Sunday, November 29, 2015

Tentang Pais Sagu dan Mamaku



Masing-masing kita punya cerita, semenjak tangan-tangan yang kini renta itu merengkuhmu dalam adiksi asi dan hangat. Dia menjelma menjadi tembok, langit-langit dan lantai ruang kenangan yang akan bersemayam di sudut entah di mana di hati dan kepalamu.

Friday, November 27, 2015

Tentang Pisang Goreng Pasir dan Kamera Hape



Assalamu’alaikum, teman-teman…

Jadi, kemarin kamera jatoh aja. Heuuu nangiiiisss :’(

Asli kak, saya gemetaran, zoom-nya macet, F-nya mati, dan gak bisa focus lagi. Alhamdulillah alaa kulli haal. Baiklah, tidak ada pilihan lain selain bersabar. Heuuu tapi kan masih nyesek kak sampai sekarang :’(

Jadi, sekarang saya gak bisa cerita apa-apa dulu deh, masih berasaaa banget ngilu-nya. Komentar pak ayah? Senyum – dan bilang “Libur dulu berarti yaa… nanti kalau ada rejeki kita beli lensa baru yang bagusan…” heuuuu padahal sudah siap-siap dipentung.

Jadi, sekali lagi bersabar – dan memanfaatkan yang ada saja. Apa itu? Kamera hape kakaaaak…

Monday, November 23, 2015

Perkara Berlebihan




Bahkan mereka yang melangitkan cita-cita tidak bisa melampaui tingginya langit terendah. Tentu saja, dari langit, kau dan aku tak ada beda -- sama kecilnya, sama tak berartinya. Lalu mengapa masih sombong? 

Tak ubahnya seperti remah sisa, aku bahkan sering kau injak dan lindas tanpa ampun.
Tetapi sadarkah kau, Kawan, kalaupun kau sepatu yang menginjak dan melecehkanku, bukankah kita sama-sama berada di bagian paling bawah? Bagian terbaiknya adalah, aku bukan alas kaki manusia biasa -- sepertimu.


Hey, sudahlah. Berlebihan itu tidak baik. Boros. Bikin lelah. Dan sia-sia.

Sunday, November 22, 2015

Ayam - Tahu Saus Teriyaki


Assalamu’alaikum J

Sudah weekend ya teman-temaaan, alhamdulillah… Semoga semuanya yang lelah bisa mulai piknik (atau mungkin sudah dari kemarin?) daaaan yang sakit bisa segera diberi kesembuhan, allahumma aamiin.

Hari ini masak ayam saus teriyaki, kebetulan punya stok tahu juga. Tadinya mau masukin kentang juga tapi kelupaan euy ahahaha… Butuh piknik, kak.

Friday, November 20, 2015

Nasi Gurih dan Hintalu Masak Habang



Assalamu’alaikum…
Bicara tentang per-sarapan-an di rumah ijo keluarga Rubadi, adalah bicara tentang jenis makanan lezat yang gak bakalan selesai kalo dibahas tiga hari tiga malem kumencarimu. Mulai dari nasi kuning, lontong sayur, buras saus kacang, roti gambung, ketupat kandangan, soto banjar, sampai babongko dan berbagai kue-kue lezat bersantan dan mengundang kerut di dahi para penggiat FC ahahaha…*sungkem dulu sama kakak Echi – sarbu-nya pending dulu kakak, gak kuat kalo cuma sarapan sebiji jeruk :p*


Paling sering sih beli nasi kuning. Anak-anak doyan pake banget, setelah minum segelas jus pas bangun tidur, sebungkus nasi kuning adalah pilihan selanjutnya untuk sarapan si kakak ke sekolah dan adik-adiknya. Nah, dalam sebungkus nasi kuning khas Banjar ini macem-macem lho, ada yang pake ayam masak habang, kering tempe, mie goreng, sampai serundeng. Tapi lama-lama perih juga ya boook kalo tiap hari mesti beli nasi kuning, bisa-bisa dompet mamak kempes sebelum waktunya nih. 

Tuesday, November 17, 2015

Bingka Waluh Khas Banjar


Assalamu'alaikum...

Masih saja ya ramai kisah pencurian foto di medsos? Haaah capek deh ngeliatnya, apalagi ngebahasnya. Ngebahas pencurian foto, sama halnya dengan ngebahas beberapa website berita abal-abal – yang  berita dan artikelnya pun abal-abal, gak berdasar sama sekali bahkan cenderung memprovokasi pembacanya untuk berdebat,eh dishare pula tanpa tedeng aling-aling di medsos, dengan tujuan sudah jelas : kalo gak menyudutkan salah satu pihak, memprovokasi, ataaau cuman mau sekedar bilang “hey helooow, aku pinter kaaan, aku bener kaaaan, dan kamu salaah, nih buktinya, link ini niih…”

Agak menyedihkan ya. Buat saya, orang-orang pembuat artikel atau berita di balik layar website abal-abal ini dan mereka yang tanpa sempat bertabbayun atau ngecek dulu kebenarannya, semudah itu ngeshare di berbagai medsos, gak lain hanyalah para (maaf) loser yang pengen eksis di ranah maya, sama halnya dengan para pencuri foto atau tulisan, biar dibilang pinter motret atau nulis, aaaarghhh menyebalkan! Blokir ajaaah rame-rame!!! *lempar petasan* Ahaha... Mbaknya galak banget. Enggak lah yaa, gak usah diblokir, kesiaaan, dikasih tau aja baik-baik sambil senyum manis *benerin jilbab* - *guwe mah gitu orangnya*.

Saturday, November 14, 2015

Tentang (pamer foto) Sambel Kacang


Assalamu’alaikum…

Apa kabar teman-teman? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Musim hujan mulai datang, mendung-panas berganti cepat sekali, gak bisa prediksi kalau pagi cerah, sore bisa langsung mak byurr hujan deraaaas banget. Fabiayyi alaa irabbikuma tukadziban? Alhamdulillah…

Beberapa waktu yang lalu, seorang sahabat dari Banjarmasin – panggil dia kak Echi - mampir di rumah dan membawakan oleh-oleh sambel kacang homemade buatan si Nenek, pengasuh Jasmine, putrinya kak Echi. Sambel kacang yang enak bangeeeettt buat bikin pecel, nggado sayur mentah, tahu tempe goreng atau hanya sekedar nyolek kerupuk! Tinggal seduh dan campur dengan air panas, taraaa, si sambel kacang yang bumbunya sudah enak banget ini siap disantap. Berasa banget loh kencur, bawang putih serta aroma daun jeruk purutnya!

Thursday, November 05, 2015

Puding Tape Ketan Ijo


Assalamu’alaikum...

Jadi, semingguan yang lalu – eh dua minggu yang lalu ding – si saya beli satu bungkus tape ketan ijo. Rencana awal pengen bebikinan bingka, kue asli Banjarmasin yang uennaaak puol itu. Tapi yaaah biasa laah, namapun emak-emak riweuh ya, apalagi dengan adanya kegiatan berbagi masker dan minggu terakhir kemarin ada workshop foodphotography di Banjarmasin, jadilah si tape terlupakan dan kedinginan di pojok kulkas. Heei info gak penting nih : si saya ikutan WS lhooo minggu kemarin, belajarnya pan sama mbak master Sefa Firdaus, aaaaak akyu senaaaaang bisa ketemu sama belio :D Semoga abis ikutan WS ini, si saya jadi makin pinter motrek yaa, gak motrek gaje kayak kemarin-kemarin lagi wekeke...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...