Saturday, September 26, 2015

Kisah Nasi Samin Ala Ala

Assalamu’alaikum... 

Apa kabar? Semoga teman-teman baik-baik saja yaaa, yang sedang sakit segera diangkat sakitnya, yang sedang susah semoga segera dipertemukan jalan keluarnya, yang sedang sedih dan berduka semoga segera berlalu kemelutnya, dan yang sedang diliputi kabut asap, semoga segera Allah turunkan hujan dan para pelakunya diberi ganjaran setimpal. Aamiin...



Pernah dengar Nasi Samin? Hampir mirip dengan nasi Kebuli ala Arab yang dalam proses masaknya memakai banyak rempah, bedanya dengan nasi samin ini adalah gak pake daging kambing dan susu seperti halnya nasi kebuli. Jadi, nasi samin ini versi iritnya :D tapi jangan salah lho, nasi samin ini gak kalah laziz sama nasi kebuli!


Pertama nyicip nasi samin ini di rumah seorang teman lebaran idul fitri kemarin. Masyaa Allah, saya jatuh cinta dengan aroma dan rasanya yang gurih, lemak, tapi gak bikin eneg ini. Setelah gugling resepnya, ternyata kuncinya ada di minyak samin, rempah, dan bumbu kari.



Btw yang saya bikin ini minus minyak samin yaa. Mahal boook, trus kan minyak samin itu dijualnya per kaleng gede gitu mak, manalah mampu awak beli, dan pastinya gak bakal kepake sering-sering :p jadi sebagai pengganti minyak samin, saya pake margarin saja.


Dapet resep nasi samin ini di sini, blognya Mbak Sri Rahayu, kemudian direnovasi dengan semena-mena oleh saya hihihi... Jadinya, ini nasi samin ala-ala. Tapi dijamin deh, rasanya gak kalah endeus sama nasi samin khas Martapura itu! 


Ini resepnya :


Nasi Samin
Bahan :
-beras 250 gram, cuci bersih dan tiriskan.
-3 sendok makan margarin, 
-800 cc air kaldu sapi (kalau gak ada pake aja air biasa)
-1 bungkus kaldu sapi instant
-1/2 sdt garam (atau sesuai selera)


Bumbu halus :
-1 sendok makan bawang merah goreng, haluskan.
-1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan.
-1/4 sendok teh cengkeh bubuk, 
-1/4 sendok teh pala bubuk, 
-1/4 sendok teh jinten bubuk, 
-1/4 sendok teh kayu manis bubuk,
-1 sendok teh bumbu kari. 


Cara membuat :
-panaskan margarin, tumis bumbu halus sampai harum
-masukkan air, garam dan kaldu sapi, tunggu sampai mendidih
-masukkan beras, aduk, tutup panci dan kecilkan api.
-aduk dan masak sampai air terserap, lalu kukus selama 30 menit di dalam dandang.


Nasi samin ini benar-benar fleksibel, bisa dimakan pake lauk apa saja karena dia sudah sangat gurih dan sedap. Pake telur atau ayam bumbu habang, boleh. Pake telur dadar dan kerupuk,  juga endeus. Gak ada lauk? Pake taburan bawang goreng dan kerupuk juga oke. Nah kalo di Martapura sana, biasanya ini disantap pake kari kambing dan acar timun. Kalo saya kemarin sih pake ayam goreng, telur rebus, sambal goreng ati dan kerupuk saja. Uenaaaak tenan. Alhamdulillah...



Kalo ini menu kami pagi tadi. Sisa nasi samin kemarin saya simpan di lemari es, begitu mau disajikan, kukus di dandang selama kurang lebih 20 menitan, sajikan dengan bistik kari sapi yang resepnya saya share di sini. Sama enaknya!


Selamat mencoba :D semoga bermanfaat ya ;-) 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...