Friday, November 20, 2015

Nasi Gurih dan Hintalu Masak Habang



Assalamu’alaikum…
Bicara tentang per-sarapan-an di rumah ijo keluarga Rubadi, adalah bicara tentang jenis makanan lezat yang gak bakalan selesai kalo dibahas tiga hari tiga malem kumencarimu. Mulai dari nasi kuning, lontong sayur, buras saus kacang, roti gambung, ketupat kandangan, soto banjar, sampai babongko dan berbagai kue-kue lezat bersantan dan mengundang kerut di dahi para penggiat FC ahahaha…*sungkem dulu sama kakak Echi – sarbu-nya pending dulu kakak, gak kuat kalo cuma sarapan sebiji jeruk :p*


Paling sering sih beli nasi kuning. Anak-anak doyan pake banget, setelah minum segelas jus pas bangun tidur, sebungkus nasi kuning adalah pilihan selanjutnya untuk sarapan si kakak ke sekolah dan adik-adiknya. Nah, dalam sebungkus nasi kuning khas Banjar ini macem-macem lho, ada yang pake ayam masak habang, kering tempe, mie goreng, sampai serundeng. Tapi lama-lama perih juga ya boook kalo tiap hari mesti beli nasi kuning, bisa-bisa dompet mamak kempes sebelum waktunya nih. 

Alkisah di suatu pagi, si saya memutuskan untuk menghentikan kebiasaan beli nasi kuning. Bikin sendiri aja kali ya lebih hemat. Tapi kalo nasi kuning biasa, kayaknya udah rada ilfeel. Hmm, gimana kalo kali ini bebikinan yang mirip nasi kuning? Kan masih sepupuan tuh, nasi kuning sama nasi uduk? Atau masih temenan kan ya sama nasi samin? Nah, gimana kalau kita bikin nasi gurih resep mama saya aja? Heuu galaw, ditujes juga nih sama pemirsa hahaha…



Bikinnya ini gak susah kok. Saya pake magic com. Jadi gak pake acara aron dan kukus yang pasti bikin mamak pening kebanyakan cucian. Tinggal masukin ke dalam magic com semua bahannya, pencet tombol cook, biarkan dia bekerja, mamak mau rumput di Line, ahahaha… Praktis kan?



Untuk lauknya, saya bikin telur masak habang. Masak habang ini resep alm mama saya. Tips dari beliau kalau mau masak habang adalah, pakai lombok karing yang warnanya merah cerah, jangan lupa pake kayumanis,  masak bumbunya harus sampai air menyusut dan langunya benar-benar hilang baru masukin minyak goreng, jangan pelit bumbu, daaaan air asam jawa jangan pernah lupa. Kenapa? Gak cuma manis dan asin, semburat rasa asam ini yang bikin masakan tambah sedappp. Kalau kata mama saya, rasanya jadi 'naik'.



Ini resepnya yaa…

Nasi Gurih  

Source : alm mama

4 gelas beras, cuci bersih
1 kotak santan instant dicairkan dengan 1 liter air (tergantung jenis beras juga yaa)
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt ketumbar
serai
pandan
Masukkan semua bahan ke dalam magic com, tekan tombol cook, tutup dan tunggu matang. Sesekali boleh diaduk biar santan, bumbu dan beras tercampur sempurna.

Hintalu atau Telur Masak Habang

Source : alm mama

8 butir telur, rebus sampai matang
8 buah lombok karing, buang biji, rebus selama 10 menit, tiriskan
10 siung bawang putih
7 siung bawang merah
5 buah kemiri
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
kayu manis
3 sdm air asam jawa
garam
gula
minyak goreng

Pelengkap :

bawang goreng
irisan timun
irisan tomat
kerupuk atau peyek
Haluskan semua bumbu, kalau saya sih masukin blender – pakai setengah gelas air matang.
Masak bumbu di wajan sampai airnya menyusut dan langu lombok menghilang.
Masukkan minyak goreng, masak lagi sampai benar-benar harum.
Masukkan air asam jawa, garam dan gula, aduk rata.
Masukkan telur rebus, aduk sebentar, matikan api.

Kalau mau pakai ayam, ayamnya boleh digoreng dulu setelah dibumbui ya, baru masukkan ke dalam tumisan bumbu habang. Kapan-kapan saya posting deh resep ayam atau haruan masak habang J

Sajikan hangat dengan pelengkapnya.



Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat J

2 comments:

  1. ya ampun mbaaaa... trus ngiler, padahal abs makan :))

    ReplyDelete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...