Friday, October 21, 2016

Roti Gambung / Roti Sobek



Assalamu’alaikum...

Quick post yaa. Ini resep roti jualan saya. Iya, jualannya mama Gaza setiap hari, hehe... Mungkin ada yang bertanya, kok mau bagi-bagi resep kue jualannya?

Kue Sus Vla Vanilla



Assalamu’alaikum...

Jadi 2 hari yang lalu, seorang teman mengirim sebuah pesan di watsap, istrinya pengen dibikinin kue sus. Happaaaah? Kue sus? Halamaaakkk eike pan jualannya roti ama pancake durian kak. Pernah sih bikin kue sus, dan agak-agak trauma gimana gitu dengan mimpesnya kue saat diangkat dari oven. Sejak saat itu, rada musuhan sama resep kue sus, tapi tetep suka makannya lho ya huahaha. Tapi apalah daya, emak sedang dalam keadaan darurat dompet, nekat, terima saja pesenan ini hahaha.

Sunday, October 16, 2016

Ayam Tahu Saus Teriyaki



Assalamu’alaikum mateman...

Apa kabaar semuaaa? Semoga semua dalam keadaan sehat yaa, dalam kebaikan dan keberkahan dari Allah, aamiin. Qodarullah, si saya lagi tepar, kepala nyut-nyutan dari kemarin, akhirnya terjawab sudah kenapa. Apa lagi kalau bukan PMS. Kebiasaan saya memang gak mencatat period terakhir, jadi suka gak ngeh kalau saya drop itu gegara PMS. Saya pikir hanya kecapekan. Sekarang jadi lengkap yes, kepala berat, tenggorokan gatal daan badan yang remuk redam membahana merasuk kalbu. Alhamdulillah alaa kulli haal. Semoga menjadi penggugur dosa yang menggunung itu. Aamiin.

Saturday, October 15, 2016

Crepes



Assalamu’alaikum manteman ^^

Hari ini kembali menggalau karena e karena yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Apakah itu? SMS banking huahahaha... yasudahlah, simpen aja dulu dompet kosongnya, kita bikin apa yang ada di rumah aja huhuuu. Alhamdulillahi alaa kulli haal. Allah masih mencukupkan!

Thursday, October 13, 2016

Caisim Siram Tumis Tahu



Assalamu’alaikum...

Quick post ya mantemaaan... ngantuk berat, cuaca adem dan angin sepoi-sepoi bikin mata tambah sepet dan hayati lelah ingin segera tepar. Tapi posting resep sebentar deh.

Kemarin bikin masakan ini buat makan siang. Kebetulan punya  caisim dikasih sama seorang teman yang lagi seneng-senengnya berhidroponik di rumahnya. Heu saya mupeng pengen punya yang begituan. Kalo liat di instagramnya, betah deh ngeliatinnya. Kebayang kan kalo pengen makan sayur segar tinggal metik aja. Lets bikin proposal ke pak ayah!

Wednesday, October 12, 2016

Seblak - Baso Pete



Assalamu’alaikum...

Bongkar-bongkar file, eh nemu foto seblak yang belum pernah dipublish di media manapun *halah halaaah*. Entah kenapa rada enggak sreg dengan styling si seblak, maklum kalo gak salah motret ini tu pas bulan puasa kemarin deh, bawaan laper mungkin ya hauhaha...

Tuesday, October 11, 2016

Waffle



Assalamu’alaikum manteman...

Uhmm.. Tadinya saya udah ngetype panjaaang lebar tentang sesuatu yang enggak enak banget buat saya, bikin kepala saya sakit, kening berkerut dan enggak berhenti beristighfar. Dan tau gak manteman, ketika saya tuliskan, beban di kepala jadi agak enteng. Tapi trus saya pencet tombol backspace dan kemudian mengurungkan niat untuk mempostingnya di sini. Di tempat yang satunya aja kali ya buu postingnya huehehe. Curcol enggak penting, tapi penting banget buat saya biar lega.

Baiklah, alih-alih kepala si saya tambah pening, kita ngomongin resep aja kali ya huhuuu... Maafkan kekacauan di atas. Saya sih emang sukanya ngelantur. Abaikan. Shoo shooooo pikiran enggak enak di kepala. Fokus.

Sunday, October 09, 2016

Baso Bakar Saus Barbeque



Assalamu’alaikum...

Kemarin lumayan hectic. Namapun wiraswasta ya bu, jadi no weekend for us, sabtu minggu ya tetap sibuk. Halaaah sibuk apa siiih... Banyaaak. Masak, bikin kue pesenan, mandorin pak ayah ngebenerin kandang ayam, beberes halaman belakang, nyuci berember-ember sampe ke pasar belanja buat kebutuhan dapur. Sudah terlihat cukup sibuk kah? *ditimpuk pancake*

Tuesday, October 04, 2016

Pastry Things



Assalamu’alaikum...

