Thursday, October 22, 2015

Perkara Titipan



Dulu, saya termasuk orang yang paling sentimentil, apalagi terhadap barang yang menurut saya menyimpan kenangan, atau ngedapetinnya susah payah sampai harus berkorban banyak untuk memilikinya.

Kamu juga begitu? Dulu? Atau masih sampai sekarang? Yaps, manusiawi. Memiliki barang berharga -- dalam konteks ini berharga dalam hal nilai historisnya ya - itu sudah seperti punya harta karun yang jangankan orang lain menyentuhnya, anak atau pasangan saja terkadang gak boleh nyentuh apalagi menggunakannya hahaha...

Wednesday, October 21, 2015

Pagi Ini



Assalamu’alaikum...

Pagi ini, tidak seperti biasanya, tugas mengantar si kakak, saya ambil alih dari ayahnya. “Pengen motret, yah” ucap saya pendek. Berbekal kamera, masker seadanya, dan motor (jadul asal bisa jalan kalau diengkol dulu), saya antarkan si kakak yang sekolahnya memang tidak terlalu jauh dari rumah. Si kakak tentu saja senang bukan main, secara mamanya jarang banget nganterin sekolah. Tapi kali ini, kita dadah dadah dulu sejenak dari cucian piring.

Tuesday, October 20, 2015

Cerita Tentang Roti Pisang Banjar dan Behind The Scene



Assalamu’alaikum J

Sejak kemarin, kakak Una UTS, padahal di luar sana masih kabut saja L dan beberapa hari terakhir ini Gaza juga kena flu – batuk, meler dan badannya sumeng heuuu... Jadi kemarin sore, Gaza dibawa ke tukang pijet, seorang dukun beranak di kampung kami yang sudah lumayan sepuh. Masih banyak saja lho yang memakai jasa beliau sebagai dukun beranak, dan jangan salah, dia sudah mengantongi semacam  sertifikat kelayakan sebagai semacam doula lho. Tapi mungkin karena sudah sepuh, beliau gak sesering dulu lagi membantu persalinan. Seringnya memijat ibu hamil, ibu yang baru melahirkan dan bayi atau anak-anak yang sakit. Katanya, membantu persalinan itu bikin capeeek dan kadang sampe gak bisa tidur berhari-hari karena menunggu kontraksi yang panjang. Ah bu, semoga jasamu membantu persalinan itu dibalas Allah dengan ganjaran berlipat ganda yaaa, aamiin.

Sunday, October 18, 2015

Tumis Daun Pepaya dan Cumi Asin



Assalamu’alaikum...

Hari ini kabut asap masih ada dan semakin tebal saja, baunya pun semakin tidak enak dan bikin pusing :’( entah apa yang terjadi di luar sana, sementara saya mengetik ini, lamat-lamat terdengar sirene pemadam kebakaran bersahut-sahutan lagi, seperti biasa... Entah kapan ini berakhir.

Hari minggu, kali ini mengajak anak-anak main di taman kota sebentar. Seperti biasa, lengkap dengan masker :’( bosan ya nak, pake masker terus...:( Dan seperti biasa, emak piknik ke pasar dulu sementara bocah bermain.

Saturday, October 17, 2015

Susu Kedelai aka Soya Milk -- dan Hal-hal Baik di Dalamnya



Assalamu’alaikum...

Sejak kemarin-kemarin, kepikiran terus bikin susu kedelai ini, tepatnya pada saat si kakak Echi share foto susu kedelai homemade-nya di Line. Ah! Sudah berapa lama kacang kedelai saya nyelempit di pojok dapur, hahhh dasar emak males bin labil, beli banyak-banyak, taro di pojokan, lalu lupa ingatan -_-.

Jadi, semalam, setelah menguleni adonan roti, saya cucilah si kedelai untuk kemudian direndam semalaman. Gampang bikinnya, tapi memang penyakit males gak ada obatnya :p hahaha...

Friday, October 16, 2015

French Fries alias Kentang Goreng



Assalamu’alaikum...

Jadi, kalau di rumah itu, gak ada makanan adalah sama dengan garing. Ya, anak-anak jadi bete, emak pun jadi jutek gegara bocah rewel gak ada kekunyahan yang mana dampaknya tidak bisa bermedsos dan ngeblog begini hahaha :p

Kebetulan punya kentang gede 2 biji di kulkas, kemudian memutuskan bebikinan yang gampil ini aja. Biasanya anak-anak gak terlalu doyan karena kentang kalau sudah digoreng, setelah adem, jadinya melempem alias lembek. Males kan udah payah-payah menggoreng, pada gak dimakan? Emak lagi emak lagi yang tukang ngabisin seperti biasa. Lempar saja timbangannya biar gaduh. Eeeaaaaa...

