Friday, March 06, 2015

Roti Sobek Isi Vla Keju


Assalamu'alaikum...

Lagi keabisan stok telur di rumah. Margarin pun tinggal seuprit. Sementara cemilan bocil kian menipis – mendung menggantung gak memungkinkan keluar beli cemilan (alesan mah padahal mah pedit ya mamaaah). Ini pledoinya mulai lebe. Baiklah, akhirnya daku memutuskan bikin roti saja. Roti apa ini? Roti suka-suka :p dengan bahan seadanya di rumah, mari kencangkan ikat kepala, singsingkan lengan baju, dan mulai menguleni! Wattaaaw!!!


Roti Sobek Isi Vla Keju

Bahan :
Campurkan di baskom lalu biarkan sampai 10 menitan:
-100mL susu hangat
-1 sdt ragi instant
-1 sdm gula pasir

-300 gram tepung terigu
-3 sdm gula pasir
- ½ sdt garam
- 50 gram margarin
Vla Keju :
-250 mL susu
-2 sdm maizena
- keju parut sesukanya
- ½ sdt garam
- 2 tetes vanilla cair

Cara :
Setelah campuran ragi dan susu berbusa, masukkan tepung terigu dan gula pasir, uleni sampai tercampur rata.
Masukkan margarin dan garam, uleni lagi.
Pindahkan adonan ke atas meja datar, uleni terus sampai adonan benar-benar kalis.
Taruh kembali di baskom, tutup dengan plastik wrap, diamkan selama 1 jam atau sampai adonan naik 2 kali lipat.
Bagi adonan sesuka hati, isi dengan vla keju, susun di loyang loaf.
Diamkan lagi 1 jam atau sampai adonan roti naik.
panaskan oven, panggang roti di suhu 180 dercel sampai roti matang (saya sekitar 30 menitan).

Karena saya gak punya telur sama sekali, atasnya gak saya eggwash (kesian). Kalo punya susu cair boleh dioles atasnya. Pas udah mateng dioles margarin, tambah nendang gurihnya pastinya yaa.
Vla Keju :
Campur dan jerang di atas kompor sampai mengental susu dan maizena.
Masukkan garam, vanilla dan keju parut, aduk sampai rata, dinginkan.


Jangan khawatir roti bakalan keras atau gak lembut yaa karena di resep ini gak pake telur sama sekali. Eh tapi gimana kalo di rumah stok telur banyak? Boleh banget pake telur. Tambahin margarin atau menteganya? Juga boleh banget. Tambah enak pastinya. Roti itu teksturnya tergantung lama tidaknya kita menguleni, dan tentunya kualitas raginya juga. Ini saya menguleninya sekitar 10-15 menitan disambi ngawasin bocil yang sesekali bergelayut di punggung mamanya :p 


Oiya -- isi bisa diganti apa saja yaa. Cokelat batangan, selai kacang, meises, terserah. Mau diskip juga boleh.



Jadi, selamat makan rotiiiiiii... :)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...