 ribu saja, hiks…) sampai koleksi kacang-kacangan berupa kacang hijau dan kacang merah, trus beras merah organik, buah-buahan murah meriah macam pisang dan pepaya, labu parang alias waluh, sampai wortel, kentang endesbre endesbri. Padahal baru usia 6 bulan ya kaka… Aah si mama emang lebei deh ---- kalau Gaza bisa ngomong mungkin bakalan bilang begitu yaa… Maafkan mama ya Nak, ini semua demi Gaza kok, biar Gaza sehat, daya tahannya oke, trus mau kuman-kuman apapun berseliweran, Gaza bisa tangkis dengan tendangan dahsyat. Hag desh! :-D


Bingung ya, kenapa sayanya nyediain banyaaak banget bahan makanan buat si Ndut ini? Dulu, waktu kakak-kakaknya bayi seusia Gaza, saya gak tau dan gak terlalu peduli, manfaat buah untuk anak itu besar banget, dan yang ternyata penting untuk diperhatikan adalah, pemberian buah untuk anak itu sebaiknya di pagi hari, perut dalam keadaan kosong. Seperti dilansir dari situs ini dan beberapa di situs kesehatan lainnya, buah sangat pas dikonsumsi sebelum  sarapan pagi. Saat mengistirahatkan tubuh selama delapan sampai sembilan jam tidur, kita kehilangan kadar gula dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah artinya kadar gula akan meningkat, membantu menyerap nutrisi penting yang terdapat dalam buah, serta memberikan energi baru di pagi hari.

Nah, itu kan untuk sarapan tuuuh. Untuk makan siang dan sore, saya pernah baca di manaa gitu (maaf saya lupa website-nya), bahwa anak usia 6 bulan itu sudah harus mengkonsumsi gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein hewani, dan vitamin lengkap dari sayur. Jumahnya saja yang harus diatur, sesuai dengan kemampuan si anak mencerna. Ya sudah deh, saya gabung-gabungkan saja beberapa informasi tadi, dan saya terapkan ke Gaza. Satu hal yang saya garis bawahi tebal-tebal adalah, ASI gak boleh stop. Mengencerkan MPASI pun harus pake ASIP. Doakan yaa semoga bisa tetap konsisten dengan ASI…J


Okeee, sekarang waktunya pamer foto. Maafkan kalau beberapa foto-fotonya rada burem gitu yaa… Maklumlah, artis dikejar detlen  emak rempong :-P

Ini sarapannya Gaza, bubur pisang yang diencerkan pake ASIP,
yang di gelas itu juga ASIP :)


Bubur beras merah - beras putih - waluh atau labu - ASIP

Siapa yang gak kenal labu kuning atau waluh? Ini dia kandungan dan manfaatnya :

Vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengutangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.


Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.



Zat besi. Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayidilahirkan akan berangsur-angsur habis.



Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dfan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.


Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga Anda taka perlu takut balita mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 
Sumber http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Keluarga/Gizi+dan+Kesehatan/kandungan.gizi.labu.kuning/001/001/683/1





Beras Merah Organik-nya
Beras merah yang memang berwarna merah, berasal dari beras tumbuk sehingga kulit arinya utuh. Nah, kulit ari ini kaya serat dan lemak esensial. Tak heran jika beras merah lebih sehat dari beras putih; seratnya 3 kali lebih banyak, vitamin dan mineral 2-3 kali lipat (di antaranya, tiamin atau vitamin B), zat besinya juga tinggi. Unsur gizi lainnya, fosfor dan selenium. Manfaat makan beras merah meningkatkan perkembangan otak, menurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah gangguan pencernaan, penyakit beri-beri, kanker dan penyakit degeneratif lain, juga menjamin kecukupan zat besi bayi di atas 6 bulan - yang tidak cukup lagi jika hanya dari ASI. (Sumber : http://www.ayahbunda.co.id/ )

Kacang Hijau dan Kacang Merahnya
Manfaat Kacang Hijau
1. Pertumbuhan bayi dan anak
Secara turun-temurun, ibu-ibu yang sedang hamil sering diingatkan untuk rajin mengonsumsi kacang hijau. Anjuran ini ada benarnya karena kacang hijau kaya protein yang diperlukan untuk pertumbuhan sel, termasuk sel rambut. Itu sebabnya, seringkali bayi dari ibu yang rajin mengasup kacang hijau rambutnya lebat.

Bayi yang mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI bila diberi kacang hijau, pertumbuhannya akan maksimal karena kandungan vitamin B kompleksnya. Vitamin ini membantu kelancaran proses pencernaan sehingga lebih banyak zat gizi yang terserap.

2. Mengobati anemia
Kacang hijau sebagai obat anemia sudah dikenal sejak lama. Namun, tidak semua anemia dapat dibantu oleh kacang hijau. Hanya anemia akibat kekurangan zat besi. Menurut penelitian Taslimah (1990), kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi di antara kacang-kacangan lainnya.

3. Menguatkan tulang
Kandungan kalsium dan fosfornya baik bagi kesehatan tulang, termasuk pertumbuhan tulang pada anak, serta menguatkan tulang (mencegah osteoporosis) dan gigi.

4. Menurunkan berat badan
Kandungan serat yang tinggi, dipadu kadar lemak tak jenuh membuat kacang hijau cocok dikonsumsi oleh mereka yang hendak menurunkan berat badan.

5. Kesehatan jantung
Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak sehingga tidak membentuk plak, yang merupakan penyebab serangan jantung dan stroke. Lemaknya merupakan lemak tak jenuh yang disebut-sebut dapat menurunkan kolesterol. Hewan percobaan yang diberi kacang hijau, kadar kolesterol total, kolesterol jahat LDL, dan trigliseridanya turun.
Sumber : http://www.aktual.co/urbanitas/154650sejumlah-manfaat-kacang-hijau-untuk-kesehatan

Manfaat Kacang Merah
Gizi yang dikandung dalam kacang merah sangatlah dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi sebagai macam makanan bernutrisi bagi bayi. Karena bayi membutuhkan makanan yang bernutrisi tinggi dan di sesuaikan dengan tahap perkembangannya. Dalam semangkuk kacang merah selain menghasilkan protein, ia juga menghasilkan karbohidrat kompleks dan berserat tinggi. Hal ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan kacang merah ini juga bagus bagi penderita diabetes karena kadar glukosa didalamnya termasuk rendah. Bukan hanya itu saja vitamin dan mineral dalam kacang tanah ini juga termasuk lengkap karena mengandung unsur zat besi, magnesium, potassium atau kalium dan mineral lainnya yang dibutuhkan dalam tubuh. Untuk seorang bayi hal ini sangat di butuhkan karena bisa membuatnya berkembang dan memenuhi standar kesehatan dan mengurangi resiko terserang penyakit, selain itu juga menghasilkan potassium untuk perbaikan sel-sel otot, dan juga memiliki fungsi dalam pembentukan fisiologis lainnya. Dan merupakan fungsi pengendali jantung.
Sumber : http://artikelkesehatananak.com/manfaat-kandungan-gizi-dalam-kacang-merah.html

Dan ini Big Star-nya :-)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...