Saturday, February 21, 2015

Pie Apel


Assalamu'alaikum ^_^

Jadi bahagia itu beneran simpel yaa. Semisal dompet mulai menipis dan mata mulai sepet melihat isinya, di saat yang sama stok buah di kulkas kosong kadang di situlah saya merasa sedih, dan di saat yang sama kamu mampir ke toko buah lalu pandangan bersirobok ke tumpukan apel yang ditumpuk sekeranjang siap untuk dibuang – padahal kondisinya masih lumayan bagus. Kata si acil penjualnya sih biasanya ada yang mau beli apel-apel itu untuk makanan burung. Hah? Makanan burung? Boooook... Gak salah? Tanpa pikir panjang saya langsung mengajukan diri untuk membeli setumpuk apel itu. Untuk makanan burung kah, si acil bertanya. “Enggak cil, buat dikoleksi -- di perut…” jawab saya kalem. Dalam sekejap si apel-apel pun berpindah tangan ke saya dengan harga seribu perak per biji. Eh, lebih murah ding, soalnya selain apel yang setumpuk tadi, saya juga dapet sekantong kecil (kira-kira sekilo-an) jeruk mandarin hanya dengan uang sepuluhribu perak saja! Nah, maka nikmat mana yang saya dustakan?

Kondisi apelnya memang gak sesegar apel lain yang layak jual. Kadang ada di beberapa tempat yang rada lembek menjurus bu to the suk. Tapi kan bisa dibuang bagian rusaknya, itulah fungsi mata emak-emak irit bin pelit seperti saya, bukan?




Begitu nyampe rumah, bingung deh, mau diapain apel-apelnya. Sementara cari wangsit, apelnya bobok di kulkas dulu. Besoknya baru deh. Dipoto. Muahaha…

Jadi kemarin saya putuskan untuk bikin pie apel. Browsing di beberapa foodblog, akhirnya saya menyimpulkan satu hal : saya gak bisa ngikutin resep mereka sama plek – karena oh karena bahan di rumah itu terbatas banget dan di situlah kadang saya merasa sedih *plak! Ini resep yang sudah dimodifikasi dengan semena-mena oleh saya – dan percayalah ini enak! 


Pie Apel
Bahan crust :
200 gram margarine
300 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 butir telur
2 sdm gula halus
Kuning telur untuk olesan.

Bahan Isi :
3 buah apel ukuran besar
2 sdm air perasan jeruk nipis
2  sdm gula palem
5 sdm gula pasir
1 sdt kayumanis bubuk
1 sdm margarine
1 sdm maizena
Cara membuat :

Isi :
Kupas dan potong kotak-kotak apel.
Taruh di wadah, masukkan sisa bahan isi kecuali margarine dan maizena lalu aduk rata, masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Apel akan mengeluarkan air (juice).

Crust :
Aduk margarine dan telur sampai rata menggunakan garpu. Masukkan gula dan garam, aduk lagi. Terakhir masukkan tepung terigu, aduk rata menggunakan garpu atau pisau pastry.
Kalau hasil akhir masih berbutir, uleni sebentar saja dengan tangan, segera bungkus plastik lalu istirahatkan adonan di kulkas.

Sementara itu keluarkan bahan isian dari kulkas, panaskan margarine di wajan anti lengket, masukkan apel. Tumis sebentar sampai layu, masukkan maizena, aduk rata, angkat dan dinginkan.
Keluarkan adonan crust, ambil separuh, gilas tipis menggunakan rolling pin, taruh di loyang pie yang sudah dioles margarine, ratakan dan rapikan sisi-sisinya. Saya pake loyang ukuran 25cm.
Sisa adonan juga gilas tipis, potong memanjang untuk tutup pie. Masukkan bahan isian, tutup dengan sisa adonan pie, susun rapi (saya gak rapi dan gak dianyam cantik).
Panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api bawah selama 30 menit di suhu 180 dercel. Olesi tutup pie  dengan kuning telur, nyalakan api atas bawah lalu panggang lagi selama 10 menit atau sampai tutup pie kuning keemasan. Angkat, dinginkan.



Tarraaaaa… terlihat menyenangkan dan sedap bukan? Coba deh.

2 comments:

  1. benar benar jadi sangat bermanfaat dengan mengeluarkan uang yang lebih sedikit ya bu hehehe

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...