Monday, April 13, 2015

Ketika W'Dank Bajigur Tidak Hanya Menjadi Sekedar Minuman Hangat



Assalamu’alaikum...
Apa kabar teman-teman semuwaaah? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan perlindungan Allah yaa aamiin. Yang sedang sakit, diberi kesabaran menanggung sakitnya, juga diberi kemudahan dalam usaha kesembuhannya. Yang sedang sedih, semoga diberi ketegaran dan petunjuk Allah agar segera reda sedihnya. Yang sedang kesusahan, biar diberi kelapangan dan kemudahan rezeki sama Allah yaa. Allahumma aamiin.


Tumben buu preambule-nya bijak beneer, ahaha... yes, manusia itu memang sudah bawaan orok memang bisa mendadak berubah jadi bijak ketika dalam ujian Allah. Daripada curcol gaje bikin yang baca eneg, mending saling mendoakan yes? In shaa Allah katanya kalo kita mendoakan orang lain, doa yang sama bakal balik dan diijabah juga buat kita. Aamiin ya Rabb ^_^


2 minggu ini kegiatan masak memasak jauh berkurang, karena eh karena gak bisa sering-sering ke pasar (termasuk jalan-jalan nyari sunset dan gorengan halaahhh). Kenapa begitu? Nanti saya ceritain di postingan lain yaa. Sementara orang rumah terutama pak ayah sedang butuh perhatian khusus, terutama di hari dimana pak ayah puasa sunah, maka si saya mesti putar otak untuk bikin hidangan berbuka puasa yang praktis dan ekonomis gak bikin miris gegara gak bisa ke pasar sesering biasanya.


Akhirnya saya menemukan W'Dank Bajigur. Pertama lihat, saya pikir itu Nutrisari lho. Tapi kok kemasannya lebih besar? Ealah, ternyata ini salah satu varian minuman W'Dank dari Nutrifood. Penasaran lah dengan minuman yang satu ini. Secara, di Kalimantan Selatan tempat saya tinggal, gak ada dong dong dong yang jual atau bikin minuman khas Jawa Barat ini. 



Waktu nyicip pertama kali, berasa familiar banget dengan rasanya. Ternyata lidah enggak bisa bohong yaa, komposisi W’dank Bajigur ini beneran familiar di lidah, mulai dari santan, gula aren, gula pasir dan vanila. Ingatan saya jadi terbang ke almarhumah mama yang sering bikin puding dan kolak dengan rasa yang nyaris serupa.




Cocok nih minuman hangat buat pengganti kolak buat buka puasa, batin saya. Ya iyalah, secara gak ada stok pisang di rumah... Alhamdulillah, pak ayah sukaaa banget dengan rasanya. Kalo saya bilang, minuman ini istimewa, dengan rasa ‘ndeso’ alias tradisional Indonesia banget, namun dengan kemasan kece kekinian – menghidangkannya pun gampang dan cepat – tinggal seduh dengan air panas, voila. Manisnya pas kalo dalam satu cangkir. Bolehlah yaa dijadiin salah satu koleksi stok di dapur kalo pas pengen minuman hangat.




Dan bukan saya juga namanya kalo gak ngutak atik bahan. Besoknya pas puasa lagi, saya punya ide untuk bikin puding dari W’dank Bajigur ini untuk hidangan berbuka. Mumpung masih ada stok 2 sachet, akhirnya saya eksekusi tanpa banyak pikir. Dan alhamdulillah, enak loh sodara-sodara! Lembut karena hanya menggunakan 1 sachet agar-agar bubuk saja dan saya tambahkan maizena juga di adonan pudingnya.  Cobain deh. 



Ini resepnya :

Puding W’dank Bajigur vla Vanilla
Bahan :
- 2 sachet W’dank Bajigur
- 1 sachet Susu Kental Manis
- 1 sachet kecil santan instant
- 1 sachet agar-agar bubuk
- 2 sdm gula pasir (sesuai selera yaa)
- ½ sdt garam
- 1 sdm maizena
- 1500 mL air matang

Bahan Vla :
- 2 sachet Susu Kental Manis
- 1 sdm maizena
- 1/2 sdt vanilla bubuk
- 500 mL air

Cara membuat :

Puding :
Masukkan dan aduk di dalam panci agar-agar bubuk, W’dank Bajigur, gula pasir, garam dan maizena. Masukkan sedikit demi sedikit santan dan susu kental manis yang sudah dicairkan dengan air sembari terus diaduk dengan balloon whisk.
Jerang di atas api kecil sampai mendidih, terus aduk. Tuang ke dalam loyang atau cetakan, dinginkan.

Vla :

Campur dan jerang bahan di atas api kecil sampai medidih dan mengental, dinginkan.
Sajikan puding bersama vla dalam keadaan dingin, enak loh! Pas mantap buat buka puasa atau disantap siang-siang saat cuaca panas.
Jadi, tunggu apa lagi? Cuss dicoba.

Wassalamu’alaikum ^_^



No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...