Saturday, October 03, 2015

Selai Kacang Suka-Suka

Assalamu’alaikum...

Mumpung ada waktu, pengen sekalian posting resep selai kacang-cokelat ini. Resepnya dapat dari blognya Mia, yang sumber resepnya ada di sini. Ini benar-benar bikin saya seneeeeng luar biyasah, secara si saya pecinta selai kacang, dan tau lah ya selai kacang yang enak itu gak ada yang murah, apalagi selai kacang cokelat macam ini.



Saya sudah beberapa kali bikin selai kacang ini, ada versi tanpa cokelat, ada versi yang seperti ini. Tapi baru aja dong kepikiran mau motret dan posting resepnya di sini.

Resepnya mah gampang banget, gak usah pake takaran baku karena ini memang jenis resep yang bikin kita punya daya imajinasi seluas-luasnya untuk bikin si selai kacang ini tambah enak. Pake kacang tanah, boleh. Pake kacang mede kalo pas lagi tajir, juga bisa-bisa aja. Pake almond, pisctachio, juga bisa banget. Kalo saya sih pilih yang paling murah namun meriah : kacang tanah kupas :D Eh kalo mau anti mainstream juga boleh loh kak, pake kacang panjang... Hush, becanda, jangan baper ah. 

Trus, kalo mau plain aja si selai kacang tanpa cokelat, enak-enak aja, tinggal dikasih sedikit gula dan garam dalam proses blendernya. Kalau cokelatnya, bisa pake cokelat batang, atau cokelat bubuk juga boleh. Nah untuk minyaknya, saya pake minyak goreng aja. Mau pake minyak zaitun atau minyak sayur boleh, minyak jagung gimana? Boleh kakaaaak.

Nah, bikinnya pun gampang. Kacang tanahnya dipanggang dulu sampe matang (jangan sampe gosong ya pemirsa ntar pait). Bisa digoreng juga, lebih enak malah kalo menurut saya. Boleh yang kupas, boleh juga yang masih ada kulit arinya. Setelah matang dan di suhu ruang, blender deh. Blender sampai halus dan keluar minyak ya. Mencet tombol blendernya juga sebentar-sebentar aja biar kacangnya bisa tercampur dan halus. Nah, setelah halus, masukkan sisa bahan yang kita punya aja. Kalo saya, pake cokelat batang yang dilelehin dan dicampur sedikit minyak goreng, sedikiiit garam biar rasanya gak anyep, satu sdt cokelat bubuk, dan gula pasir kalau suka agak manis. Blender lagi sampai smooth.


Selai yang kali ini saya bikin kurang halus jadinya kayak sambel pecel dududududuuuu, secara bikinnya udah malem, listrik di rumah gak bisa dipake lama-lama ngeblender, langsung kedap kedip aja dong lampunya kalo saya mencet tombol blender berkali-kali ihiks... tapi boook rasanya uenakkkk tenan. Grindil-grindil kacangnya yang kurang halus itu bikin tambah sensasi mengunyahnya semakin menggila loh kak, sumpah *menghibur diri ini mah*. Dan tau gak sih, saya sering loh mindik-mindik ke kulkas dan nyolekin selai ini, kalo pas anak-anak lagi kemanaa gitu, enak banget soalnya, gimana dong?

Bai de wei, selai ini enak banget selain buat olesan di roti tawar, isian roti sobek, olesin ke pancake atau biskuit, atas campuran eskrim atau brownis. Pokoknya suka-suka lah yaaa.

Nah, kamu bisa coba bikin sendiri loh selai ini di rumah, gampaaang kok bikinnya. Selamat mencoba yaa semoga bermanfaat ;-)

4 comments:

  1. aiiih enyaknyaaaa, udah lama ga bikin selai kacang. terakhir bikin pake evoo, ga rekom deh, rasa evoo-nya masih tebel. kalo pake zaitun mending yg light aja. eh atau akunya yg kasi evoo kebanyakan ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih senengnya pake minyak goreng -- murah meriah gak bikin manyun harganya :D

      Delete
  2. tadinya liat postingan mbak puji yang banana peanut butter cake, eh malah nyangkut di sini.
    aku pengen cobaiiiinn.. btw se-jar itu kira-kira brp kilo kacangnya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuk ah cobain Heeen... ini aku gak pake takaran, kmrn bikin setengah kilo jadi 2 jar selai dan sisanya buat isian roti (gak sampe halus gini dan tambahin gula pasir aja). coba aja dulu seperempat Hen...

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...