Pagi ini subhanallah, dingiiin banget, setelah sejak kemarin sore hujan sampe malem dan menjelang subuh tampaknya masih gerimis aja, dan yang bisa dipastikan, mager pun melanda. Alhamdulillah pak ayah udah masak nasi semalem – lalu merasa kebanyakan piknik hiks – jadi gak pusing mikirin sarapan. Nah si kakak kan bekalnya dobel yah, nasi sama cemilan gitu. Cemilannya buat istirahat pertama, nasinya buat istirahat kedua. Masalah nasi sih udah beres, tinggal nyeplok telor hahaha... nah cemilannya ini loh.

Monday, October 03, 2016

Banana Cake



Assalamu’alaikum manteman, selamat paaagi!

Mumpung kerjaan udah ‘sedikit’ beres, PR motret juga sudah selesai dan next PR masih on the way *halah halaah*, jadi ngeblog aja dulu yaa. Btw, kemarin Kiki bawa kabar gembira, katanya eh katanya bulan depan bakal ada sesuwatu di Banjarmasin yang selama 13 purnama kita  rencanain tapi masih pending aja. MasyaaAllah, can’t wait. Mudah-mudahan berjalan sesuai harap, allahumma aamiin.

Sunday, October 02, 2016

Pancake



Assalamu’alaikum...

Mumpung bocah tidur, ngeblog sebentar yes. Kalo pagi, suka bingung gak sih mau bikin apa buat sarapan dan bekal bocah? Saya iya. Suka lemot kalo pagi. Ujung-ujungnya beli nasi kuning atau rebus indomi huahaha. Nah, kalo pas lagi ‘konek’ saya suka bebikinan juga kok. Kadang roti yang dibikin semalem, saya bikin french toast. Atau kalo pas tepung banyak dan lumayan ada waktu, bikin pancake atau waffle juga oke.

Sup Kepala Ikan Tenggiri



Assalamu’alaikum...

Jadi kan yaa pastikan ketika kamu buka Instagram itu urusan dapur sudah selesai – dalam artian masak dan beberes. Karena eh karena, yang niatnya Cuma pengen buka komen atau siapa yang ngelike foto kita, keterusan lah jadi buka-buka video story lalu postingan terbaru lalu foto-foto cetar yang diupload untuk tema hari ini lalu gatel pen motret juga, ngedit lalu duduk seharian ngedit dan upload juga akhirnya. Dan. Pekerjaan dapur terlupakan begitu saja.

Eh itu mah saya aja kali ya.

Saturday, October 01, 2016

Carang Gesing



Jadi begini. Terkadang peristiwa-peristiwa menyebalkan terjadi dibuat hanya untuk melihat sejauh mana kemampuan kita berkaca, bahwa sesungguhnya apa yang menimpa hanyalah refleksi dari apa-apa yang kita tuai di masa lalu.
Mungkin begitu. Menurutku.

Bagaimana menurutmu?
***

Assalamu’alaikum manteman semuaa...
Afwaaan baru posting sekarang. Wis lah ya gak usah pake acara berkeluh kesah ini itu ana ono segala macem. Bukankah nikmatnya hidup baru bisa dirasakan saat badai dan ujian mereda dan bikin kita berfikir “Ah, Allah masih sayang sama aku, makanya sampai sekarang masih diuji saja...” Betul tidak?

Friday, August 19, 2016

Risoles Sayuran



Assalamu’alaikum ^^

Pa kabar mantemaaan? Maaf yaa baru ngeblog lagi. Seminggu kemarin komputer di rumah ngadat, gak bisa diidupin aja gitu. Seminggu juga rempong ngedit foto mesti ke komputer pak ayah dan rasanya gimanaa gitu, segala macem logo dan font dan bookmarks si saya ada di komputer yang rusak, jadi lah rasa canggung pake komputer pak ayah. Tapi alhamdulillah sekarang udah bisa dipake lagi.

Wednesday, August 10, 2016

Wedang Ronde



Assalamu’alaikum ^^

Apa kabar manteman? Semoga selalu dalam keadan sehat dan kelimpahan berkah dari Allah yaa allahumma aamiin...

Monday, August 08, 2016

Muffin Tape Keju



Assalamu’alaikum...

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allâh yang telah dianugerahkan kepada kalian.”

Sunday, August 07, 2016

Sedikit Tentang Gaza



Assalamu’alaikum...

