Thursday, November 05, 2015

Puding Tape Ketan Ijo


Assalamu’alaikum...

Jadi, semingguan yang lalu – eh dua minggu yang lalu ding – si saya beli satu bungkus tape ketan ijo. Rencana awal pengen bebikinan bingka, kue asli Banjarmasin yang uennaaak puol itu. Tapi yaaah biasa laah, namapun emak-emak riweuh ya, apalagi dengan adanya kegiatan berbagi masker dan minggu terakhir kemarin ada workshop foodphotography di Banjarmasin, jadilah si tape terlupakan dan kedinginan di pojok kulkas. Heei info gak penting nih : si saya ikutan WS lhooo minggu kemarin, belajarnya pan sama mbak master Sefa Firdaus, aaaaak akyu senaaaaang bisa ketemu sama belio :D Semoga abis ikutan WS ini, si saya jadi makin pinter motrek yaa, gak motrek gaje kayak kemarin-kemarin lagi wekeke...

Oke kembali ke tape. Fokus. Tape ketan ijo ini, kalau di Kalimantan Selatan, bentuknya bulet-bulet kayak biji salak gitu, dikemas di dalam daun pisang atau keladi. Favorit kami adalah tape asli dari Amuntai. Rasanya legit dan air yang dikeluarkan oleh tape ini tuh maniiis dan enak, tapi jangan banyak-banyak ya buk, takut mabok. Mabok gak bisa brenti makan tape maksudnya :p



Nah tadi pagi, pak ayah gak seperti biasanya, terketuk hatinya untuk bebersih kulkas (di situ kadang saya merasa kebanyakan piknik - nyontek kakak Iko) – yang alamakjaaaan penuh dengan perintilan belanjaan saya yang kalo ke pasar gak pake rem, beli ini beli itu tapi begitu masuk kulkas, lalu pufffff ilang ingatan :p nemu dong tape ini sudah hampir beku dan kering di pojokan muahahaha... Maap ya Pe, aku melupakanmu *apasih.

“Dibikin puding aja, Ma” jarnya ayah. Beklah, Tuan, keinginanmu adalah perintah buatku. Cuss kita bikin puding :p


Betewei, ini puding lembyuuuuut banget. Saya terinspirasi resep silky puding cokelatnya Ayu yang dari Smitten Kitchen, yang menggunakan maizena di dalam adonan pudingnya. Tapi yang ini saya tambahin bubuk agar-agar biar gak terlalu lumer di mulut, eh ternyata ini pun lembuuuut banget jadinya. Saran saya, bikin ini jangan pake cetakan. Pake aja pyrex, gelas, jar, atau apapun yang kalo makan tinggal disendokin aja, gak perlu dilepasin dari cetakan, soalnya bakalan ancur minah. Ini resepnya :

Puding Tape Ketan Ijo

Bahan :
-200 gram tape ketan ijo
-1 bungkus bubuk agar-agar
-1500 mL santan
-200 gram gula pasir
-1 sdt garam
-2 sdm tepung maizena
-pasta pandan atau perasan daun suji/pandan secukupnya

Bahan Vla :
-500mL santan
-1 sdm maizena
-1 sdt garam

Cara membuat :
-masukkan ke dalam blender : tape ketan ijo dan santan secukupnya, haluskan.
-tuang ke dalam panci, masukkan sisa santan, agar-agar bubuk, gula pasir, garam dan pasta pandan, aduk rata menggunakan whisk.
-nyalakan api, rebus adonan dengan api kecil sambil diaduk-aduk, sampai mendidih.
-tuang ke dalam loyang atau gelas, biarkan dingin, masukkan ke dalam kulkas.

Vla :
-campur dan rebus semua bahan, dinginkan. Sajikan puding dingin dengan siraman vla di atasnya.


Oke yaaa selamat mencoba dan semoga bermanfaat J



4 comments:

  1. belum pernah bikin pudding dari tape, ih ngebayangin rasanya kayaknya endeuss. kalo pake tape ketan item gimana kak? yang ijo sulit carinyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja Kiii, kan dirimu paling pinter tuuh ngakalin, blueberry aja diganti ama juwet apalagi cuma sekedar tape hah... hahaha...

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...