Saturday, June 18, 2016

Tentang Beberapa Tips dan Bumbu di Bulan Ramadhan



Assalamu’alaikum ^^

Bulan ramadhan tahun ini saya dan pak ayah memutuskan untuk enggak sama sekali berjualan takjil seperti yang tahun-tahun lalu kami lakukan. Haa saya jualan takjil? Haha iyaa. Emang kan tiap hari di selain bulan puasa si saya dan pak ayah jualan kue di depan rumah. Kadang ada pesenan juga. Pisang ijo dan puding jadi favorit kalau bulan Ramadhan, trus roti gambung serta donat juga jadi favorit di selain bulan Ramadhan. Tapi semakin ke sini, hidup terasa semakin berat rasanya kok makin refot ya dengan 3 anak yang semuanya pengen diperhatiin full oleh mamaknya, sementara tahun ini Jingga juga mulai sekolah, sepertinya bendera putih dulu deh untuk jualan.

Tahu Isi Sosis

Assalamu'alaikum ^^

Pakabar manteman? Semoga masih lancar puasanya, masih dikasih sehat sama Allah, masih bisa beraktifitas seperti biasanya, alhamdulillaaah. Yang sakit, semoga segera diangkat sakitnya, yang sedang sedih dan merasa sesak dengan ujian yang sedang mendera, yuk merapat lagi ke Sang Maha Penyayang, biarkan Allah yang mengurai, kita hanya perlu bertawakkal dan bertaqwa padaNya ^^

Thursday, June 16, 2016

Resep Mie Bayam Homemade dan Mie Ayam Bayam




Assalamu’alaikum ^^

Menjadi seorang ibu rumah tangga, buat saya, benar-benar anugerah yang enggak bisa saya sangkal, Allah memang sebaik-baik pengatur peran umatNya. Bagaimana tidak, saya yang (lagi-lagi) introvert gak pandai bergauk seperti teman-teman saya di luar sana, kalau sedang berkumpul atau hang out, pasti bakalan duduk di pojok sendiri sembari memasang telinga mendengarkan yang lain berbicara, kalau ada yang lucu ikut ketawa, kalau gak ngerti bahasa mereka, yah akhirnya gak punya pilihan lain, diam saja – sambil chatting di whatsapp dengan emak arisan yak maaak hehehe...

Tuesday, June 14, 2016

Bingka Kentang

Assalamu’alaikum ^^

“Tau gak sih kata mama gak boleh menggambar makhluk hidup?!”
“Taauuu... tapi kan Jingga gak pinter gambar rumaaaah...”
“Ya sudah, gambar pohon aja!”
“Tapi Jingga pengennya gambar rumah!”
“Ya sudah gambar rumah aja, jangan gambar orang!”
“Tapi gimana kalo gak bisa gambar rumah?!”

#%&%*^(&)_

Mumet gak sih yang denger? Atau seperti ini :

“Keisha, kata mama tuh gak boleh baca buku cerita prinses!” (Keisha itu sepupu bocah)
“Kenapa emang Luna?”
“Karena prinses itu dongeng”
“Dongeng itu apa?”
“Dongeng itu kata bu guru cerita yang tidak benar-benar terjadi!”
“Ini tuh prinses, bukan dongeng!”
“Prinses itu bohongan, sama seperti dongeng, jadi gak boleh!”
“Aku kan baca prinses, bukan dongeng!”

@!$#&&)_&^&%

Monday, June 13, 2016

Puding Roti Pandan



Assalamu’alaikum ^^

Memiliki stok jus daun suji di kulkas itu jadi seperti dikejar detlen untuk segera menggunakannya serta menghabiskannya dalam waktu tidak terlalu lama ya. Bagaimana tidak, jus daun suji ini gak pake pengawet dan fresh sekali, hanya menggunakan air matang saja, gak pake air panas mendidih apalagi dimasak. Jadi ya kalau bisa memang harus sesegera mungkin didayagunakan. Bisa saja sih untuk penyimpanan lebih lama, bungkus di plastik-plastik kecil seukuran ¼ kg gula itu atau sekali pakai lalu disimpan di freezer,  kalau mau digunakan besok, malamnya sudah dithawing biar keesokan paginya bisa digunakan. Tapi yah namapun saya yah, males dan moody itu sepertinya nama tengah saya yang ke-13 hehehe.

Tentang Puding Lumut dan Daun Suji



Assalamu’alaikum manteman....