Ya, satu bulan terakhir benar-benar penuh dengan banyak hal yang menguras, benar-benar 
menguras tenaga, pikiran, materi, namun alhamdulillah, tidak dengan air mata :’) Kondisi Gaza yang memang gak seperti orang sakit, sedikit banyak menyuntikkan rasa lega dan buncah harapan yang semakin membubung di setiap harinya. Ya, saya dan pak ayah sedikit demi sedikit memunguti dan mengantongi kata ikhlas, mengunyah dan menelan suap demi suap kata pasrah. Hanya kepadaNya tempat sebaik-baik meminta pertolongan, bukan?

Eggless Pandan Roll Bread



Assalamu’alaikum ^^

Pa kabar mantemaaan? Semoga semua dalam keadaan baik-baik saja dan sehat yaaa... aamiin. Qodarullah si saya sedang flu berat, kepala berat, idung panas, sentrup sentrup nyam nyam *opojal*. Heuuu alhamdulillah alaa kulli haal.

Tuesday, August 02, 2016

Pisang Gapit dan Cerita Kemarin



Assalamu’alaikum...

Sudah bulan Agustus saja ya manteman, dan sepertinya sudah pada sumringah karena dompet yang kembali menebal, hihi, alhamdulillah ^^ Kalo kata temen saya “Udah Agustus aja ya, padahal gaji 2 bulan yang lalu belum abis loh...!”

Sudah berapa hari gak ngeblog yaa. Seminggu terakhir kepala begitu penuh, hati pun demikian. Beratnya hampir tak tertahan kalau saja tidak ada sajadah untuk bersimpuh dan mengadu. Alhamdulillah ‘ala kulli hal. Sepertinya memang sedang sedikit dicoba setebal apa lapisan iman dan sabar saya dan pak ayah.

Thursday, July 21, 2016

Banana Cake Lagi



Assalamu’alaikum ^^

Seperti kata Kiki , punya pisang banyak yang kelewat mateng itu blessing in disguise *halah. Bahkan kadang saya suka beli pisang yang mateng banget lho (bedakan antara mateng banget sama hampir busuk yes --- penting nih hahaha), di samping dia pasti lebih manis, bisa langsung konsumsi, daaan harganya pun jauh lebiiih murah! Jangan tanya reaksi bocah kalo tau mamanya pulang dari pasar bawa pisang satu plastik penuh! Heboh dan senengnya melebihi reaksi nemu pokemon dan pikachu deh *plak!

Wednesday, July 20, 2016

Nasi Kuning Ayam-Intalu Masak Habang



Assalamu’alaikum...

Apa kabar manteman? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja yaa.

Beberapa hari kemarin mau ngeblog kehalang oleh sakit kepala yang sangat yang entah kenapa enggak reda-reda, qodarullah beberapa kali minum obat juga gak kunjung reda juga. Akhirnya pasrah rebahan saja di kasur, kalo dipaksa bangun, sakitnya subhanallah... Curiga itu efek sampingnya terapi bawang putih lanang yang sudah seminggu terakhir ini kami konsumsi. Ya, saya dan pak ayah mulai mengkonsumsi si smoothie dengan rasa getir ini, sehari 1-2 kali, 1 sendok makan.

Sunday, July 17, 2016

Tahu Crispy Cabe Ijo



Assalamu’alaikum...

Kapan hari saya kembali menyortir teman di IG. Beberapa kali menemukan foto-foto gak penting di timeline bikin saya gerah. Nah, dari sekian puluh yang saat itu saya unfollow, satu di antaranya DM saya bok, nanya kenapa saya unfollow dia. Beberapa detik pertama saya bingung, kenapa dia bisa tau saya unfol ya? Dia bilang, kenapa saya unfol, kenapa saya memutuskan silaturahmi, padahal pernah ketemu sekali saja di acara meet up member sebuah komunitas setahunan yang lalu, padahal ini itu endesbre endesbri.

Kalau beberapa detik pertama saya bingung kenapa si mbaknya ini bisa tahu saya unfol, beberapa detik berikutnya saya bingung dengan kalimat “memutus silaturahmi”. Padahal sepanjang kami berteman di IG hampir gak pernah tuh dia like atau komen di postingan saya, trus gak pernah say hello juga kalo ada even apa gitu, saya apalagi ya, gak pernah komen di tempat dia, selain karena suka ketutupan postingan temen yang lain, postingan dia masuk dalam kategori YGD. Yah sudahlah mantap kaan unfol. Eh tetiba dia tanya kenapa saya unfol dan memutus silaturahmi, menurut nganaaaaa?

Wednesday, July 13, 2016

Roti Pisang



Assalamu’alaikum...

