Monday, December 28, 2015

Rendang dan Kalio Daging



Assalamu’alaikum…

Jadi, saya masih duduk di depan komputer, di ruang tamu di rumah saya ini, dengan secangkir kopi luwak, dengan anak-anak yang riuh berisik bermain di dalam kamar, suara TV yang menayangkan film kartun Super Wings favorit si bungsu dari player menambah riuhnya, kalau kata pak ayah mah ini bukan orang yang nonton TV, tapi TV yang nonton orang huahaha… baiklah, anggap saja itu notifikasi bahwa rumah ini masih hidup seperti biasa :p

Friday, December 25, 2015

Perkara Menghadapi Kematian



Assalamu’alaikum…

Selamat pagi manteman J libur panjang yaaa, mendung-mendung pula, cocok deh kruntelan di kasur, pake selimut dengan anak-anak keluar masuk kamar, jejeritan riang, kadang bertengkar, kadang nangis, kadang ketawa lepas, dengan pak suami di samping ngobrol perihal apa saja, setelah sarapan cencunyaaah J maka nikmat Rabb manakah yang kudustakan?

Tuesday, December 22, 2015

Pizza Rendang

Assalamu’alaikum J
Beberapa hari kemarin, sibuk aja bebikinan roti. Tersebab tema 52WFPP minngu kemarin adalah pizza. Ya. Pizza. Eciyee bikin pizza dooong :D



Monday, December 21, 2015

Brownies Pisang



Assalamu’alaikum temna-teman :)

Hari ini mendung aja seharian, setelah subuh-subuh yang dingin menggigit sampai ke tulang rusuk *halah*. Tapi yah saya rasanya lebih suka dingin gitu daripada gerah, apalagi kalo keinget gerah yang pleus kabut sebulanan yang lalu, heuuu jangan lagi deh. Alhamdulillah, mendung gini bikin perut krucuk-krucuk lapeeer terus yaaa.

Gimana kalo bikin brownies? Pake resep Bunda Nina, tapiiii sekali lagi, seperti kebiasaan saya, bebikinan gak selalu sama takaran resep maupun step by stepnya. Karena apa? Ya karena menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah wekekeke…

Thursday, December 17, 2015

Jamur Crispy


 Assalamu’alaikum J

Waah, aroma liburan sudah tercium wangiiii yaaaa. Sudah ada yang siap-siap untuk berangkat besok. Senangnyaaaa… hati-hati di jalan ya mantemaaan, semoga selamat sampai tujuan, balik lagi dalam keadaan sehat dan senang – cucian tinggal lempar ke laundry – oh yes, laundry menyelesaikan masalah (cucian) tanpa masalah :p Selamat berjumpa dan berkumpul dengan keluarga, menikmati rindu yang terlepas satu-satu dengan wajah-wajah akrab itu. Ah mendadak mellow. Lupakan.

Wednesday, December 16, 2015

Es Melon Segar


Assalamu’alaikum…

Sesorean tadi gak ada kerjaan, buka-buka file lama, eh nemu foto es melon ini. Bikinnya pas bulan Ramadhan lalu. Nyempil aja gitu di tengah ribuan (eciye ribuan) foto, dan sukses bikin ngiler, walaupun sesorean hujan dan udara dingin banget, teteup mupeng. Ah saya aja yang gembul, apa-apa pengen.

Tuesday, December 15, 2015

Waffle Pandan


Assalamu’alaikum…

Jadi ya teman-teman, kemarin bocah pada sedih banget, si Leo, kura-kura kesayangan bocah, mati. Gak tau kenapa, tiba-tiba pas maghrib si Leo gak bergerak lagi, disenggol-senggol, dia diem. Kalo diangkat, biasanya dia langsung mengeluarkan kakinya, eh ini diem aja. Dan matanya merem aja gitu, hiks hiks…

Sunday, December 13, 2015

Perkara Doa


Maka benarlah, doa yang kau panjatkan untuk saudaramu itu serupa sebuah kerikil yang kau lempar ke tengah danau, gelombangnya akan terus bergerak sampai ke pinggir
untuk kemudian kembali lagi ke tengah.
Maka doakan saja 'mereka' dan tunggu saja gelombang doa baik itu akan kembali kepadamu.
***

Friday, December 11, 2015

Jangan Lupa Bahagia :)


Maka benarlah, doa yang kau panjatkan untuk saudaramu itu serupa sebuah kerikil yang kau lempar ke tengah danau, gelombangnya akan terus bergerak sampai ke pinggir untuk kemudian kembali lagi ke tengah.

