Tuesday, April 26, 2016

Ceker Ayam Goreng Mentega



Assalamu’alaikum...

Sepertinya emang waktu paling pas untuk ngeblog – untuk saat ini – adalah sore hari yes. Di mana bocah udah pada bangun tidur dan main di halaman, di mana tumpukan piring kotor belum dicuci dan lantai belum disapu, jadi mari ngopi sambil ngeblog.

Tahu gak pemirsa, saya dibuat jatuh cinta sama si ayam goreng mentega tempo hari? Sebabnya adalah bocah yang gak berhenti minta tambah dan nasi yang harusnya cukup buat sampe malem, eh gak cukup aja dong, dan liat mereka makan lahap itu, sudah lah ya, bayangan waktu mereka sakit dan menolak segala macam yang disuapkan ke mulutnya itu, maasyaaAllah sekali. Lihat mereka sampe jilat-jilat jarinya setelah makan dan bilang “Ma, ayamnya masih ada ya buat ntar malem? Jangan diabisin nanti kakak mau makan lagi!” itu, biarin deh ayamnya buat kakak sama mbak dan adek, mama sama ayah makannya pake ayam juga *loooh.

Nah, kemarin si emak tuman bikin lagi, kali ini pake ceker ayam! Haaa gak kalah enak! Ceker ayamnya sih sudah lama beli, saya simpen di freezer. Tadinya mau bikin ceker masak rica-rica atau ceker setan ala mamak Kiki, tapi kalo pedes kan bocah gak bisa makan, daaaan membayangkan mereka ngeliatin kita makan enak sementara mereka gak bisa ikut makan itu, gak enak. So, bikin pake resep favorit saja.



Baiklah, saya tulisin lagi resepnya, tapi kali ini sayap ayamnya ganti sama ceker.

CEKER AYAM GORENG MENTEGA
(diadaptasi dari resep Ayam Goreng Mentega Mbak Isna Sutanto)

5 pasang ceker ayam, cuci bersih
1 sdm air jeruk nipis
1 buah bawang bombay, diiris panjang
4 siung bawang putih, dicincang kasar
1 sendok makan kecap inggris
1 sdm saus tiram (tambahan dari saya)
5 sdm kecap manis
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, diiris miring
100 gram margarin untuk menumis
air untuk merebus ceker ayam
minyak untuk menggoreng

Lumuri ceker ayam dengan air jeruk nipis, diamkan 10 menit.
Cuci bersih, rebus di panci tertutup kurang lebih 30 menit, tiriskan.

Goreng ceker ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Hati-hati menggoreng ceker ya, tutup wajannya, karena dia bakal meletup-letup *horor*

Panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
Masukkan kecap inggris, kecap manis, saus tiram, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk sampai kental.

Tambahkan ceker ayam dan daun bawang. Aduk rata. Matikan api, sajikan segera dengan nasi hangat.


Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum...


1 comment:

  1. Boleh nih coba bikin pake resep ini, nda rumit dan hasilnya keliatan menggoda selera makan.
    Makasih buat share-nya

    ReplyDelete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...