Apa kabar manteman? Semoga selalu sehat yaa. Cuaca kemarin panasnya cetar, hari ini mendung manja aja dong. Agak meriang, masuk angin kali ya. Ah, gak keren bingit, masuk angin wekekeke... Masih setia onlen di depan PC, kalo kata Kiki dan Ka Echi, berasa balik lagi ke jaman baheula gak sih, onlen di depan PC pake YM. Aaaarghhh... Heeey ngece ya kalian!!! Hahahaha... Android baru, come to mama plissssss -_-“

Saturday, July 09, 2016

Bihun Goreng Ayam



Assalamu’alaikum..

Ada yang bosen sama hidangan lebaran nih, “maaa kok soto lagi siiiih?!”

Hus! Mama kan lagi berkangen-kangenan sama soto naaak, kapan lagi coba makan soto nambah-nambah tanpa disuruh bayar dobel? Hueheuhehehe... Dan Pemirsa, setelah membully ceker dan sayap ayam kampung sampe empuk dan endes banget buat dikunyah karena perjuangan manasin berkali-kali kuah soto di panci, habis juga loh akhirnya hahaha... Kapan lagi yaa bikin soto? Yes, i do love soto kakaaak.

Friday, July 08, 2016

Perkedel Kentang


Assalamu’alaikum ^^

Baiklah, sesuai janji saya, hari ini mau posting resep perkedel kentang.

Perkedel di dalam soto buat saya salah satu penentu enak tidaknya si soto. Bener loh, saya gak becanda. Kalo beli soto di warung langganan, saya suka minta tambahin perkedelnya, kalo perlu bayar dobel buat perkedelnya saja. Makannya pake kuah soto saja, maa syaa Allah, juara!

Thursday, July 07, 2016

Tentang Soto Banjar dan Jumanji



Assalamu’alaikum...

Baiklah, soto Banjar ^^

Pertama kali menyicipi soto Banjar asli – catat ya, ASLI, yang definisinya adalah soto Banjar asli yang saya makan di Banjarmasin yang dibuat oleh orang Banjarmasin asli – adalah saat saya duduk di kelas 2 SMP saat saya bersama seorang sepupu liburan ke Banjarmasin, sekaligus membuat kacamata untuk saya yang pertama kalinya – sekaligus pertama kali nonton di bioskop, masih bersama si sepupu saya. Film yang paling happening saat itu, film keren pada zamannya. Jumanji. Wakakaka...

Wednesday, July 06, 2016

Akhir Awal Syawal 1437 H



Assalamu’alaikum...


1 Syawal hampir berlalu. Ya, ada yang datang, seperti ada yang pergi, dan itu niscaya. Aku sudah mulai membiasakan diriku menerima hal ini. Tidak dulu tidak sekarang, perpisahan acapkali jadi sesuatu yang paling kutakuti. Ya, aku benci ditinggal.

Ini lebaran ketiga tanpa mama. Aku mengolah soto banjar bukan hanya karena ingin merayakan hari ini, tapi juga aku dengan egoisnya ingin berendezvous dengan kenangan bersama mama. Ya, mulai dari membuat bumbu, mengiris bawang merah, membuat perkedel, membuat kaldu, sampai sambel yang resepnya tidak pernah kucatat namun rasanya melekat kuat di bawah lidahku, kemudian kuolah kembali menjadi semirip mungkin dengan milik mama, dan masih saja tanpa resep pasti ^^

Seperti halnya soto banjar, aku membuatnya dengan pola dan tone rasa yang begitu identik seperti milik mama, tanpa catatan resep apapun, bergantung pada benang ingatan yang menjuntai di kepala, dan aku berhasil membuatnya. Dan itu cukup menyenangkan ;)

Jadi, sekali lagi, selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. 
Tidak hari ini, tidak kemarin, tidak besok. 
Aku akan selalu berbuat salah, 
dan aku akan selalu mencoba meminta maaf kepadamu. 
Semoga kau memaafkanku ^^

Idul Fitri 1437H ^^



Jadi, selamat hari raya ^^


Saturday, July 02, 2016

Putri Salju

Assalamu’alaikum manteman...

Sudah malam tanggal 28 Ramadhan saja ya L

Kue Semprit Dahlia


Assalamu'alaikum...

Tahukah kau apa sejatinya kemenangan – menurut pendapatku tentu saja.

Melihat diriku di masa lalu tepat di depan mataku, berusaha melakukan apa-apa (yang kupikir bisa melakukannya sebaik mamaku) – termasuk membantunya membuat kue lebaran.

Melihat diriku sendiri menjadi mamaku di masa lalu, berusaha menjaga agar semua berjalan sebagaimana mestinya dengan sedikit mungkin mengomel – dengan dapur berantakan dan cucian piring segunung.