Maka doakan saja 'mereka' dan tunggu saja gelombang doa baik itu akan kembali kepadamu.
Jumat berkah. Jangan lupa berbuat baik. Jangan lupa bahagia.


Bakso Kuah dan Minyak Bawang Putih


Assalamu’alaikum…

Sudah Jumat lagi ya teman-teman J almost weekend, pastinya sudah punya rencana buat besok, yes? Gimana kalo bikin bakso? Kebetulan kemarin pak ayah bawain bakso yang sudah jadi dari Semarang, nah yang bikin bakso ini konon adalah yang biasa jual bakso tahu di Semarang. Hanya saja kemarin pas ayah di sana, bakso tahunya lagi gak produksi. Jangan tanya saya kenapa, karena kemungkinan besar akan saya jawab : mungkin dia lelah.

Thursday, December 10, 2015

Tentang Mangut Iwak Pe dan Cerita Kemarin



Assalamu’alaikum J

Jadi, memang, ada kalanya mengalah dengan keadaan tidak lantas membuat kita jadi pecundang ya? Justru berdiri lebih rendah daripada yang lain itu terkadang membuat mata kita menajdi lebih leluasa memandang sekeliling, dan ternyata begitu banyak hal yang terlupa dan luput dari mata ketika berada di ketinggian. Banyak hal yang ternyata menyenangkan untuk dinikmati, banyak suara yang ternyata selama ini tenggelam dalam riuh angkuh, banyak kesempatan yang ternyata terlewatkan untuk dipelajari.

Sunday, November 29, 2015

Tentang Pais Sagu dan Mamaku



Masing-masing kita punya cerita, semenjak tangan-tangan yang kini renta itu merengkuhmu dalam adiksi asi dan hangat. Dia menjelma menjadi tembok, langit-langit dan lantai ruang kenangan yang akan bersemayam di sudut entah di mana di hati dan kepalamu.

Friday, November 27, 2015

Tentang Pisang Goreng Pasir dan Kamera Hape



Assalamu’alaikum, teman-teman…

Jadi, kemarin kamera jatoh aja. Heuuu nangiiiisss :’(

Asli kak, saya gemetaran, zoom-nya macet, F-nya mati, dan gak bisa focus lagi. Alhamdulillah alaa kulli haal. Baiklah, tidak ada pilihan lain selain bersabar. Heuuu tapi kan masih nyesek kak sampai sekarang :’(

Jadi, sekarang saya gak bisa cerita apa-apa dulu deh, masih berasaaa banget ngilu-nya. Komentar pak ayah? Senyum – dan bilang “Libur dulu berarti yaa… nanti kalau ada rejeki kita beli lensa baru yang bagusan…” heuuuu padahal sudah siap-siap dipentung.

Jadi, sekali lagi bersabar – dan memanfaatkan yang ada saja. Apa itu? Kamera hape kakaaaak…

Monday, November 23, 2015

Perkara Berlebihan




Bahkan mereka yang melangitkan cita-cita tidak bisa melampaui tingginya langit terendah. Tentu saja, dari langit, kau dan aku tak ada beda -- sama kecilnya, sama tak berartinya. Lalu mengapa masih sombong? 

Tak ubahnya seperti remah sisa, aku bahkan sering kau injak dan lindas tanpa ampun.
Tetapi sadarkah kau, Kawan, kalaupun kau sepatu yang menginjak dan melecehkanku, bukankah kita sama-sama berada di bagian paling bawah? Bagian terbaiknya adalah, aku bukan alas kaki manusia biasa -- sepertimu.


Hey, sudahlah. Berlebihan itu tidak baik. Boros. Bikin lelah. Dan sia-sia.

Sunday, November 22, 2015

Ayam - Tahu Saus Teriyaki


Assalamu’alaikum J

Sudah weekend ya teman-temaaan, alhamdulillah… Semoga semuanya yang lelah bisa mulai piknik (atau mungkin sudah dari kemarin?) daaaan yang sakit bisa segera diberi kesembuhan, allahumma aamiin.

