Sunday, May 10, 2015

Loaf Bread

Assalamu'alaikum...

Baiklah. Laptop sedang gak bisa dipake buat nulis. Entah kenapa aplikasi word bikin jantungan. Gak bisa dibuka aja gitu, kakaaak...

Sementara antrian postingan semakin panjang semacam ular naga panjangnya bukan kepalang, hiks...
Jadi ini nulis pake apaan kak? Pake hape ajaaaa... *tetiba jempol kapalan*

Tapi memang semua berawal dari niat bukan? Kalo emang niat posting ibarat kata nulis pake pensil juga oke. Masalahnya gimana postingnya coba kalo pake pensil? Masak saya mesti pake kertas karbon? Ceileh, angkatan taun berapa buuuu pake kertas karbon?  *umpetin katepe*


Jadi harap maklum ya pemirsa kalo di beberapa bagian postingan ini ada banyak typo. Modus banget ya. Biasanya juga emang typo keleus.

Jadi kemarin itu salah satu teman pesan kue sama saya buat pengajian. minta 7 buah roti tawar isi selai dan 60 cups puding jeruk.



Dan seperti biasa yaa kalo si mama dapet orderan macam begini jatah bocil jangan sesekali dilupakan. Mereka bakalan mengancam mamanya dan seisi rumah untuk enggak mandi selama...selama belum ada penggantinya. Dan biasanya penggantinya ini nih yg bikin pening. Kadang eskrim. Kadang brownis. Kadang minta mobil. #eh?


Roti yang ini saya buat memang versi loaf, gak kayak roti tawar yang dijual di luar. Jadi kalo dipotong buat ibu-ibu pengajian kan juga gak geday-geday banget. Isinya saya buat pake selai stroberi, meises dan kacang. nah bagian buat anak-anak saya bikin dua bentuk, satu versi roti tawar isi butter dan satunya versi  roll yang isinya meises (cinnamon roll abal-abal -- jangan tanya kenapa bocil begitu menolak kalo dikasih roti isian beraroma cinnamon yaa!).





Ini resepnya :

Roti Tawar Isi / Loaf Bread

Bahan :
-2 cup susu cair hangat
-2butir telur ayam
-1000 gram tepung terigu protein tinggi
-3 sdm gula pasir
-1sdt garam
-50 gram margarin/butter
-2sdt ragi instant

Cara:
-campur di dalam atau mangkuk besar : susu cair, gula pasir dan ragi instant. diamkan beberapa saat.
-kocok rata telur dan masukkan ke dalam campuran susu. aduk.
-masukkan tepung terigu, aduk menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata.
-masukkan margarin atau butter dan garam.
-pindahkan ke meja kerja, ulenil
menggunakan tangan sampai adonan benar-benar kalis ya.
-bulatkan adonan, masukkan kembali ke dalam baskom, diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali lipat, tutup dengan serbet bersih atau cling wrap.
-keluarkan adonan dan bagi menjadi 4 bagian sama besar.
-setiap bagian lakukan hal yang sama : gilas sampai ketebalan 5mm lalu oles dengan isian selai atau untuk isi meises taburi meises dengan rata di satu sisi.
-gulung dan padatkan.
-masukkan ke dalam loyang loaf yang sudah dioles margarin.
-untuk versi meises roll setelah digulung saya potong-potong sepanjang 2 cm per potong lalu susun di loyang bersemir margarin.
-diamkan lagi selama 1 jam sampai mengembang lagi.
-oles atasnya dengan kuning telur atau susu cair.
-panggang di oven bersuhu 170°c sampai matang sekitar 20 menitan.




Baiklah segitu dulu curcol saya pagi ini. Doakan saja semoga laptop cepat beres dan saya bisa posting lagi. Wassalamu'alaikum ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...