Friday, July 01, 2016

Nila Masak Kecap



Assalamu’alaikum...

Seminggu terakhir Ramadhan ini terlalu lekat untuk diabaikan, 3 tahun yang lalu mendadak saya menjadi anak tanpa mama lagi, hal yang dengan sombongnya saya anggap jauh dan gak mungkin. Subhanallah. Ramadhan ketiga tanpa mama, tanpa celoteh ini itu mama, tanpa masakan mama.

Palm Ball Cookies



Assalamu’alaikum ^^

Gimana puasanya mantemaaan? Masih lancar jaya di tengah-tengah kesibukan bikin kue kering dan belanja buat lebaran? Alhamdulillaah... Secapek-capeknya, masih bisa kipas-kipas pake uang THR itu nampaknya cukup meredakan yak *kibas duit duaribuan*.

Sagu Keju


Assalamu’alaikum...

Jadi baiklah, dari kemarin bebikinan segala macem kuker lebaran, semangat bikin, tapi giliran motret malah mager, nulisnya apalagi -_-

Dimulai dari resep sagu keju dulu yaa manteman. Ini salah satu resep andalan saya kalo lebaran. Bikinnya gak terlalu repot, gak kayak nastar yang sejak awal saya sudah lambaikan bendera putih, nyerah! Gak telaten bebikinan yang rapi kayak gitu, yang ada malah berantakan dan gagal. Tapi entahlah kalo besok saya nemu nenas yang cantik *eeaaaa galau.

Saturday, June 18, 2016

Tentang Beberapa Tips dan Bumbu di Bulan Ramadhan



Assalamu’alaikum ^^

Bulan ramadhan tahun ini saya dan pak ayah memutuskan untuk enggak sama sekali berjualan takjil seperti yang tahun-tahun lalu kami lakukan. Haa saya jualan takjil? Haha iyaa. Emang kan tiap hari di selain bulan puasa si saya dan pak ayah jualan kue di depan rumah. Kadang ada pesenan juga. Pisang ijo dan puding jadi favorit kalau bulan Ramadhan, trus roti gambung serta donat juga jadi favorit di selain bulan Ramadhan. Tapi semakin ke sini, hidup terasa semakin berat rasanya kok makin refot ya dengan 3 anak yang semuanya pengen diperhatiin full oleh mamaknya, sementara tahun ini Jingga juga mulai sekolah, sepertinya bendera putih dulu deh untuk jualan.

Tahu Isi Sosis

Assalamu'alaikum ^^

Pakabar manteman? Semoga masih lancar puasanya, masih dikasih sehat sama Allah, masih bisa beraktifitas seperti biasanya, alhamdulillaaah. Yang sakit, semoga segera diangkat sakitnya, yang sedang sedih dan merasa sesak dengan ujian yang sedang mendera, yuk merapat lagi ke Sang Maha Penyayang, biarkan Allah yang mengurai, kita hanya perlu bertawakkal dan bertaqwa padaNya ^^

Thursday, June 16, 2016

Resep Mie Bayam Homemade dan Mie Ayam Bayam




Assalamu’alaikum ^^

Menjadi seorang ibu rumah tangga, buat saya, benar-benar anugerah yang enggak bisa saya sangkal, Allah memang sebaik-baik pengatur peran umatNya. Bagaimana tidak, saya yang (lagi-lagi) introvert gak pandai bergauk seperti teman-teman saya di luar sana, kalau sedang berkumpul atau hang out, pasti bakalan duduk di pojok sendiri sembari memasang telinga mendengarkan yang lain berbicara, kalau ada yang lucu ikut ketawa, kalau gak ngerti bahasa mereka, yah akhirnya gak punya pilihan lain, diam saja – sambil chatting di whatsapp dengan emak arisan yak maaak hehehe...

Tuesday, June 14, 2016

Bingka Kentang

Assalamu’alaikum ^^

“Tau gak sih kata mama gak boleh menggambar makhluk hidup?!”
“Taauuu... tapi kan Jingga gak pinter gambar rumaaaah...”
“Ya sudah, gambar pohon aja!”
“Tapi Jingga pengennya gambar rumah!”
“Ya sudah gambar rumah aja, jangan gambar orang!”
“Tapi gimana kalo gak bisa gambar rumah?!”

#%&%*^(&)_

Mumet gak sih yang denger? Atau seperti ini :

“Keisha, kata mama tuh gak boleh baca buku cerita prinses!” (Keisha itu sepupu bocah)
“Kenapa emang Luna?”
“Karena prinses itu dongeng”
“Dongeng itu apa?”
“Dongeng itu kata bu guru cerita yang tidak benar-benar terjadi!”
“Ini tuh prinses, bukan dongeng!”
“Prinses itu bohongan, sama seperti dongeng, jadi gak boleh!”
“Aku kan baca prinses, bukan dongeng!”

