Friday, September 25, 2015

Bistik Kari Daging Sapi

Assalamu’alaikum J
Selamat Hari Raya Idul Adha J
Yang kemarin dapet daging trus bingung mau dimasak apa hari ini, mana tangannyaaa? :D




Ini salah satu resep andalan mama saya saat sudah bingung aja daging atau ayam mau dimasak apa lagi kalau anak-anaknya mulai bosen dengan menu yang itu-itu saja. Daging masak bistik. Bistik ala mama saya ini tuh khas banget, bumbunya mirip bumbu sop, tapi dikasih kecap dan nyemek gitu, berkuah tapi gak banyak. Sama mama biasanya kalo gak pake ayam, daging, atau tempe tahu. Daaan biasanya dikasih potongan kentang goreng di dalamnya. Berhubung kentang kemarin diabisin buat bikin sambal goreng, yasudah, gak pake tambahan apa-apa deh. 




Nah, istimewanya yang saya bikin kali ini adalah, ketika menumis bumbu, saya iseng menambahkan bumbu kari bubuk ke dalamnya, biasalah, eksperimen :p eh ternyata enak loh, rasa kari yang samar muncul saat daging sudah dikunyah dan siap ditelan. Amboy, maka nikmat manalah yang saya dustakan? 



Berikut resepnya yaaa...
Bahan :
-500 gram daging sapi, iris tipis
-1/2 sdt pala bubuk
-1/2 sdt lada hitam
-1 sdt kari bubuk
-1 sdt garam
-1 sdt gula
-1/2 sdt kaldu bubuk sapi
-kecap manis secukupnya
-segelas air
-daun bawang, iris tipis
-minyak untuk menumis

Bumbu halus :
-10 siung bawang putih
-5 siung bawang merah
-2 cm ruas jahe
-1 sdt ketumbar

Cara membuat :
-panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan lada hitam, kari bubuk, kaldu sapi.
-masukkan irisan daging, aduk sampai tercampur rata.
-masukkan air, aduk dan tunggu sampai meresap
-masukkan kecap manis, garam dan gula.
-tutup panci atau wajan, tunggu sampai benar-benar matang dan meresap, matikan api.
-taburi bawang daun.
-sajikan.



Semoga bermanfaat yaa J

2 comments:

  1. ditambah nasih hangat kayaknya saya bakal banyak makannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasi hangatnya sebakul mbak ahahaha...

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...