Saturday, January 23, 2016

Kaldu Ayam Gampang



Assalamu’alaikum teman-temaan…

Jadi kan ya masih ada stok ayam kampung di kulkas. Dan jadi kan yaa si saya sedang males ke luar rumah, secara ya kak ke luar rumah itu godaan banget kalo bawa-bawa bocah, ada yang tetiba haus lah, ada yang tetiba laper dan kepingin mampir beli eskrim lah, ada yang tetiba ngidam mie ayam lah – eh itu mah saya yah ahahaha…

Bagaimana kalau kita bikin sop lagi? Bocah sih gak bosen kak, secara sepertinya hanya sop yang bikin mereka makan dengan lahap, walaupun hanya dengan lauk tempe mendoan atau kerupuk saja. Ayam goreng mah skip dulu ya kak, makleum lagi gak musim duit wakakaka… mulai deh ah curcolnya *dibekep beneran sama ayah*

Kali ini saya gak share resep sop, tapi kaldu ayamnya. Nah, saya sering banget nyetok kaldu ayam ini, biasanya buat campuran bebikinan mie kuah, bubur ayam, atau bakso kuah. Kalau dulu, biasanya buat bikin bubur tim bocah. Kalo sekarang mah udah enggak yes. Biasanya untuk mie kuah, beda lho rasanya kalau bikin pake kaldu gini, lebih guriiih dan kerasa ayamnya. Cobain deh, walo lagi gak punya stok ayam, kamu bisa berasa makan ayam kalo dikasih kaldu ini *halah*.



Kaldu Ayam Gampang

Paha ayam kampung beserta cekernya
1 buah bawang Bombay, bagi 4 atau iris tipis
7 siung bawang putih, geprek
2 ruas jari jahe, geprek
Seikat seledri, iris tipis atau simpul
Daun bawang secukupnya, iris atau simpul
Air secukupnya 

Didihkan air, masukkan semua bahan, kecilkan api, tutup panci, tinggal tidur, eh enggak ding, boleh sambil mandiin bocah, masak nasi, goreng tempe, atau sambil chatting di grup emak rempong juga bisa.
Setelah sekitar 2 jam, matikan api, biarkan sampai suhunya turun.
Saring, masukkan ke dalam wadah bersih, simpan di kulkas.
Sisanya bisa buat bikin sop kak, tinggal masukin kentang, wortel, dan ayamnya bisa disuwir.

Gampang kan bikinnya? Hanya butuh kesabaran dan sodorin bahu ke suami saja kalau kakak mulai bosan. Buat apa? Yaaa buat minta pijitin kaliiiik :p


Yowis cukup ocehan malam ini. Bocah sudah mulai merengek minta dibacain buku. Semoga bermanfaat ya teman-temaaan. Wassalamu’alaikum J


No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...