RDF & Watermelon Juice Pagi Ini



Assalamu’alaikum...

Apa kabar teman-teman semua? Semoga walaupun kabut kembali turun, kita semua dalam keadaan sehat dan dalam perlindungan Allah SWT yaa. Allahumma aamiin.

Hari ini si kakak Una libur (diliburkan sih tepatnya). Kabut sudah lumayan parah, jarak pandang hanya sekitar 10 meter, selebihnya hanya putih dan....bau. Ya, bau asap. Sudah terlalu bosan rasanya memakai masker keluar, walaupun hanya sekedar nyambangin mamang sayur di depan rumah L

Thursday, October 15, 2015

Ngalor Ngidul Perihal Buku dan Hal (Tidak) Penting Lainnya



Assalamu’alaikum...

Saya selalu cinta buku, buku apa saja. Satu lemari penuh buku di rumah, dan beberapa rak di perpustakaan mini saya, tidak lantas bikin nafsu beli buku surut. Di kabupaten tempat saya tinggal (dusun mah kalo Iko bilang – hagdesh!), susahnya ampun-ampun hanya untuk mencari buku bermutu. Online lagi online lagi. Karenanya kalau pas kebetulan ke luar kota, bah, alokasi dana terbesar (dari yang jumlahnya sudah sedikit – melas men buk!) tercurah di toko buku. Entah itu buku bekas atau buku baru.

Tuesday, October 13, 2015

Perihal si Manis Dulce (de Leche)



Assalamu’alaikum...

Sudah lama banget penasaran sama yang namanya dulce de leche ini. Gimana sih rasanya? Seenak penampilannya di pinterest kah? Bikinnya gimana? Kayaknya serem banget mesti direbus sampe berjam-jam dengan kondisi kaleng susu WAJIB terendam air rebusan, kalo gak bisa meledak aja kak. Haaaah horor. Kemarin sempat baca resepnya ceu Ayu, bikin DDL pake presto, tapi tapiii gak punya panci presto kakaaak, padahal kalo pake presto kan bisa hemat waktu dan gas. Akhirnya nekat, pake panci aluminium biasa. Sengaja beli 2 kaleng susu kental manis putih biar gak rugi-rugi amat, padahal harusnya sih tiga atau empat gitu ya kaaak :p *plak!

Monday, October 12, 2015

Banana Peanut Butter Cake



Assalamu’alaikum...

Punya stok selai kacang banyak itu bikin mikir, kalo pas gak punya roti buat diolesin, dibikin apa ya enaknya? Akhirnya kemarin kepikiran bebikinan cake. Kebetulan punya satu biji pisang yang sudah mateng banget. Banana bread udah enak, nah kalo dijodohon sama peanut butter yang nyummi apa jadinya yaaa? :D

Sunday, October 11, 2015

Perkara FoodPhotography dan Lain-lain




Assalamu’alaikum...

Dari kemarin, baca postingan Sashy perihal pemakaian foto tanpa izin oleh orang-orang gak bertanggungjawab, yang kemudian mencuatkan komentar yang kurang lebihnya "Ih segitunya marahnya? Foto begitu aja kok dimasalahin?" -- Lagian kak, kalo fotonya 'begitu aja' kenapa juga yaa gak motret sendiri? Pake nyuri segala :p

Sering gak sih, kalo pas kita jalan-jalan ke rumah makan, liat-liat menu, atau pas browsing resep masakan, atau pas buka-buka grup resep masakan di medsos, kita nemu banyak sekali foto yang bikin kita mikir “kayaknya aku kenal deh sama foto ini, ini kan fotonya si anu... kenapa yang posting si itu, udah gitu gak mencantumkan credit atau si pemilik foto pula...” atau “lho di rumah makan itu, kok pake fotonya mbak anu ya, mereka udah minta izin gak sih? Apa main comot begitu aja di internet?”

Saturday, October 10, 2015

Gangan Waluh Besantan



Assalamu'alaikum...