Hari ini masak ayam saus teriyaki, kebetulan punya stok tahu juga. Tadinya mau masukin kentang juga tapi kelupaan euy ahahaha… Butuh piknik, kak.

Friday, November 20, 2015

Nasi Gurih dan Hintalu Masak Habang



Assalamu’alaikum…
Bicara tentang per-sarapan-an di rumah ijo keluarga Rubadi, adalah bicara tentang jenis makanan lezat yang gak bakalan selesai kalo dibahas tiga hari tiga malem kumencarimu. Mulai dari nasi kuning, lontong sayur, buras saus kacang, roti gambung, ketupat kandangan, soto banjar, sampai babongko dan berbagai kue-kue lezat bersantan dan mengundang kerut di dahi para penggiat FC ahahaha…*sungkem dulu sama kakak Echi – sarbu-nya pending dulu kakak, gak kuat kalo cuma sarapan sebiji jeruk :p*


Paling sering sih beli nasi kuning. Anak-anak doyan pake banget, setelah minum segelas jus pas bangun tidur, sebungkus nasi kuning adalah pilihan selanjutnya untuk sarapan si kakak ke sekolah dan adik-adiknya. Nah, dalam sebungkus nasi kuning khas Banjar ini macem-macem lho, ada yang pake ayam masak habang, kering tempe, mie goreng, sampai serundeng. Tapi lama-lama perih juga ya boook kalo tiap hari mesti beli nasi kuning, bisa-bisa dompet mamak kempes sebelum waktunya nih. 

Tuesday, November 17, 2015

Bingka Waluh Khas Banjar


Assalamu'alaikum...

Masih saja ya ramai kisah pencurian foto di medsos? Haaah capek deh ngeliatnya, apalagi ngebahasnya. Ngebahas pencurian foto, sama halnya dengan ngebahas beberapa website berita abal-abal – yang  berita dan artikelnya pun abal-abal, gak berdasar sama sekali bahkan cenderung memprovokasi pembacanya untuk berdebat,eh dishare pula tanpa tedeng aling-aling di medsos, dengan tujuan sudah jelas : kalo gak menyudutkan salah satu pihak, memprovokasi, ataaau cuman mau sekedar bilang “hey helooow, aku pinter kaaan, aku bener kaaaan, dan kamu salaah, nih buktinya, link ini niih…”

Agak menyedihkan ya. Buat saya, orang-orang pembuat artikel atau berita di balik layar website abal-abal ini dan mereka yang tanpa sempat bertabbayun atau ngecek dulu kebenarannya, semudah itu ngeshare di berbagai medsos, gak lain hanyalah para (maaf) loser yang pengen eksis di ranah maya, sama halnya dengan para pencuri foto atau tulisan, biar dibilang pinter motret atau nulis, aaaarghhh menyebalkan! Blokir ajaaah rame-rame!!! *lempar petasan* Ahaha... Mbaknya galak banget. Enggak lah yaa, gak usah diblokir, kesiaaan, dikasih tau aja baik-baik sambil senyum manis *benerin jilbab* - *guwe mah gitu orangnya*.

Saturday, November 14, 2015

Tentang (pamer foto) Sambel Kacang


Assalamu’alaikum…

Apa kabar teman-teman? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Musim hujan mulai datang, mendung-panas berganti cepat sekali, gak bisa prediksi kalau pagi cerah, sore bisa langsung mak byurr hujan deraaaas banget. Fabiayyi alaa irabbikuma tukadziban? Alhamdulillah…

Beberapa waktu yang lalu, seorang sahabat dari Banjarmasin – panggil dia kak Echi - mampir di rumah dan membawakan oleh-oleh sambel kacang homemade buatan si Nenek, pengasuh Jasmine, putrinya kak Echi. Sambel kacang yang enak bangeeeettt buat bikin pecel, nggado sayur mentah, tahu tempe goreng atau hanya sekedar nyolek kerupuk! Tinggal seduh dan campur dengan air panas, taraaa, si sambel kacang yang bumbunya sudah enak banget ini siap disantap. Berasa banget loh kencur, bawang putih serta aroma daun jeruk purutnya!

Thursday, November 05, 2015

Puding Tape Ketan Ijo


Assalamu’alaikum...

