Saturday, March 19, 2016

Fluffy Pandan Pancake



Assalamu’alaikuuum...

Jadiii weekend nih mantemaaan. Ada yang pergi liburan bersama keluarga kah? Jalan-jalan ke mall atau taman bermain bersama anak-anak trus begitu perut kruyuk-kruyuk minta diisi mampir ke warung atau resto terdekat makan bebek goreng atau mie ayam atau soto banjar lengkap dengan sambel dan limau kuit? Atau di rumah saja seperti saya? Duduk di depan komputer dan berusaha abai dengan tebaran mainan dan kertas di lantai sekitar? Aaah kakaknyaaa, kenapa ujug-ujug jadi curcol sih?

Semalam anak wedhok yang saya ceritain di postingan sebelumnya – yang jaraaaang banget ikutan sakit kala sodaranya sakit, mendadak pendiam, minta pijitin kaki, mual sampai mau muntah dan mengeluh sakit kuping. Memang sih sejak kemarin-kemarin dia ada flu tapi gak mengurangi sama sekali keceriwisan dan selera makannya. Nah, ketika mendadak dia sunyi sepi dengan wajah cemberut saat disuapin lalu meringis pengen muntah dan menjerit saat telinganya disentuh, maka waspadalah, waspadalah, artinya anak ini ‘beneran’ sakit. Heuuu...


Langsung browsing dong, apa sih penyebab si sakit kuping ini. Ternyata memang sepertinya berawal dari flu dan batuknya itu yah, menjalar ke kupingnya, kemungkinan sih ada radang dari infeksinya. Hoaaahhh padahal sudah lumayan malam, gak mungkin banget ke dokter. Akhirnya lari ke apotik beli pereda nyeri untuk anak. Qodarullah, senyum itu kembali lagi pagi ini, alhamdulillah. Udah minta makan aja dooong, trus lari-larian kejar-kejaran sama adeknya dan riuh lagi. Legggaaaaaaaaaa banget rasanya.


Dan pagi ini, seperti biasanya, bikin pancake buat bekal si kakak dan sarapan orang rumah. Kenapa sih seneng banget sama pancake? Gampang bikinnya kakaaaak, gak boros minyak goreng seperti gorengan, gak boros gas seperti kalau baking dan gak boros waktu seperti kalo bikin roti. Yes, pancake menyelesaikan masalah perut lapar di pagi hari tanpa masalah. Mau pake susu kental manis, mau dikucurin karamel, madu, sirup maple, atau topping buah atau keju, mau dikasih rasa cokelat, vanilla atau pandan, saaaahhh semua. So, tunggu apa lagih, hyuukkk bikin pancake!



FLUFFY PANDAN PANCAKE
(diadaptasi dari resep Mbak Isna Sutanto)

1 cup tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 telur ukuran besar
1 cup plain yogurt – saya pake susu cair
1 sdm air jeruk lemon – campur dengan susu, biarkan 5 menit
½  sdt pasta pandan
1 sdm mentega, dicairkan dan didinginkan

- Campur tepung, baking powder, garam dan gula. Aduk,  sisihkan.
- Dalam mangkuk besar, kocok telur, susu, pasta pandan dan mentega cair sampai adonan lembut.
- Masukan bahan kering ke campuran telur dan susu, aduk rata.
- Panaskan wajah anti lengket dengan api sedang, tuang adonan. Masak sampai muncul gelembung,  balik. Masak lagi sampai kedua sisi kecoklatan,  angkat. 


Jadiii selamat mencoba dan semoga bermanfaat J happy weekeeeend!

Ini pancake yang saya bikin seminggu yang lalu. Resep sama, gak pake pandan dan pake topping jambu merah :D

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...