Tuesday, December 22, 2015

Pizza Rendang

Assalamu’alaikum J
Beberapa hari kemarin, sibuk aja bebikinan roti. Tersebab tema 52WFPP minngu kemarin adalah pizza. Ya. Pizza. Eciyee bikin pizza dooong :D



Iyaa saya bikin pizza. Dulu pernah bikin, tapi karena orang rumah gak ada yang suka pizza – kecuali saya sendiri, yowis terlupakanlah si pizza ini. Nah, tema minggu kemarin beneran bikin saya kembali memikirkan pizza yang enak itu seperti apa siiih? Ternyata gampang-gampang aja yaa. Sementara si saya kan tiap hari memang gahouwl gitu sama adonan roti, jadi, baiklah, pake resep yang ada aja, dengan menyesuaikan bahan yang ada di rumah.


Kemarin pake tepung 2 cups saja. Jadinya lumayan banyak looh. Kebetulan saya punya rendang daging yang seminggu lalu saya bikin. Dieman-eman kakak, bikinnya rada alot, jadi makannya sedikit-sedikit, akhirnya jadi toping pizza segala. Sungguh kreatif ya saya…:p

Baiklah, ini resepnya yaa…

Pizza Homemade topping Rendang

Roti :
2 cups terigu protein tinggi
1 sdt ragi instant
2 sdm gula pasir
1 butir telur
1 sdt garam
¼ cup minyak goreng – boleh pake margarin cair yaa
susu hangat secukupnya

Campur di dalam baskom : tepung, ragi, gula pasir dan garam
Buat lubang di tengah campuran tepung, masukkan telur, minyak goreng dan susu hangat secukupnya. Aduk dengan sendok kayu. Boleh ditambahkan susu lagi kalau masih kurang. Kalau adonan sudah mulai menyatu, pindahkan ke meja, uleni dengan tangan sampai kalis.
Diamkan sampai mengembang.
Bagi adonan menjadi 4 bagian, tipiskan, taruh di loyang pizza atau loyang biasa, bentuk sesuka hati.
Diamkan lagi beberapa saat sementara kita siapkan toppingnya.
Oleskan saus homemade, beri  daging rendang, taburi keju parut – bisa pakai keju apa saja yaa. Saya adanya keju cheddar. Panggang di suhu 190 derajat selama kurang lebih 15 menit. Sajikan hangat.

Saus Tomat Homemade
(Resep dari  teh Daniar)


1 kg tomat merah , kerat-kerat
6-10 siung bawang putih, kupas, geprek lalu cincang
2 sdm olive oil
Gula dan garam secukupnya
Air untuk merebus tomas secukupnya
Italian basil (kalau ada) – saya pakai oregano kering

Didihkan air
Cuci tomat, kerat menyilang, masukkan kedalam air mendidih, masak sampai kulit tomat terkelupas, angkat, tiriskan, buang kulitnya, hancurkan
Panaskan olive oil, masukkan bawang putih, masak sampai harum, masukkan tomat, masak sampai agak asat, tambahkan gula garam dan oregano.
Angkat dari api biarkan dingin
Siap dipakai untuk olesan pizza




Resep rendangnya saya share di lain posting saja yaa. Teman-teman bisa pakai topping apa saja kok, selain rendang. Bisa pakai sosis, daging asap, daging cincang, keju, paprika, apa ajah.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya :)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...