Jadi, semingguan yang lalu – eh dua minggu yang lalu ding – si saya beli satu bungkus tape ketan ijo. Rencana awal pengen bebikinan bingka, kue asli Banjarmasin yang uennaaak puol itu. Tapi yaaah biasa laah, namapun emak-emak riweuh ya, apalagi dengan adanya kegiatan berbagi masker dan minggu terakhir kemarin ada workshop foodphotography di Banjarmasin, jadilah si tape terlupakan dan kedinginan di pojok kulkas. Heei info gak penting nih : si saya ikutan WS lhooo minggu kemarin, belajarnya pan sama mbak master Sefa Firdaus, aaaaak akyu senaaaaang bisa ketemu sama belio :D Semoga abis ikutan WS ini, si saya jadi makin pinter motrek yaa, gak motrek gaje kayak kemarin-kemarin lagi wekeke...

Thursday, October 22, 2015

Perkara Titipan



Dulu, saya termasuk orang yang paling sentimentil, apalagi terhadap barang yang menurut saya menyimpan kenangan, atau ngedapetinnya susah payah sampai harus berkorban banyak untuk memilikinya.

Kamu juga begitu? Dulu? Atau masih sampai sekarang? Yaps, manusiawi. Memiliki barang berharga -- dalam konteks ini berharga dalam hal nilai historisnya ya - itu sudah seperti punya harta karun yang jangankan orang lain menyentuhnya, anak atau pasangan saja terkadang gak boleh nyentuh apalagi menggunakannya hahaha...

Wednesday, October 21, 2015

Pagi Ini



Assalamu’alaikum...

Pagi ini, tidak seperti biasanya, tugas mengantar si kakak, saya ambil alih dari ayahnya. “Pengen motret, yah” ucap saya pendek. Berbekal kamera, masker seadanya, dan motor (jadul asal bisa jalan kalau diengkol dulu), saya antarkan si kakak yang sekolahnya memang tidak terlalu jauh dari rumah. Si kakak tentu saja senang bukan main, secara mamanya jarang banget nganterin sekolah. Tapi kali ini, kita dadah dadah dulu sejenak dari cucian piring.

Tuesday, October 20, 2015

Cerita Tentang Roti Pisang Banjar dan Behind The Scene



Assalamu’alaikum J

Sejak kemarin, kakak Una UTS, padahal di luar sana masih kabut saja L dan beberapa hari terakhir ini Gaza juga kena flu – batuk, meler dan badannya sumeng heuuu... Jadi kemarin sore, Gaza dibawa ke tukang pijet, seorang dukun beranak di kampung kami yang sudah lumayan sepuh. Masih banyak saja lho yang memakai jasa beliau sebagai dukun beranak, dan jangan salah, dia sudah mengantongi semacam  sertifikat kelayakan sebagai semacam doula lho. Tapi mungkin karena sudah sepuh, beliau gak sesering dulu lagi membantu persalinan. Seringnya memijat ibu hamil, ibu yang baru melahirkan dan bayi atau anak-anak yang sakit. Katanya, membantu persalinan itu bikin capeeek dan kadang sampe gak bisa tidur berhari-hari karena menunggu kontraksi yang panjang. Ah bu, semoga jasamu membantu persalinan itu dibalas Allah dengan ganjaran berlipat ganda yaaa, aamiin.

Sunday, October 18, 2015

Tumis Daun Pepaya dan Cumi Asin



Assalamu’alaikum...

Hari ini kabut asap masih ada dan semakin tebal saja, baunya pun semakin tidak enak dan bikin pusing :’( entah apa yang terjadi di luar sana, sementara saya mengetik ini, lamat-lamat terdengar sirene pemadam kebakaran bersahut-sahutan lagi, seperti biasa... Entah kapan ini berakhir.

Hari minggu, kali ini mengajak anak-anak main di taman kota sebentar. Seperti biasa, lengkap dengan masker :’( bosan ya nak, pake masker terus...:( Dan seperti biasa, emak piknik ke pasar dulu sementara bocah bermain.

Saturday, October 17, 2015

Susu Kedelai aka Soya Milk -- dan Hal-hal Baik di Dalamnya



Assalamu’alaikum...