@!$#&&)_&^&%

Monday, June 13, 2016

Puding Roti Pandan



Assalamu’alaikum ^^

Memiliki stok jus daun suji di kulkas itu jadi seperti dikejar detlen untuk segera menggunakannya serta menghabiskannya dalam waktu tidak terlalu lama ya. Bagaimana tidak, jus daun suji ini gak pake pengawet dan fresh sekali, hanya menggunakan air matang saja, gak pake air panas mendidih apalagi dimasak. Jadi ya kalau bisa memang harus sesegera mungkin didayagunakan. Bisa saja sih untuk penyimpanan lebih lama, bungkus di plastik-plastik kecil seukuran ¼ kg gula itu atau sekali pakai lalu disimpan di freezer,  kalau mau digunakan besok, malamnya sudah dithawing biar keesokan paginya bisa digunakan. Tapi yah namapun saya yah, males dan moody itu sepertinya nama tengah saya yang ke-13 hehehe.

Tentang Puding Lumut dan Daun Suji



Assalamu’alaikum manteman....

Gimana puasanya sampai hari ini? Masih lancar yaaa, masih sehat dan dikasih kemudahan sama Allah untuk menunaikan puasa sampai maghrib setiap harinya. Insyaa Allah berkah, allahumma aamin.

Jadi seminggu kemarin lagi hits banget si puding lumut ini. Awalnya sih gak pengen ikutan bikin, karena melihat ingredientsnya begitu sederhana dan ternyata saya puny stok jus daun suji dan pandan, akhirnya ikutan latah. Lumayan nambahin stok foto huehuhehehe... Masalah rasa, msaya masih jauh lebih suka rasa puding gula merah jadul yang pernah saya share resepnya, hampir sama dengan puding lumut ya bentuknya, hanya beda di bahan pewarna dan warnanya sendiri, yang satu hijau, yang satunya cokelat.

Friday, June 10, 2016

Nasi Bakar



Assalamu’alaikum...

Beberapa waktu yang lalu seorang teman bertanya pada saya (dengan emo heran karena ini adalah percakapan di sebuah grup whatsapp) tentang ketiadaan televisi di rumah kami. “Serius mbak Puji gak punya tipi atau saluran tipi di rumah?” begitu tanyanya.

Yup, seperti yang pernah saya ceritakan, di rumah kami sudah lama sekali gak ada suara televisi. Sudah sekitar 4  tahunan lebih deh.  Awalnya karena memang saluran yang ada itu udah hampir semua gak ketonton. Paling sering ya kalo gak kartun channel, ya asian food channel. Selebihnya, gak mutu blass. Gak usah diceritain lah ya gimana mutu sinetron-sinetron jaman sekarang, saya mah mendingan gak nonton sekalian daripada harus ngeliat anak kecil dikasih peran antagonis yang dengan sombongnya melecehkan temannya yang miskin atau pengemis di jalanan atau akting bences yang sok lucu, apalagi acara-acara semisal dahsyat yang gak pake acara malu sedikitpun mengumbar aurat hanya beberapa sentimeter saja di depan audience. Big no no way.

Thursday, June 09, 2016

Baked Spagetti



Assalamu’alaikum ^^

Mumpung baru selesai sahur, boleh deh ngeblog sebentar ya kakak. Kali ini pengen cerita sedikit perihal mundurnya saya dari jagat perfesbukan *halah. Yaa, udah hampir 2 bulan ini hidup tanpa fesbuk, dan sudah hampir 2 bulan ini kepala sedikit plong dari jejalan cerita dan pro kontra yang gak kelar-kelar dari jaman kapan tau. Iya, kepala saya mendadak penuh kalau buka timeline fesbuk. Penuh dengan link hidup yang memaksa saya membukanya, penuh dengan sarkas tentang hidupnya entah siapa, penuh dengan euforia tentang gosipnya si anu yang sedang itu, aaah sekali lagi, fesbuk penuh dengan hal yang gak kelar-kelar, layaknya hidup, as a paradox yes.

Wednesday, June 08, 2016

Bread Pudding



Assalamu’alaikum ^^

Memasuki Ramadhan hari ketiga, alhamdulillah lancar yaa manteman ^^ aamiin...

