Tuesday, October 13, 2015

Perihal si Manis Dulce (de Leche)



Assalamu’alaikum...

Sudah lama banget penasaran sama yang namanya dulce de leche ini. Gimana sih rasanya? Seenak penampilannya di pinterest kah? Bikinnya gimana? Kayaknya serem banget mesti direbus sampe berjam-jam dengan kondisi kaleng susu WAJIB terendam air rebusan, kalo gak bisa meledak aja kak. Haaaah horor. Kemarin sempat baca resepnya ceu Ayu, bikin DDL pake presto, tapi tapiii gak punya panci presto kakaaak, padahal kalo pake presto kan bisa hemat waktu dan gas. Akhirnya nekat, pake panci aluminium biasa. Sengaja beli 2 kaleng susu kental manis putih biar gak rugi-rugi amat, padahal harusnya sih tiga atau empat gitu ya kaaak :p *plak!

Dulce de leche (bahasa Spanyol:"Gula-gula susu"), adalah sebuah sirup yang terbuat dari susu. Sirup ini tersedia dalam bentuk cair dan gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Dulce de leche juga merupakan pelengkap roti dan berbagai hidangan penutup Argentina. 
Dulce de leche sangat terkenal di Argentina dan Uruguay, juga Paraguay dan Brazil. Di Perancis, dulce de leche dikenal sebagai Confiture de lait. 
Banyak cerita mengenai asal muasal dulce de leche. Salah satunya adalah seorang caudillo Argentina Juan Manuel de Rosas, pada abad ke-19. Suatu hari di musim dingin di rumah Rosas, saat itu pembantu Rosas sedang membuat lechada—sebuah minuman yang terbuat dari susu dan gula yang direbus sampai berubah seperti karamel—lalu seseorang mengetuk pintu. Sang pembantu secara tidak sengaja lupa mematikan api ketika membuka pintu, namun saat kembali ke dapur, susu itu telah hangus dan berubah menjadi dulce de leche. Sumber : Wikipedia 


Pengennya ngerebus sampe 3-4 jam. Apa daya kak. Gasnya habis di jam kedua heeuuuuhuuuuu... mau ngerebus lagi begitu gasnya diganti, sayanya udah males. Jadi ngerebusnya dengan panci terbuka aja, serem soalnya kalo ditutup, bunyi-bunyi horor gitu dari dalem ahahaha...

Ini dia penampakan setelah si DDL didiamkan sampe adem dan disimpen semaleman di kulkas. Daaaan walaupun gak sekental yang saya biasa lihat di pinterest, ternyata rasanya uennnaaaaak bingits, karamelnya udah berasa banget, kalo buat olesan roti atau pancake, atau topping di eskrim, atau dicolek-colek aja gitu kak, aaaahhhh syedap. Kebayang besok-besok bikin pancake, kue cubit, ngemil roti atau makan biskuit colek ke si manis ini.  



Nanti mau bikin lagi aaaaah :D

4 comments:

  1. jadi pengen bikin juga mbk, hahaha dari mbak ayu bikin udah mupeng sebenernya, tapi males ahhh dan takut bayangin lamanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi bikin ini emang mesti diniatin mbak Ver, aku udah sering beli SKM, eh akhirnya gak kebikin juga :p tapi beneran enak loh, serius, pasti pengen njilatin terus :D hihihi

      Delete
  2. jadi,ini bahannya cuma susu aja ya...kok jadi ngiler gini...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikiiiiin :D biar gak rugi bikinnya sekali 3 kaleng mbak biar hemat gasnya :D

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...