Sejak kemarin-kemarin, kepikiran terus bikin susu kedelai ini, tepatnya pada saat si kakak Echi share foto susu kedelai homemade-nya di Line. Ah! Sudah berapa lama kacang kedelai saya nyelempit di pojok dapur, hahhh dasar emak males bin labil, beli banyak-banyak, taro di pojokan, lalu lupa ingatan -_-.

Jadi, semalam, setelah menguleni adonan roti, saya cucilah si kedelai untuk kemudian direndam semalaman. Gampang bikinnya, tapi memang penyakit males gak ada obatnya :p hahaha...

Friday, October 16, 2015

French Fries alias Kentang Goreng



Assalamu’alaikum...

Jadi, kalau di rumah itu, gak ada makanan adalah sama dengan garing. Ya, anak-anak jadi bete, emak pun jadi jutek gegara bocah rewel gak ada kekunyahan yang mana dampaknya tidak bisa bermedsos dan ngeblog begini hahaha :p

Kebetulan punya kentang gede 2 biji di kulkas, kemudian memutuskan bebikinan yang gampil ini aja. Biasanya anak-anak gak terlalu doyan karena kentang kalau sudah digoreng, setelah adem, jadinya melempem alias lembek. Males kan udah payah-payah menggoreng, pada gak dimakan? Emak lagi emak lagi yang tukang ngabisin seperti biasa. Lempar saja timbangannya biar gaduh. Eeeaaaaa...

RDF & Watermelon Juice Pagi Ini



Assalamu’alaikum...

Apa kabar teman-teman semua? Semoga walaupun kabut kembali turun, kita semua dalam keadaan sehat dan dalam perlindungan Allah SWT yaa. Allahumma aamiin.

Hari ini si kakak Una libur (diliburkan sih tepatnya). Kabut sudah lumayan parah, jarak pandang hanya sekitar 10 meter, selebihnya hanya putih dan....bau. Ya, bau asap. Sudah terlalu bosan rasanya memakai masker keluar, walaupun hanya sekedar nyambangin mamang sayur di depan rumah L

Thursday, October 15, 2015

Ngalor Ngidul Perihal Buku dan Hal (Tidak) Penting Lainnya



Assalamu’alaikum...

Saya selalu cinta buku, buku apa saja. Satu lemari penuh buku di rumah, dan beberapa rak di perpustakaan mini saya, tidak lantas bikin nafsu beli buku surut. Di kabupaten tempat saya tinggal (dusun mah kalo Iko bilang – hagdesh!), susahnya ampun-ampun hanya untuk mencari buku bermutu. Online lagi online lagi. Karenanya kalau pas kebetulan ke luar kota, bah, alokasi dana terbesar (dari yang jumlahnya sudah sedikit – melas men buk!) tercurah di toko buku. Entah itu buku bekas atau buku baru.

Tuesday, October 13, 2015

Perihal si Manis Dulce (de Leche)



Assalamu’alaikum...

Sudah lama banget penasaran sama yang namanya dulce de leche ini. Gimana sih rasanya? Seenak penampilannya di pinterest kah? Bikinnya gimana? Kayaknya serem banget mesti direbus sampe berjam-jam dengan kondisi kaleng susu WAJIB terendam air rebusan, kalo gak bisa meledak aja kak. Haaaah horor. Kemarin sempat baca resepnya ceu Ayu, bikin DDL pake presto, tapi tapiii gak punya panci presto kakaaak, padahal kalo pake presto kan bisa hemat waktu dan gas. Akhirnya nekat, pake panci aluminium biasa. Sengaja beli 2 kaleng susu kental manis putih biar gak rugi-rugi amat, padahal harusnya sih tiga atau empat gitu ya kaaak :p *plak!

Monday, October 12, 2015

Banana Peanut Butter Cake



Assalamu’alaikum...

Punya stok selai kacang banyak itu bikin mikir, kalo pas gak punya roti buat diolesin, dibikin apa ya enaknya? Akhirnya kemarin kepikiran bebikinan cake. Kebetulan punya satu biji pisang yang sudah mateng banget. Banana bread udah enak, nah kalo dijodohon sama peanut butter yang nyummi apa jadinya yaaa? :D

Sunday, October 11, 2015

Perkara FoodPhotography dan Lain-lain




Assalamu’alaikum...