Beberapa hari ke depan selama satu bulan ini, bakal banyak yaa undangan bukber dari teman-teman dan handai taulan. Bakal rame seliweran foto-foto reuni sembari bukber. Percaya atau tidak, sudah lama sekali saya gak ikut acara-acara serupa. Tidak hanya bukber, tapi juga reuni. Entahlah, buat saya reuni semacam itu gak ubahnya dengan gak bisa move on hahaha. Plis jangan hakimi aku kakak.

Monday, June 06, 2016

Brownies Hari Ini!



Assalamu’alaikum manteman...

Alhamdulillah yah, hari pertama puasa Ramadhan sudah terlewati. Tinggal 29 hari lagi yes... walaupun belum bisa ikutan berpuasa, setidaknya menyiapkan menu berbuka dan sahur itu kalo kata Ustadz pake bismillah dan hati menggumam dzikir, insyaaAllah dihitung pahala yang luar biasa juga. Maa syaa Allah ^^

Sunday, June 05, 2016

Gangan Asam Patin

Assalamu'alaikum ^^

Jadi, ternyata begitu banyak hal yang berbeda di luar sana. Saya seperti ini dengan pilihan-pilihan yang saya buat, kamu dengan pilihan yang kamu buat, dia dengan pilihan yang dia buat. Tentu saja, beda kepala yang membuat berbeda pula isinya, dan hey, kita gak bisa membuatnya menjadi sesama milikmu. Saya selalu yakin, di balik pilihan-pilihan tadi, ada banyak sekali alasan-alasan yang cukup kuat, dan terkadang banyak hal yang tidak bisa kita pahami begitu saja lho dengan hanya mendengar atau melihat sebagai ‘orang luar’. Mudah aja sih menunjuk dan membuat sebuah justifikasi, nikmat sekali malah yes, namapun gosip bok *tunjuk diri sendiri*. Terlihat salah di mata kita belum tentu sesalah itu kalau dilihat dari sudut pandang orang lain. Dan terlihat benar pun ternyata tidak sebenar itu, bukan? Kecuali ketika pilihan itu dibuat tanpa alasan yang jelas, yaah mungkin karena gak tau aja kali ya ada pilihan lain yang lebih bagus. Itupun gak lantas bikin kita berhak membuat stempel  LOSER di jidatnya kan yaaa? Daaan yang pasti, apapun yang menjadi pilihan orang lain, kita bukanlah penanggung jawabnya. Betul?  Lagian, hell yeah, life is a paradox^^.

Friday, June 03, 2016

Gangan Nangka Besahang

Assalamu’alaikum...

Kapan hari kemarin, tetiba rinduuuu banget sama mama. Ya, menjelang Ramadhan memang gak bisa enggak, membawa kembali memori 2 tahun yang lalu saat mama sakit parah di ICU dengan seperangkat peralatan ventilator yang buat saya seumur-umur baru liat saat itu, dan dipasangkan ke tubuh mama juga. Pas banget juga momennya Ramadhan, keinget lagi puasa-puasa di depan ruang tunggu ICU, buka puasa bareng kakak-kakak di ruangan itu, tentunya dengan banyak pasang mata menatap iba dan trenyuh pada kami. Bergantian satu per satu menemani mama dengan Quran di tangan dan sejuta harap dan doa agar mama cepat membuka mata dan melihat kami yang sudah sangat kangeeeen sekali sama beliau. Dengan banyaaak sekali cerita yang buat saya memang aneh saya ceritain pelan tepat di telinga mama, tentang si anu yang lagi ini, tentang bu anu yang bikin soto tapi gak seenak masakan mama, tentang  bu itu yang kalo ketemu nanyain keadaan mama, tapiii sama sekali tanpa feedback apapun dari mama. Sedih, pasti, tapi saat itu saya mengenyahkan segala macam pikiran yang bikin down. Saya tetap berbisik-bisik di telinga mama gak peduli mama dengar atau tidak. Saya tetap membacakan ayat-ayat suci sembari menggenggam jemari mama dengan harapan membuncah Allah menyembuhkan mama.

Tumis Tahu dan Tuna



Assalamu’alaikum ^^

Apa kabar manteman? Pagi saya kali ini agak sendu-sendu gimanaa gitu. Berita lelayu datang dari tetangga dekat. Sekali lagi, jemputan Allah itu tidak akan pernah bisa diduga datangnya, yah. Sesaat tercekat, kaget, akhirnya benak digelayuti tanya, seperti apakah kelak keadaan saya ketika malaikat maut menjemput? Seperti apakah kelak safar panjang saya yang berikutnya? Seperti apakah kelak saya mempertanggungjawabkan apa-apa yang  saya miliki dan lakukan?

