Monday, April 04, 2016

Setup Pepaya



Assalamu’alaikum...

Sudah Senin lagi yes. Dan oh, alhamdulillah, I do love Monday. Kenapa? Rumah jadi agak senyap sedikit karena yang satu berangkat sekolah – dengan sejuta keriweuhannya di pagi hari minta bekal nasi gulung dadar telur, minta sarapan pancake, minta beli susu buat bekal, endesbre endesbhay. Jadi boleh ya emak duduk sebentar ngeblog sembari ngedit sambil BW dan komen sana sini trus balesin DM dan komen dari penggemar *dilindes*.

Daan hari ini pengen posting setup pepaya. Setup ini salah satu yang jadi favorit di rumah. Kalo punya buah semacam nanas, pepaya, salak, boleh lah ya bikin ini. Kemarin punya pepaya saja, kebetulan panen lumayan, alhamdulillah. Harusnya sih ya biar nendang pake nata de coco sama nenas, salak, rambutan (es buah dong jadinyaaaah), tapi ya sudahlah, kasih selasih dan simpen sebentar di freezer biar nyess, sudah bisa bikin bocah seneng sembari bilang “MAU LAGI MA!”

Dan oh, saya suka masukin rempah ke dalam rebusan setup ini, aromanya enak banget. Nah dihidangkan pake es batu, kasih susu kental manis, atau hangat-hangat juga cocok banget buat buka puasa. Dikasih soda? Tambah yahud kak. Gak percaya? Hyuukkk bikin.


SETUP PEPAYA

1 buah pepaya yang cukup matang – jangan yang kelewat matang ya, potong-potong dadu
200 gram gula pasir – atau sesuai selera, bisa ditambah atau dikurangi
1 liter air
3 cm kayu manis batang
5 buah cengkeh
1 sdt garam
1 sdt selasih rendam di air hangat
1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon
Daun mint – boleh diskip kalau gak ada

Rebus air sampai mendidih, masukkan kayu manis dan cengkeh
Masukkan gula pasir, pepaya dan garam, rebus lagi kurang lebih 15 menit
Matikan api, masukkan air perasan jeruk
Masukkan selasih sesaat sebelum dihidangkan. Boleh pakai es batu, susu kental manis, atau air soda. Suka suka deh kak.
Kalau ada daun mint, tambahkan saja sesaat sebelum dihidangkan. Tambah nyess :D



Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum...


No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...