Dari kemarin, baca postingan Sashy perihal pemakaian foto tanpa izin oleh orang-orang gak bertanggungjawab, yang kemudian mencuatkan komentar yang kurang lebihnya "Ih segitunya marahnya? Foto begitu aja kok dimasalahin?" -- Lagian kak, kalo fotonya 'begitu aja' kenapa juga yaa gak motret sendiri? Pake nyuri segala :p

Sering gak sih, kalo pas kita jalan-jalan ke rumah makan, liat-liat menu, atau pas browsing resep masakan, atau pas buka-buka grup resep masakan di medsos, kita nemu banyak sekali foto yang bikin kita mikir “kayaknya aku kenal deh sama foto ini, ini kan fotonya si anu... kenapa yang posting si itu, udah gitu gak mencantumkan credit atau si pemilik foto pula...” atau “lho di rumah makan itu, kok pake fotonya mbak anu ya, mereka udah minta izin gak sih? Apa main comot begitu aja di internet?”

Saturday, October 10, 2015

Gangan Waluh Besantan



Assalamu'alaikum...

Nyobain aplikasi notepad di hape (laaaah kemana aja kaaaak?). Jadi kalo pas lagi gegoleran bisa sembari nulis apalah apalah. Disimpan dulu di draft, nanti baru diedit lagi di lepi. Semenjak ganti hape, baru ini nginstall aplikasi notepad. Malesnya punya notepad, isinya mesti gak karu-karuan mulai dari corat coret Gaza, tulisan alphabet gak beraturannya Jingga, sampe tulisan PR kakak Una. Pening mamak.

Friday, October 09, 2015

Bubur Kacang Hijau



Assalamu’alaikum 

Selamat hari Jumat teman-temaaaan, senang yaaa besok sudah weekend, ibu-ibu bekerja pasti seneeeeng banget deh, besok bisa gegoleran di rumah bareng keluarga, trus siangnya bisa masak buat keluarga tercintaaah – tapi tapi enakan makan di luar kali ya buuuu, hihihi...  kalo saya, besok jadwal nyuci  baju :p dan nyucinya nunggu si kakak pulang sekolah dulu dongs biar baju seragamnya bisa sekalian dimasukin mesin cuci, irit deterjen dan hemat waktu  *penting*

/rindu



Jadi, kapan langit biru pulang lagi? 


Hei kamu, sampaikan padanya, aku rindu... 


Barangkali sama rindunya dengan cengkeramaku dengan ibuku. 
Sama rindunya dengan kopi di cangkir seng
buatan tangan gemetarannya.

Aku tergugu mengeja rindu...

Thursday, October 08, 2015

Cerita Pisang Cokelat


Assalamu’alaikum 

Pagi-pagi grup line agak rame dengan berita angin kencang dan hujan deras di Bandung, sampai pohon-pohon bertumbangan dan sebagian menimpa mobil-mobil yang sedang parkir, heuuu sedih bacanya dan lihat foto-fotonya... ternyata memang Nusantara sedang diuji ya teman-teman, gak hanya di Sumatera dan Kalimantan yang masih berselimut kabut parah, di daratan Jawa juga ternyata sedang dilanda ujian. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu dalam keadaan sehat yaaa. Allahumma aamiin.

Wednesday, October 07, 2015

Lumpia Apel (Apple Spring Roll )


Assalamu’alaikum...

Pagi ini si saya gak jualan, badan berasa gak enak banget, biasa lah bawaan kalo tamu bulanan datang :p jadi bisa sedikit leluasa bebikinan buat sarapan dan bekal si kakak. Biasanya kakak bekalnya roti jualan mamanya (bisa roti sobek, donat atau bun keju) ditambah sekotak susu UHT, sebotol air putih dan kadang bonus sebungkus cokelat kalau pas olahraga.

Sunday, October 04, 2015

Martabak Mie


Assalamu’alaikum...

Hari Minggu, adalah hari kondangan sedunia. Hari ini aja ada dua undangan perkawinan yang mesti disambangi, yihaaaa waktunya perbaikan gizi, dan tentunya ini juga berarti waktunya yalan-yalan (setelah kondangan), pacaran dan menghirup udara luar :p

Saturday, October 03, 2015

Selai Kacang Suka-Suka

Assalamu’alaikum...