Baiklah, sekarang cerita resep aja yah, hehe... Nah, berita duka tadi efeknya berlanjut sampai agak siang, si saya jadi gak bernafsu belanja atau berfikir mau masak apa. Gak ada stok sayur. Tengok kulkas, hanya ada tahu satu bungkus. “Mamaaa, apeeeew...” rengek Gaza sambil ngelus perut endutnya. Ah, laper ya nak? Wekekeke, baiklah, kita olah yang ada saja yes. Kebetulan beberapa hari yang lalu sempat beli tuna kalengan, rencananya mau diolah bersama dengan spageti. Apa daya, spageti masih terselip manis di dalam laci dapur, sementara mood mengolahnya terbang entah kemana.

Tuesday, May 31, 2016

Muffin Pisang Isi Madu Mongso



Assalamu’alaikum ^^

Aaah maa syaa Allah kapan terkahir posting? Baiklah, gak usah diinget-inget, yang penting sekarang bisa duduk dengan tenang di depan komputer tanpa ada warning dari mbak-mbak Telk*m Spe*dy yang dengan setia mengingatkan untuk segera melakukan pembayaran kalo gak bakal gimana gimana apalah apalah. Alhamdulillahilladzi bini'matihi tatimmushshalihaat...^^

Sunday, May 08, 2016

Bumbu Bawang Putih



Assalamu’alaikum ^^

Apa kabar manteman? Ah, jangan tanya saya kemana aja kemarin-kemarin gak posting apapun ya. Masak tiap hari, motret juga tiap hari, nyatanya gak bikin saya jadi lebih rajin ngeblog heu... Apalagi manteman udah pada bikin akun steller yang mana hape saya gak compatible alias gak support aliaaaas jadul berat. Yasudahlah, jadi penikmat saja dulu.

Monday, May 02, 2016

(Masih) Tentang Kematian

Tahukah kau, apa-apa yang ada ini seumpama pinjaman, yang sewaktu-waktu harus diserahkan kembali kepada Pemiliknya?

Sekali tempo berkunjunglah ke dalam labirin kenangan, hanya untuk menekuri di kemudian hari kita pun akan menjadi kenangan.

Maka sempurnakanlah kenangan itu dengan mengingat kematian.
Lalu genapkan dengan amal kebaikan.

Seumpama kau menjadi rindu karenanya, maka obati dengan dzikir dan amalan.

Yakinlah, kita hanya menunggu giliran ☺.

Friday, April 29, 2016

Masih Rindu



Mengecup setiap jengkalnya kenangan. 
Menghirup setiap hembus cerita dari setiap lubang teko. 

Menyentuh sela-selanya dengan damba yang teramat. 
Berbisik kelu pada desah angin tentang cerita lalu.

Ah, masih saja paru-paruku sesak oleh rindu, seperti debu 
yang menempel di relung kalbu.

Akankah kelak rindu menjelma temu?


Tuesday, April 26, 2016

Ceker Ayam Goreng Mentega



Assalamu’alaikum...

Sepertinya emang waktu paling pas untuk ngeblog – untuk saat ini – adalah sore hari yes. Di mana bocah udah pada bangun tidur dan main di halaman, di mana tumpukan piring kotor belum dicuci dan lantai belum disapu, jadi mari ngopi sambil ngeblog.

Monday, April 25, 2016

Pempek Dos, Pempek Tanpa Ikan Tenggiri



Assalamu’alaikum...

Sebelum posting resep, mau cerita bentar yah. Kemarin itu saya sebut sebagai hari baper sedunia. Kenapa? Si akun UK ituuuh bikin tema tentang ayah cobak. Gimana saya gak baper? Belum-belum udah kabur aja mata motret yang berhubungan sama ayah aka abah kalo saya panggil yah. Ngeluarin kacamata beliau yang masih utuh dan saya sengaja simpen berikut wadahnya, ngebuka-buka halaman buku milik abah yang tebelnya ngalah-ngalahin KBBI. Ah, kalian, bisaaa aja yah bikin saya cengeng seharian. Fotonya mana kak? Di IG saya lah yes :p

Sunday, April 24, 2016

Churros



Assalamu’alaikum mantemaan...

Hujan deraaas, maasyaaAllah, semoga menjadi hujan yang manfaat dan berkah yaa, allahumma aamiin.

Ngeblog bentar boleh ya kakaaak. Beberapa wktu yang lalu, grup mamak rempong tersayangku heboh bebikinan churros, hasil nyontek dari grup mbakyu Farida yang baik hati dan suka menabung. Mbaaak, ini churrosmu jadi favorit loh. Setelah bikin ini, saya bikin lagi dan lagi buat bocah. Gak pake nunggu sampe adem, hangat-hangat langsung ludes gak bersisa. Jazaakillah khairan mbak sayaaang.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...