Wednesday, October 07, 2015

Lumpia Apel (Apple Spring Roll )


Assalamu’alaikum...

Pagi ini si saya gak jualan, badan berasa gak enak banget, biasa lah bawaan kalo tamu bulanan datang :p jadi bisa sedikit leluasa bebikinan buat sarapan dan bekal si kakak. Biasanya kakak bekalnya roti jualan mamanya (bisa roti sobek, donat atau bun keju) ditambah sekotak susu UHT, sebotol air putih dan kadang bonus sebungkus cokelat kalau pas olahraga.



Setelah blender jus buah naga campur apel, masih bersisa 2 biji si apel. Keingetan punya kulit lumpia di kulkas, jadiiii mari berdayakan :D terinspirasi dari resepnya Bunda Nina, akhirnya saya ikutan bikin lumpia apel yang, hey, ternyata enaaak! Jadi gurih dan kriuknya kulit lumpia, dipadu dengan legitnya apel berbaur dengan aroma kayumanis serta gula palem, itu gak bisa dijelasin banget lah rasanya. Makanya bikin kak. Gampil, gak pake gagal ini mah :D


Ini resepnyaaaa :

Apple Spring Roll atau Lumpia Apel
(Sumber : Catatan Nina – dengan banyak sekali penyesuaian bahan -- sungkem sama BundNina)

Bahan :
-10 buah kulit lumpia siap pakai
-1/2 sdm terigu yang dilarutkan dengan sedikit air (untuk perekat)
-minyak goreng

Bahan Isi :
-2 buah apel ukuran sedang (apa saja), potong-potong dadu
-2 sdm gula palem
-1 sdm gula pasir
-1/2 sdt kayumanis bubuk
-sejumput garam

Cara membuat :
-Campur semua bahan isi, taruh di teflon, nyalakan api kecil, aduk sebentar, tutup teflon, biarkan sampai gula terkaramelisasi dan apel mengeluarkan sedikit air, angkat, sisihkan, dinginkan.
-ambil selembar kulit lumpia, isi dengan bahan isian satu sendok makan, lipat seperti amplop, rekatkan ujungnya dengan campuran terigu-air.
-lakukan sampai habis.
-goreng sampai berwarna keemasan, angkat dan tiriskan

Sajikan hangat atau dingin tetap enak kok, karena kulitnya yang tetap crunchy itu bikin sensasi gigitannya selalu asyikkk, temennya teh anget atau es teh yang tawar saja, aaaah recomended!



Selamat mencoba yaaa, semoga sukaaa...

4 comments:

  1. wosh...aduh,jadi kepingin...kirain apelnya di blender,ternyata cuma di potong dadu. Okeh,simpen dulu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cuma potong dadu aja mbak, uenaaakkk asem apel campur manis gula palem ^_^

      Delete
  2. Membayangkannya udah ngeces... simpen ah... kl ada waktu ntar nyobain bikin :)

    ReplyDelete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...