Mumpung ada waktu, pengen sekalian posting resep selai kacang-cokelat ini. Resepnya dapat dari blognya Mia, yang sumber resepnya ada di sini. Ini benar-benar bikin saya seneeeeng luar biyasah, secara si saya pecinta selai kacang, dan tau lah ya selai kacang yang enak itu gak ada yang murah, apalagi selai kacang cokelat macam ini.

Resep Donat dan Hari Batik

Assalamu’alaikum...

Jumat berkah, ya, inshaaAllah.. Sore ini kabut turun lagi, padahal tadi pagi matahari begitu unyu sinarnya, bikin nafsu buat motret, apalagi pas jam 9 pagi, dari salah satu jendela saya, sinar matahari itu merembes masuk melalui kisi-kisi teralis, dan kalau buat motret itu bakal cantik banget shadownya!

Ini contohnya, difoto dalam rangka Hari Batik Nasional hari ini. Heu, narsis boleh lah ya di blog sendiri ini :p

Friday, October 02, 2015

Tentang Es Krim Homemade dan si Acil




Assalamu’alaikum...

Jadi hari ini, ceraaah sekali. Ah, Jumat berkah yaa, alhamdulillaaaah. Jauh-jauh sudah sana kabut asap dan segala macam bentuk polusi, anak-anakku mau main di luaaaar!

Monday, September 28, 2015

#melawanasap part 4



Ini bukan lagi tentang hitungan hari, minggu dan bulan. 
Ini bukan lagi tentang bagaimana menggerakkan hati yang sudah mati. 
Ini bukan lagi tentang bagaimana melawan. 

Ini adalah tentang bagaimana berjuang, berjuang untuk tetap di jalan yang benar, berjuang untuk tetap waras di tengah keganasan amarah, berjuang untuk tetap melafazkan doa agar bayi-bayi, anak-anak, ibu hamil dan orang tua di luar sana bisa tetap bertahan di tengah gempur asap berbau konspirasi ini. 
Ini adalah tentang bagaimana berjuang untuk mempertahankan kesadaran, bahwa memang sepatutnya berwaspada akan hal-hal tidak halal dan syubhat yang mengeraskan hati serta mematikan nurani.


Karena berjuang adalah tentang siapa yang akan tetap bertahan. Karena aku percaya, sebuas dan seserakah apapun dia, akan selalu ada malam-malam di mana embun bekerja melembutkan hati yang keras, meniupkan nafas untuk nurani yang mati.



Maka teman-temanku, saudara-saudariku, tetaplah berjuang, tetaplah bertahan.


Sunday, September 27, 2015

Mac and Cheese di Hari Minggu

Assalamu’alaikum...

Pagi ini sebenernya gak ada ide mau bikin apa buat sarapan. Udah masak nasi juga sih, rencana mau bikin telur dadar aja buat bocah :p ah tak mengapa kalo mereka bergumam “mama ih gak kreatip, makannya dadar lagi dadar lagi, bosen tauuuuk!” Dan mama hanya ingin menjawab gerundelan itu dengan satu baris kalimat ini, nak “Mama lelah dan butuh piknik nak..." Gak apa-apa lah piknik ke pasar bentaaar aja, itung-itung ngelunturin lemak biar bodi sedikit mirip sama Dian Sastro sambil belanja properti poto...

Saturday, September 26, 2015

Kisah Nasi Samin Ala Ala

Assalamu’alaikum... 

Apa kabar? Semoga teman-teman baik-baik saja yaaa, yang sedang sakit segera diangkat sakitnya, yang sedang susah semoga segera dipertemukan jalan keluarnya, yang sedang sedih dan berduka semoga segera berlalu kemelutnya, dan yang sedang diliputi kabut asap, semoga segera Allah turunkan hujan dan para pelakunya diberi ganjaran setimpal. Aamiin...

#melawanasap part3







Jadi tolong beritahu aku, bagaimana caranya untuk tidak marah atas semua ini.
Tolong beritahu aku, bagaimana caranya tetap berbaik sangka sedangkan anak-anak yang kau lihat itu, ya, itu, bermain di luar sana tanpa peduli racun yang sedang mereka hisap.
Tolong beritahu aku bagaimana caranya tidak pilu menyadari tidak ada satu pun ritme yang berubah pada kami sementara udara bersih kian sulit kami nikmati lagi.
Bagaimana caranya untuk tetap berkhusnudzon ketika pagi kau membuka tirai kamarmu,
langit tak lagi biru?

