Tuesday, January 19, 2016

Cerita Tentang Sop Ayam Kampung



Assalamu’alaikum…

Apa kabar teman-teman? Beberapa hari terakhir beberapa anak dari sahabat saya pada sakit, ada yang demam, ada yang sesak nafas, sampai typus dan demam berdarah… ah sedih rasanya mendengar berita ini. Kerasaaa banget gimana rasanya punya anak yang sedang sakit, rasanya rela kalau sakitnya disalin saja ke kita ya buibu. Tapi ternyata, berdoa demikian tidaklah dibenarkan dalam agama kita. Jadi, teman-teman, yang sabar yaa, semoga bocah cepat sembuh, ceria lagi, ngrecokin mamanya lagi, minta ini itu lagi, boleeeeh kooook *dilindes emaknya*

Ngomongin perihal bocah, saya mau cerita.  Kemarin, 2 dari 9 ekor ayam punya bocah di rumah disembelih, satu buat ngasih yang nyembelihin, satu buat kami. Ayamnya ayam Bangkok, kebayang yaa gedenya si ayam. Satu ekor aja beratnya mencapai 2,5 kg. Lumayan buat persediaan kaldu sebulan tuh. Jadi ayamnya saya bagi 4, perbagiannya saya plastikin dan masukin freezer, setelah sebelumnya saya cuci bersih dan lumuri jeruk nipis.

Biasanya kalau punya ayam kampung begini, cuma satu sih yang kebayang buat dibikin : SOP. Ahahaha, yang praktis aja ye bok, dan bocah pun doyan pake banget. Seperempat ayam bisa dapat  kaldu gurih asli ayam kampung sepanci, nikmaaaatttt. Ini saya pake resep mama. Penampilannya sih butek gitu ya, bawang gorengnya dimasukin semua ke rebusan sop soalnya. Tapi masakan berkuah dengan bumbu simpel dan kaya rempah yang lezaaat dan harum ini gak pernah kehilangan pesonanya, baik buat saya dan anak-anak. Suka deh sama aroma rempahnya, berpadu seimbang bersama rasa bawang putih, lada dan jahe yang hangat, dihirup saat udara dingin hujan-hujan seperti sore ini, aaah, langsung kabur jauh-jauh deh flu dan pening! Recommended deh buat yang lagi sakit :)



SOP AYAM KAMPUNG
(Resep dari mama)

¼ ekor ayam kampung (saya pakai bagian dada), cuci bersih, lumuri jeruk nipis, diamkan, bilas air.
8 siung bawang putih, iris tipis, goreng
8 siung bawang merah, iris tipis, goreng
2 buah kentang berukuran sedang, potong dadu
2 ruas jari jahe, geprek
3 cm kayu manis
5 buah cengkeh
2 buah bunga lawang
3 buah kapulaga (saya gak pake, gak punya stok)
Daun seledri
Daun bawang
2 liter air

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
1 sdt merica/lada
¼ buah pala

Rebus air sampai mendidih, masukkan ayam, kentang, jahe geprek, kayu manis, bunga lawang dan cengkeh, tutup panci, rebus sampai empuk dan kaldu sisa 1 ½ liter. Ambil ayam, tiriskan, suwir-suwir dagingnya.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan bumbu ke dalam air rebusan ayam, didihkan lagi.
Masukkan irisan daun seledri, daun bawang, bawang merah dan putih goreng, biarkan mendidih lagi 2 menit.
Sajikan hangat bersama nasi, suwiran ayam, perasan jeruk purut dan sambal. Kalau saya sih biasanya gak pake nasi, diseruput aja hangat-hangat.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat yaa :)


2 comments:

  1. Mbak, aku blm pernah masak pk bunga lawang. Soalnya ga pernah liat disini..hehe sk di skip. Bunga lawang itu bikin rasa apa ya mbak.. Liat rempah ini difoto cantik dehh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga lawang itu menyumbang aroma yang enak banget mbak Ine, sama seperti kapulaga dan kayu manis, kalo rasanya sih sepet gitu yah hihihi... kadang aku suka pake juga buat bikin soto, atau chai tea, aromanya itu looooh sedep banget :) makasi yaa sudah mampir :)

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...