Monday, March 10, 2014

Perihal Pasta Maker dan MPASI Gaza


Sudah lamaaa banget pengen punya gadget baking yang satu ini. Iissh telat yak. Dulu pernah punya, lungsuran dari mama saya. Tapi ya itu, penyakit alat ini nih klasik banget, gampang berkarat. Hiks. Dan saya gak pernah berhasil menyelamatkan gadget mama saya itu. Padahal sayang loh, harganya mayan mihil buat emak dengan kasta seperti saya ini :p


Dan, perkenalkan, sahabat saya yang baru : pasta maker. Ihhiiiiyyy keren yah namanya.....! Biasa disebut gilingan mie. FYI, beli pasta maker ini, sudah lengkap satu paket sama pasta cutter, pie-maker, dough cutter, lap untuk membersihkan pasta maker dan buku resep dan cara merawatnya. Ajib banget deh.

Punya alat ini susah-susah gampang perawatannya. Dan yang terpenting, adalah pasta maker GAK BOLEH dibersihkan pakai air! Nah loh.

Seriiing banget kejadian, setelah memakai alat ini, karena kotor kena tepung, adonan segala macem, kita gatel pengen nyuci pasta maker ini kan? Kita pikir, setelah dicuci bersih, dijemur sampai sekering-keringnya di bawah terik matahari, abis itu disimpen dengan baik, gak bakalan membuatnya berkarat?


Ah no way mah ituu. Sudah saya buktikan dengan milik mama saya itu dulu. Mama saya kan orangnya gak betah lihat peranti masak kotor, yasud dicucilah sama beliau. Sekali, dua kali, tiga kali, gak apa-apaaa... eh trus disimpen lama gitu kaan di kotaknya -setelah dicuci bersih seperti biasanya- begitu dikeluarin mau dipake, yaasalaam berkarat dong pemirsaaa...

Padahal pasta maker itu bukan alat yang murah looh. Sayang aja gitu kan berkarat trus gak bisa dipake? Pernah sih baca tips menghilangkan karat. Direndam pake air soda. Tapi kan butuh berapa liter soda gitu untuk merendam pasta maker ini? Berapa lama? Trus bakalan ilang sempurna gak karatnya? Jangan-jangan masih ada karat yang nempel, trus nempel di adonan pasta, trus kita atau anak kita makan.
Enggak aja deh...


Dan dibelilah pasta maker ini. Hmmm ini sih KW, ada yang lebih mahal lagi kata pak penjual. Tapi katanya juga nih, kalo perawatannya bener, insyaAllah bakalan awet lama. Aamiin... secara ya pengen punya  pasta maker ini udah cukup lama ya kaka, jadinya saya mesti bener-bener menjaganya jangan sampe berkarat lah, minimal sampai saya bisa beli portuner – lalu apaa hubungannyaaa??!

Siang beli, sore langsung eksekusi aja dong. Ahaha... Pertama sih pengen bikin mie telor homemade gitu. Eerr tapi kok kayaknya enakan bikin cheese stik aja kali yah, secara kangen banget sama cemilan jadul yang satu ini, biasanya disajikan pas lebaran atau ditaro stoples kecil trus diletakkan di meja-meja makan di acara resepsi perkawinan sebagai cemilan para tamu.

Dan percobaan pertama, berhasil loh kakaaa... Alhamdulillah. Anak-anak seneng banget, masih anget-anget abis digoreng pada ngejogrog aja gitu di dekat saya yang lagi ngegoreng. Padahal udah dicerewetin jangan dekat-dekat kalau mamanya lagi masak, takutnya kena minyak panas atau apa gituuu... tapi ya gitu, pada ngeyel.

"Ma, kok bisa enak gini sih ma?"
"Ma, kenapa mama pinter bikin kue ini ma?"

Pertanyaan-pertanyaan polos itu keluar dari mulut penuh cheese stick Una dan Jingga.
Yaaaelah naak... biasanya kue bikinan mama gak enak gitu? Hiks...
Gak usah saya ceritain deh yaa perjuangan bikinnya. Ngegiling adonan sembari bolak-balik ngelonin Gaza, nyebokin Una, mandiin Jingga, ngambilin minum, ini lah anu lah endesbre endesbri.
Tapiiii hasilnya loooh...





Resepnya saya modifikasi dari resep budhe tetangga saya yang biasa nerima pesenan cheese stick. Si budhe gak pake keju. Pakenya bawang merah parut. Nah saya skip bawang merah parutnya (karena males ngupas dan marut dan bau bawang), saya ganti sama keju cheddar parut dan sedikit kaldu bubuk. Oiya, si budhe juga gak pake margarin, kalo saya tambah margarin 1 sdm. Ngeprul banget jadinya.


Nih resepnya yaa...

