Monday, May 11, 2015

Iwak Karing Betanak Khas Banjar

Assalamu'alaikum maaaaakkk...


Hari ini perasaan pengen nangiiis aja bawaannya. Kenapa gitu? Tanya dong kenapa. Kamera saya sensornya eror aja dong. Gambarnya jadi bergaris-garis vertikal gitu dan petjaaaah... hiks...
Taunya tadi pagi pas mau motrek si Grey dan anak-anaknya. Grey itu ayamnya Gaza. Seminggu yang lalu telur2nya menetas lima. Dan sekarang emang lagi pada seneng main sama anak-anaknya. Malah dibahas si Grey. Sudahlah. Jadi sekarang si kamera ngendon dulu di lemari. Sabar ya (ka)non, ntar mama jemput dan perbaiki. 


Betewe, hari ini males aja masak yang aneh-aneh. Buka kulkas, ada seonggok ikan asin yang entah sudah berapa lama bobok di chiller. Sebelahnya, tahu sisa 3 biji duduk manis. Bawahnya, seuprit parutan kelapa. Jadi mari berdayakan. This is called 'the power of kepepet'. Perut lapar, bocil cemberut dengan perut krunyuk-krunyuk, sementara mama gak belanja apapun. 



Masakan ini namanya Iwak Karing Betanak, masakan khas urang Banua alias Banjar. Kalo dibahasakan ngaco, artinya Ikan Asin Masak Santan. Seharusnya gak pake tahu, dan seharusnya pakenya telur bebek atau ayam yang diceplok ke dalam santan yang mendidih. Tapi kalo kata Kanjeng Budhe Anitajoyo, kita adalah ratu dan penguasa dapur, apapun yang gak ada di dapur kita selalu punya hak prerogatif untuk mengganti atau gak pake atau mengubah apapun resep asli. Menurut ngana? Ya kaliii. Dapur dapur eyke ini. Muahahaha...*evil grin* Ada yang mau resepnya? Catet ya. Resiko ketagihan dan boros nasi ditanggung penumpang karena maaak ini tuh enaaaak bingit. 


Iwak Karing Betanak
Bahan :

 -250 gram ikan asin (lebih bagus pakai jambal roti atau ikan asin gabus -- kalo gak ada bisa pake apa saja -- kalo masih gak ada boleh ganti lauk apa saja -- asal bukan sandal jepit -- kalau gak ada bilang ke saya biar saya kasih ikan asinnya -- dalam bentuk gambar tapi)
-3 buah tahu
-1 liter santan dari 1 butir kelapa
-5 siung bawang merah
-3 siung bawang putih
-garam sejimpit
-gula sejimpit (karena saya gak pake msg -- boleh aja pake msg tapi jaga jarak radius 13 mil dari saya)
- cabe hijau keriting, iris tipis
cara membuat :

-panaskan santan di panci.
-rajang duo bawang, masukkan ke dalam rebusan santan.
-potong2 dadu tahu dan ikan asin, masukkan ke dalam rebusan.
-masukkan garam dan gula.
-terakhir sebelum dimatikan apinya, masukkan irisan cabe.
Voila. Praktis dan ekonomis kesukaan mamak irit bin pelit. Hati senang, bocil riang, tidur pun tenang... Eh belum ding. Kamera saya masih erooor. . hiks...
Wassalamu'alaikum...

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...