Saturday, October 03, 2015

Resep Donat dan Hari Batik

Assalamu’alaikum...

Jumat berkah, ya, inshaaAllah.. Sore ini kabut turun lagi, padahal tadi pagi matahari begitu unyu sinarnya, bikin nafsu buat motret, apalagi pas jam 9 pagi, dari salah satu jendela saya, sinar matahari itu merembes masuk melalui kisi-kisi teralis, dan kalau buat motret itu bakal cantik banget shadownya!

Ini contohnya, difoto dalam rangka Hari Batik Nasional hari ini. Heu, narsis boleh lah ya di blog sendiri ini :p



Baiklah, stop ngobrol gak jelasnya. Balik ke postingan ini, sebenarnya sudah lama pengen share resep donat ini, entah kenapa selalu tertunda. Ini resep yang  inshaaAllah akhirnya saya anggap pas, setelah banyak banget trial and error nyobain berbagai resep donat yang seliweran di internet. Sebenarnya sih resep-resep yang seliweran ini enak semua, yang si saya cari, selain enak adalah resep yang mana si donat atau roti bisa bertahan tetap lembut setelah seharian, secara pan ya boook si saya jualan roti tiap pagi, jadi tetap kudu putar otak gimana caranya biar si roti gak cepet atos dengan anggaran bahan seminim mungkin *halahhh*.



Untuk roti sobek alias roti gambung, saya juga pake resep ini. Bedanya udah tau kan ya, kalo roti sobek, bikinnya di oven, kalo donat, bikinnya di Hongkong, eh digoreng maksudnya.

DONAT

Bahan :
-1000 gram tepung terigu protein tinggi
-2 sdt ragi instant, larutkan dengan 50mL air hangat
-150 gram gula pasir
-4 butir kuning telur
-400 mL susu cair
-1/2 sdt garam
-100 gram margarin

Cara :
-campur bahan basah seperti susu, ragi yang dilarutkan di air, telur yang sudah dikocok rata, dan gula di dalam mangkuk besar.
-masukkan terigu, aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata.
-masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis
-istirahatkan sampai mengembang 2 kali lipat.
-bagi adonan seberat 50 gram, bulatkan, istirahatkan lagi. ---
-atau bisa digilas lalu cetak dengan cetakan donat, istirahatkan lagi.
-goreng di minyak banyak dan jangan terlalu panas, api sedang saja, sampai keemasan dan matang.
-sajikan dengan olesan margarin dan taburi topping suka-suka :D





Doakan ya pemirsa, kabutnya segera enyah dan kami bisa kembali menikmati birunya langit, hangatnya matahari serta udara bisa segera bersih kembali. Kalo sekarang, buka pintu, bau asapnya beneran gak enak L dan tahu kaan pake masker itu gak enaaaak, tapi mau gimana lagiii L

1 comment:

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...