Thursday, January 28, 2016

Infused Water




عَنْ عَامِرٍ قَالَ سَمِعْتُ النُّعْمَانَ بْنَ بَشِيرٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا مُشَبَّهَاتٌ لَا يَعْلَمُهَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ فَمَنْ اتَّقَى الْمُشَبَّهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ كَرَاعٍ يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَهُ أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلَا إِنَّ حِمَى اللَّهِ فِي أَرْضِهِ مَحَارِمُهُ أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ (اللفظ لالبخاري)


Artinya:
Dari ‘Amir dari Abdullah bin Nu’man bin Basyir r.a. beliau berkata:” Saya mendengar Rasulallah bersabda,” sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang subhat (samara-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap subhat berarti dia telah menyelamatkan agamanya dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara subhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembala hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati. (HR al-Bukhari dan Muslim -redaksi lafazh dari al-Bukhari-)

Wednesday, January 27, 2016

Cerita Teman Lama dan Resep Puding Gula Merah



Assalamu’alaikum J

Alhamdulillah sudah Rabu ajaaa, artinya 3 hari lagi weekeeeend… - abaikan :p

Senin sore seorang teman lama mampir ke rumah, kebetulan pas banget saat itu saya lagi riweuh nyiapin makanan buat bukaan puasa si ayah. Si kakak tergopoh-gopoh memanggil mamanya dengan teriakan lantang “Mamaaaa ada temen mama tuuuuh nungguin di tokooooo!”

Tuesday, January 26, 2016

Tempe Saus Tiram



Assalamu’alaikum J

Selamat pagiiii, Selasa lagi ya manteman, semoga semua dalam keadaan sehat, yang sakit juga disegerakan kesembuhannya, dan sedang dalam kesempitan segera dipertemukan jalan keluarnya oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Allahumma aamiin.

Sunday, January 24, 2016

Bubur Ayam Gampang



Assalamu’alaikum…

Hari Mingguuuu, enak banget deh cuacanya, bisa gegoleran sama bocah sebelum ngibrit ke dapur, tanpa perlu ribet mikir hari ini si kakak sarapan apa sebelum sekolah, nyiapin baju seragamnya sampe nyiapin bekalnya. Aaah gapapa yah me time sebentar di kasur sama Gaza yang selalu setia nempel di ketek :D

Saturday, January 23, 2016

Kaldu Ayam Gampang



Assalamu’alaikum teman-temaan…

Jadi kan ya masih ada stok ayam kampung di kulkas. Dan jadi kan yaa si saya sedang males ke luar rumah, secara ya kak ke luar rumah itu godaan banget kalo bawa-bawa bocah, ada yang tetiba haus lah, ada yang tetiba laper dan kepingin mampir beli eskrim lah, ada yang tetiba ngidam mie ayam lah – eh itu mah saya yah ahahaha…

Kering Tempe



Assalamu’alaikum teman-teman J

Memasuki tanggal tua, artinya memasuki masa-masa penuh tantangan bagi seorang emak seperti saya. Dadah-dadah ke ayam dan daging, say hello to tempe, tahu dan sebangsa setanah airnya. Paceklik tak terhindarkan sedangkan perut tak berhenti menuntut haknya. Sudahlah hentikan lagu lama ini kak *sodorin ember ke pemirsa*.