Nyobain aplikasi notepad di hape (laaaah kemana aja kaaaak?). Jadi kalo pas lagi gegoleran bisa sembari nulis apalah apalah. Disimpan dulu di draft, nanti baru diedit lagi di lepi. Semenjak ganti hape, baru ini nginstall aplikasi notepad. Malesnya punya notepad, isinya mesti gak karu-karuan mulai dari corat coret Gaza, tulisan alphabet gak beraturannya Jingga, sampe tulisan PR kakak Una. Pening mamak.

Friday, October 09, 2015

Bubur Kacang Hijau



Assalamu’alaikum 

Selamat hari Jumat teman-temaaaan, senang yaaa besok sudah weekend, ibu-ibu bekerja pasti seneeeeng banget deh, besok bisa gegoleran di rumah bareng keluarga, trus siangnya bisa masak buat keluarga tercintaaah – tapi tapi enakan makan di luar kali ya buuuu, hihihi...  kalo saya, besok jadwal nyuci  baju :p dan nyucinya nunggu si kakak pulang sekolah dulu dongs biar baju seragamnya bisa sekalian dimasukin mesin cuci, irit deterjen dan hemat waktu  *penting*

/rindu



Jadi, kapan langit biru pulang lagi? 


Hei kamu, sampaikan padanya, aku rindu... 


Barangkali sama rindunya dengan cengkeramaku dengan ibuku. 
Sama rindunya dengan kopi di cangkir seng
buatan tangan gemetarannya.

Aku tergugu mengeja rindu...

Thursday, October 08, 2015

Cerita Pisang Cokelat


Assalamu’alaikum 

Pagi-pagi grup line agak rame dengan berita angin kencang dan hujan deras di Bandung, sampai pohon-pohon bertumbangan dan sebagian menimpa mobil-mobil yang sedang parkir, heuuu sedih bacanya dan lihat foto-fotonya... ternyata memang Nusantara sedang diuji ya teman-teman, gak hanya di Sumatera dan Kalimantan yang masih berselimut kabut parah, di daratan Jawa juga ternyata sedang dilanda ujian. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu dalam keadaan sehat yaaa. Allahumma aamiin.

Wednesday, October 07, 2015

Lumpia Apel (Apple Spring Roll )


Assalamu’alaikum...

Pagi ini si saya gak jualan, badan berasa gak enak banget, biasa lah bawaan kalo tamu bulanan datang :p jadi bisa sedikit leluasa bebikinan buat sarapan dan bekal si kakak. Biasanya kakak bekalnya roti jualan mamanya (bisa roti sobek, donat atau bun keju) ditambah sekotak susu UHT, sebotol air putih dan kadang bonus sebungkus cokelat kalau pas olahraga.

Sunday, October 04, 2015

Martabak Mie


Assalamu’alaikum...

Hari Minggu, adalah hari kondangan sedunia. Hari ini aja ada dua undangan perkawinan yang mesti disambangi, yihaaaa waktunya perbaikan gizi, dan tentunya ini juga berarti waktunya yalan-yalan (setelah kondangan), pacaran dan menghirup udara luar :p

Saturday, October 03, 2015

Selai Kacang Suka-Suka

Assalamu’alaikum...

Mumpung ada waktu, pengen sekalian posting resep selai kacang-cokelat ini. Resepnya dapat dari blognya Mia, yang sumber resepnya ada di sini. Ini benar-benar bikin saya seneeeeng luar biyasah, secara si saya pecinta selai kacang, dan tau lah ya selai kacang yang enak itu gak ada yang murah, apalagi selai kacang cokelat macam ini.

Resep Donat dan Hari Batik

Assalamu’alaikum...

Jumat berkah, ya, inshaaAllah.. Sore ini kabut turun lagi, padahal tadi pagi matahari begitu unyu sinarnya, bikin nafsu buat motret, apalagi pas jam 9 pagi, dari salah satu jendela saya, sinar matahari itu merembes masuk melalui kisi-kisi teralis, dan kalau buat motret itu bakal cantik banget shadownya!

Ini contohnya, difoto dalam rangka Hari Batik Nasional hari ini. Heu, narsis boleh lah ya di blog sendiri ini :p

Friday, October 02, 2015

Tentang Es Krim Homemade dan si Acil




Assalamu’alaikum...

Jadi hari ini, ceraaah sekali. Ah, Jumat berkah yaa, alhamdulillaaaah. Jauh-jauh sudah sana kabut asap dan segala macam bentuk polusi, anak-anakku mau main di luaaaar!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...