Sunday, October 18, 2015

Tumis Daun Pepaya dan Cumi Asin



Assalamu’alaikum...

Hari ini kabut asap masih ada dan semakin tebal saja, baunya pun semakin tidak enak dan bikin pusing :’( entah apa yang terjadi di luar sana, sementara saya mengetik ini, lamat-lamat terdengar sirene pemadam kebakaran bersahut-sahutan lagi, seperti biasa... Entah kapan ini berakhir.

Hari minggu, kali ini mengajak anak-anak main di taman kota sebentar. Seperti biasa, lengkap dengan masker :’( bosan ya nak, pake masker terus...:( Dan seperti biasa, emak piknik ke pasar dulu sementara bocah bermain.



Sempat bebelian buah-buahan dan seplastik cumi asin juga. Kebetulan kemarin baru petik daun pepaya dan beberapa gelintir bunganya. Saya sih gak terlalu suka daun pepaya ya, gak kuat sama pahitnya euy. Kalo pak ayah sih seneng banget sama tumis daun pepaya ini, biasanya beli jadi – karena istri solehah gak suka dan gak pengen masakin. Daaan kebetulan di depan rumah ada 3 pohon pepaya, trus kepikiran juga kenapa gak nyoba bikin ya, dikawinkan dengan si cumi asin, kayaknya enak, daaan bukannya nyenengin suami juga pahala yes, aamiiiin J


Berbekal tips dari beberapa teman, untuk menghilangkan sedikit pahitnya, saya pake daun jambu biji yang dicampur di dalam rebusan daun pepaya. Hasilnya? Pahitnya jadi lebih manusiawi ketimbang yang enggak dikasih daun jambu :D mau nyobain juga? Ini resepnya :

Tumis Daun Pepaya & Cumi Asin

Bahan :
-10-15 lembar daun pepaya muda
-segenggam kembang pepaya
-7 lembar daun jambu
-3 cumi asin, rendam dalam air hangat 10 menit, tiriskan, potong-potong
-5 siung bawang merah, iris tipis
-3 siung bawang putih, iris tipis
-2 buah cabe merah besar, iris tipis
-10 buah cabe rawit, iris tipis
-air asam jawa
-tomat, potong-potong
-gula & garam secukupnya

Cara membuat :
-rebus air dalam panci, masukkan daun pepaya, kembang pepaya, dan daun jambu sampai empuk
-angkat dan tiriskan daun dan kembang pepaya, singkirkan daun jambu
-langsung rendam daun dan kembang pepaya di dalam air dingin.
-potong-potong daun dan kembang pepaya.
-panaskan minyak, tumis duo bawang
-tambahkan cumi asin, aduk
-masukkan daun dan kembang pepaya, aduk rata.
-masukkan cabe dan tomat, aduk lagi.
-masukkan air asam jawa, gula dan garam, aduk lagi sebentar, matikan api.


Sajikan dengan nasi hangat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat yaa J

6 comments:

  1. sampe sekarang belum pernah masak pakai daun pepaya,nggak nguatin pahitnya..kalo pare masih kuat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, aku pun gak kuat pahitnya, coba pake daun jambu ini, berkurang sih pahitnya :)

      Delete
  2. sayaaaa sukaaaa tumis ini mbak, belum pernah bikin sih jadi pengen coba juga, biasanya kalau beli ekstra pedas gitu, hahaha jadi laperrrrr, fotonya cakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. sooook atuh bikin yang super duper pedessss biar pahitnya ketutup haha, dan fotonya mbak Vero mesti jauh lebih cuakkkeeepppp daripada punyaku :D

      Delete
  3. aku sukaaaaa, malah suka karena pahitnya, trus bikinnya pake cabe yang banyaaak, aduhhh nasi sebakul habissss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha betol betol betol, cabe adalah penyelamaaaat :D

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...