#melawanasap part2




Begitulah. Kami tinggal di negeri rakyatnya begitu cinta damai dengan hati baik. Kejernihan hati yang menerima apapun perlakuan penguasa inilah yang mampu membuat kami bisa tetap menyunggingkan senyum meski di tengah kabut asap. Khusnuzan lah yang membuat kami bisa terus mengajak anak-anak kami bermain di tengah lautan asap berbau konspirasi ini.
Pernah mendengar istidraj? 


Ini suasana kemarin, hari lebaran Idul Adha, di arena penyembelihan kurban. Sekarang semakin tebal kabutnya. Jarak pandang hanya sekitar 50meter. Nafas semakin sesak, mata perih dan bau asap.

Selamat Hari Raya.


Friday, September 25, 2015

#melawanasap


Sedang mengeja kalimat "berbaik sangka" kemudian melafalkan dan membawanya
serta dalam setiap derap langkah.
Sementara semakin hari semakin tebal saja lapisan kabut di Bumi Sarabakawa dan sekitarnya. 
Mungkin, mungkin saja memang dosa kita sudah terlalu tebal untuk ditembus oksigen bersih bernama hidayah. Sama seperti hati yang sudah terlalu keras dan telinga yang terlalu pekak untuk sebuah kebenaran.


Bistik Kari Daging Sapi

Assalamu’alaikum J
Selamat Hari Raya Idul Adha J
Yang kemarin dapet daging trus bingung mau dimasak apa hari ini, mana tangannyaaa? :D


Friday, September 04, 2015

Soto Banjar Kuin dan Sebuah Pengakuan :D

Soto Banjar. Halaaah siapa coba yang belum pernah denger makanan paling lezat sejagatraya ini? Inget soto banjar, pasti ingat almarhum mama J gimana enggak, buat saya, soto banjar adalah salah satu dari sekian banyak makanan yang kalau beliau yang bikin, gak ada yang nyamain! Gak percaya? Ya sudah :p

Alkisah, si saya dan pak ayah, adalah penyuka soto garis keras. Males masak? Beli soto. Lebaran? Masak soto. Jalan-jalan? Mampir ke warung beli soto. Anak-anak pada rewel GTM? Carilah soto, pasti doyan. Jadi, sebutkan saja warung soto yang ada di Tanjung Tabalong ini, kami pernah nyicipin. Ahaha :D

Wednesday, July 08, 2015

Cerita Ke Dokter



Assalamu’alaikum..

Jadiii tadi pagi pak ayah berhasil nyeret estrinya yang solehah ini ke dokter :’(

Iya, sebulan terakhir ini si backpain sudah benar-benar gengges di semua aktifitas. Awalnya saya pikir ini cuma gara-gara kecapekan. Yakali yaa semua diurusin sendiri. Eh enggak ding, bareng pak ayah. Tapi kan yang namanya nyuci, masak sampe ngurusin bocah tetep saya yang mendominasi, sementara pak ayah pan punya tugas lain yes, nyari pundi-pundi buat keluarganya berlibur biar gak lelah :p

Tuesday, July 07, 2015

Banana Cake Menjelang Iftar


Assalamu’alaikum...

Judulnya ini banana cake ngasal. Dari pagi sampe sore gak ada sama sekali bebikinan kue. Entah kenapa pas giliran beberes setelah masak buat buka puasa, bungkusan plastik item itu nongol aja dong di pojok dapur. Penasaran, ternyata isinya sesisir pisang ambon yang maaaak hampir semuanya kelewat mateng alias hampir busuk isinya! Inget-inget, ternyata si pisang adalah pemberian tetangga yang baru panen gitu, nah si pak ayah yang kebagian tugas menyimpan lupa aja dong sama nasib si pisang setelah beberapa hari. Gak mungkin kan yaa saya simpen semua pisang yang kelewat mateng itu? Akhirnya saya sortir, 6 biji masih bisa diselamatkan, saya simpen kulkas. 3 biji masih bisa dipake walaupun udah bonyok, saya masukin mangkuk. 2 biji aja dong yang tak terselamatkan, hiks... maklum, satu sisir memang dikit isinya tapi geday-geday nek pisangnya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...