Wednesday, January 20, 2016

Cookblog Challenge : Mie - Tahu Buncis Bumbu Kuning



Assalamu’alaikum J

Tantangan IDFB kali ini sungguh warbiyasak. Temanya LEFTOVER kakaaak... Bah, bukan karena gak biasa masak hidangan leftover sih, tapiii menyajikannya biar fotogenik kalo dipoto itu looooh PR banget huhu.... Nah, bicara tentang hidangan leftover, biasanya para emak juaranya, ya hahaha… Bener kan? Memanfaatkan sisa makanan sebelumnya untuk kemudian diolah lagi jadi hidangan baru, serahkan pada ahlinya. Ingatan saya terlempar pada mendiang mama. Kadang kalau saya buka kulkas, adaa saja bahan makanan sisa yang mama simpan di sana. Ikan goreng yang gak habis buat makan siang, mama masukin kulkas buat besok dimasak kecap, dan itu lezzaaaaaat banget! Ayam goreng sisa, disimpan kulkas untuk 2 hari kemudian disuwir dan dimasak pedas, aaaaah nasi sepiring gak cukup! Atau sambel tomat yang gak laku tadi malam, disimpan di kulkas untuk kemudian dijadiin campuran bumbu bikin nasi goreng pedas atau orek tempe tahu. Tempe goreng bersisa? Serahkan saja ke mama, diolah lagi jadi sambal goreng tempe pedas, dengan sentuhan kaya bumbu serta taburan pete dan buncis di dalamnya, oh la la, rupanya itu yang bikin abah jatuh cinta setiap harinya pada mama, lagi dan lagi!

Tuesday, January 19, 2016

Cerita Tentang Sop Ayam Kampung



Assalamu’alaikum…

Apa kabar teman-teman? Beberapa hari terakhir beberapa anak dari sahabat saya pada sakit, ada yang demam, ada yang sesak nafas, sampai typus dan demam berdarah… ah sedih rasanya mendengar berita ini. Kerasaaa banget gimana rasanya punya anak yang sedang sakit, rasanya rela kalau sakitnya disalin saja ke kita ya buibu. Tapi ternyata, berdoa demikian tidaklah dibenarkan dalam agama kita. Jadi, teman-teman, yang sabar yaa, semoga bocah cepat sembuh, ceria lagi, ngrecokin mamanya lagi, minta ini itu lagi, boleeeeh kooook *dilindes emaknya*

Monday, January 18, 2016

Perihal Adab dan Empati di Medsos



Assalamu’alaikum teman-teman J

Jadi beberapa hari terakhir ini sosmed penuh dengan berita yang kemudian berkembang menjadi meme (gak peting dan gak lucu) perihal bom di Sarinah ya. Hal ini bener-bener bikin saya – sekali lagi – berfikir untuk deactivated facebook, hiks… benar, sudah benar-benar terlalu riuh dan gak terkendali lagi. Capek hati lihatnya. Dulu pernah sekali, beberapa bulan, saya deactivated facebook. Tenang banget loh hidup saya saat itu hahahaha… Aktif kembali karena ada beberapa hal yang emang mesti adanya di facebook, ya semacam daftar lomba nulis atau apalah gitu. Kali ini, saya kembali berpikir ulang mengenai hal itu.

Saturday, January 16, 2016

Chocolate Cookies aka Kukis Cokelat



Assalamu’alaikum…

Jadi, tadi pagi anak wedhok bolak-balik buka kulkas. Ditanya ngapain, jawabannya ketus : Jingga laper, ma, gak ada biskuit kah? Haalaaaahhhh padahal baru setengah jam yang lalu sarapan nasi sepiring. Mau keluar bebelian, kok ya mataharinya unyu banget. Dan sebagai mamak yang selalu berpikir 10 langkah lebih maju alias gencar melakukan pengiritan demi terbelinya sebuah lensa, mari kita bikin kukis sendiri saja.

Friday, January 08, 2016

Cerita Tentang Best Silky Chocolate Pudding



Assalamu’alaikum teman-teman…

Postingan perdana di 2016 nih. Gimana liburannya kemarin? Semoga semuanya berjalan lancar yaa. Anak-anak sudah mulai sekolah lagi dan dimulai lagi lah keriwehan emak, mulai dari nyiapin sarapan sampai bekal dan cemilan. Tapi seneeeng banget ketika mereka dengan mata berbinar menikmati hasil masakan mamanya, aheyyy, padahal karena gak ada pilihan lain ya nak, ahahaha…

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...