Tuesday, July 07, 2015

Banana Cake Menjelang Iftar


Assalamu’alaikum...

Judulnya ini banana cake ngasal. Dari pagi sampe sore gak ada sama sekali bebikinan kue. Entah kenapa pas giliran beberes setelah masak buat buka puasa, bungkusan plastik item itu nongol aja dong di pojok dapur. Penasaran, ternyata isinya sesisir pisang ambon yang maaaak hampir semuanya kelewat mateng alias hampir busuk isinya! Inget-inget, ternyata si pisang adalah pemberian tetangga yang baru panen gitu, nah si pak ayah yang kebagian tugas menyimpan lupa aja dong sama nasib si pisang setelah beberapa hari. Gak mungkin kan yaa saya simpen semua pisang yang kelewat mateng itu? Akhirnya saya sortir, 6 biji masih bisa diselamatkan, saya simpen kulkas. 3 biji masih bisa dipake walaupun udah bonyok, saya masukin mangkuk. 2 biji aja dong yang tak terselamatkan, hiks... maklum, satu sisir memang dikit isinya tapi geday-geday nek pisangnya.




Yang 3 mau dibikin apa? Gak ada jalan lain, wajib kudu harus dieksekusi saat itu juga kalo gak mau nasibnya sama dengan yang 2 di keranjang sampah. Baiklah, kita bikin banana cake abal-abal saja. Mengapa abal-abal? Yakali, pisangnya gede dan ada 3 bok, gak bisa sesuai resep juga kan bikinnya, sementara jumlah tepungnya dikit. Mau tau gak saya bikinnya pake apaan? Pake blender, kakaaaak. Kenapa? Males nyuci banyak-banyak, ahaha... 

Eeeh lah dalah, alhamdulillah enak loh rasanya. Teksturnya gak sama dengan cake pada umumnya, dia lembab dan lembut, fudgy, hampir sama seperti tekstur kue bingka. Mungkin karena komposisi pisangnya lebih banyak daripada tepung, abis itu saya tambah buttermilk juga. Bocah suka! Apalagi makannya dalam keadaan dingin setelah disimpan di kulkas.

Penasaran? Ni resepnya :

Banana Cake Menjelang Iftar :p

Bahan 1:
- 3 buah pisang ambon yang mateng banget
- 3 buah telur
-1/4 cup margarin cair atau minyak goreng
-1/4 cup gula pasir
-1/4 cup susu cair + 1 jeruk nipis peras

Bahan 2:
-2/3 cup tepung terigu
-1 sdt baking powder
-1/2 sdt garam

Cara membuat :
Masukkan bahan 1 ke dalam blender, blend semua sampai halus dan tercampur rata.
Pindahkan ke mangkuk, masukkan bahan 2 dan aduk rata menggunakan spatula. Kalau saya, saya masukin bahan 2 ke dalam blender, trus blend sebentar sampai tercampur rata saja. Tuang ke dalam loyang ukuran 20 x 20 cm. Panggang dalam oven bersuhu 170 dercel selama 45 menit atau sampai matang. Tes tusuk yaa.


Ini memang cara sesat membuat kue, tapi percayalah, ini enak! :D

Kalo diliat di sini jadi kayak semacam tahu goreng bukan sih? :p

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...