STIK KEJU alias CHEESE STICK

Bahan :
-300 gram tepung terigu
-100 gram tepung sagu
-1/2 sdt garam
-2 butir telur
-1 sdt kaldu bubuk
-1 sdm margarin
-keju parut sesuai selera

Cara :
Campur semua bahan, uleni sampai cukup kalis.
Ini gak seperti adonan roti yang perlu diuleni sampai kalis banget dan pakai dibanting-banting loh yaa... hanya sampai tidak lengket saja di tangan.
Biarkan adonan rileks sebentar sementara kita menyiapkan pasta maker-nya.
Bagi menjadi beberapa bagian, gilas dengan roll pin.
Tipiskan dan cetak seperti stik langsung menggunakan pasta maker. Taburi tepung seperlunya agar tidak lengket satu sama lain.
Taburan tepung akan terlepas dengan sendirinya ketika kita menggoreng cheese stik ini.
Goreng di minyak banyak dan panas.
Dinginkan, masukkan ke dalam stoples.

Kemarin sore bikin, pagi ini sudah ludes aja dong. Pegel pinggang dan bahu kemarin terbayar lunas dengan hasilnya yang endeus iniii.
Alhamdulillah.


Oiya, keasyikan bikin cheese stik, saya malah lupa foto-foto MPASI Gaza kemarin siang. Jadi, kemarin siang Gaza maem bubur beras putih biasa dengan labu dan wortel.
Hap! Hap! Hap! Ludes gak bersisa ajaa. Rupanya anak ini suka sama makanan yang cenderung manis. 

Padahal saya gak kasih gula garam di buburnya. Manisnya ya dari labu dan wortel. Pagi ini pun sarapannya sama, manisnya pepaya bikin Gaza gak sabaran mangap terus. 
Kalo kata ayahnya, Jawa banget. Suka manis-manis. Hihi...


Alhamdulillah ya naak...  apa aja deh, Jawa kah, Banjar kah, yang penting sehaaat.
InsyaAllah.


Nanti sore jadwal nimbang. Hwaaaa.... selalu deh ya deg-degan kalo pas giliran Gaza nimbang. Naik gak yaa BBnya? Bulan kemarin sih BBnya 7,9 kg saja.
Bulan ini? Lets we see Gazaaa...
*lalu suapin bubur labu banyak-banyak ke Gaza*



7 comments:

  1. iih mauuuu... pengin juga loh bikin2 mie sendiri...dan bikin cheese stick!
    tapiii.... kalo alatnya mahal dan perawatannya susah gitu,,, males ahh...

    ReplyDelete
  2. mbaaak kan udah aku bilang, ini mahal untuk emak sekasta akuu, hihi... mahal murah sih relatif ya mbak, dan untuk mbak Tituk, harga-harga 200-300 ribu mah kebeli aja kaliii... ;-)
    ayo mbak, beli dan bikiiiin...!
    puas loh bisa bikin sendiri dan seenak inii...*kipas-kipas mbak Tituk* :-p

    ReplyDelete
  3. Mbaakkk, aku jadi inget duluuuuu bangetttt (iya, duluuuuuuu bangeettttt! :p) pernah bikin keju stik ini, berdasarkan resep si madam blogger astri nugraha yg pake keju edam itu. Ajiibbb mahal yak keju edam ituuuu. Dan iyesss, karena tak punya pasta maker, habis di roll pin, diiris satu-satu aja gituuu si adonan stik keju itu. Matiiiikkkk...! :P
    Liat fotonya mendadak pengen punya pasta maker juga euy...

    ReplyDelete
  4. aku gak pake keju edam mbaak, karena selain edan mahalnya, di sini juga gak ada, mesti beli onlen :p
    etapiii kalo pake keju edam emang enaaak. ngeju banget.
    beli dah mbak pasta maker ini. tips ku : kalo bikin, begitu digiling panjang2 begini, langsung goreng, jangan lama2 numpuk, nanti malah lengket kabeeh...
    pokoke stand by aja minyak panasnya.
    ayooo beli belii... enak deh.

    ReplyDelete
  5. Makasih gan infonya, cocok nih bagi para pen jual mesin :D

    ReplyDelete
  6. Waah, aku lagi suka banget bikin kue pake pasta maker gini, Mak.
    Ya belum punya sendiri tapi mesinnya huhuu. Masa minjem mulu yak? Hahha
    Oiya, itu tadi katanya ga boleh dicuci pake air, jadi Mak Puji sendiri ada tips ga gimana ngebersihinnya? Lap aja gitu ga pake cairan apa-apa?

    Trus juga mau nanya, ini kenapa ya di saya gambarnya ga adaa huhuhuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhehehehe... iya mbak Alma qodarullah si foto2 di bbrp postingan pada ilang entah kenapa.
      aku ngebersihinnya pake lap yang dikasih minyak goreng aja mbak. trus lap lagi pake tisu bersih dan kering. udah gitu aja. nah sisa adonan yang nyempil dibersihin pake tusuk gigi atau lidi sate aja trus bersihin pake lap bersih.
      makasi yaa

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...