Gimana puasanya sampai hari ini? Masih lancar yaaa, masih sehat dan dikasih kemudahan sama Allah untuk menunaikan puasa sampai maghrib setiap harinya. Insyaa Allah berkah, allahumma aamin.

Jadi seminggu kemarin lagi hits banget si puding lumut ini. Awalnya sih gak pengen ikutan bikin, karena melihat ingredientsnya begitu sederhana dan ternyata saya puny stok jus daun suji dan pandan, akhirnya ikutan latah. Lumayan nambahin stok foto huehuhehehe... Masalah rasa, msaya masih jauh lebih suka rasa puding gula merah jadul yang pernah saya share resepnya, hampir sama dengan puding lumut ya bentuknya, hanya beda di bahan pewarna dan warnanya sendiri, yang satu hijau, yang satunya cokelat.

Friday, June 10, 2016

Nasi Bakar



Assalamu’alaikum...

Beberapa waktu yang lalu seorang teman bertanya pada saya (dengan emo heran karena ini adalah percakapan di sebuah grup whatsapp) tentang ketiadaan televisi di rumah kami. “Serius mbak Puji gak punya tipi atau saluran tipi di rumah?” begitu tanyanya.

Yup, seperti yang pernah saya ceritakan, di rumah kami sudah lama sekali gak ada suara televisi. Sudah sekitar 4  tahunan lebih deh.  Awalnya karena memang saluran yang ada itu udah hampir semua gak ketonton. Paling sering ya kalo gak kartun channel, ya asian food channel. Selebihnya, gak mutu blass. Gak usah diceritain lah ya gimana mutu sinetron-sinetron jaman sekarang, saya mah mendingan gak nonton sekalian daripada harus ngeliat anak kecil dikasih peran antagonis yang dengan sombongnya melecehkan temannya yang miskin atau pengemis di jalanan atau akting bences yang sok lucu, apalagi acara-acara semisal dahsyat yang gak pake acara malu sedikitpun mengumbar aurat hanya beberapa sentimeter saja di depan audience. Big no no way.

Thursday, June 09, 2016

Baked Spagetti



Assalamu’alaikum ^^

Mumpung baru selesai sahur, boleh deh ngeblog sebentar ya kakak. Kali ini pengen cerita sedikit perihal mundurnya saya dari jagat perfesbukan *halah. Yaa, udah hampir 2 bulan ini hidup tanpa fesbuk, dan sudah hampir 2 bulan ini kepala sedikit plong dari jejalan cerita dan pro kontra yang gak kelar-kelar dari jaman kapan tau. Iya, kepala saya mendadak penuh kalau buka timeline fesbuk. Penuh dengan link hidup yang memaksa saya membukanya, penuh dengan sarkas tentang hidupnya entah siapa, penuh dengan euforia tentang gosipnya si anu yang sedang itu, aaah sekali lagi, fesbuk penuh dengan hal yang gak kelar-kelar, layaknya hidup, as a paradox yes.

Wednesday, June 08, 2016

Bread Pudding



Assalamu’alaikum ^^

Memasuki Ramadhan hari ketiga, alhamdulillah lancar yaa manteman ^^ aamiin...

Beberapa hari ke depan selama satu bulan ini, bakal banyak yaa undangan bukber dari teman-teman dan handai taulan. Bakal rame seliweran foto-foto reuni sembari bukber. Percaya atau tidak, sudah lama sekali saya gak ikut acara-acara serupa. Tidak hanya bukber, tapi juga reuni. Entahlah, buat saya reuni semacam itu gak ubahnya dengan gak bisa move on hahaha. Plis jangan hakimi aku kakak.

Monday, June 06, 2016

Brownies Hari Ini!



Assalamu’alaikum manteman...

Alhamdulillah yah, hari pertama puasa Ramadhan sudah terlewati. Tinggal 29 hari lagi yes... walaupun belum bisa ikutan berpuasa, setidaknya menyiapkan menu berbuka dan sahur itu kalo kata Ustadz pake bismillah dan hati menggumam dzikir, insyaaAllah dihitung pahala yang luar biasa juga. Maa syaa Allah ^^

Sunday, June 05, 2016

Gangan Asam Patin

Assalamu'alaikum ^^

Jadi, ternyata begitu banyak hal yang berbeda di luar sana. Saya seperti ini dengan pilihan-pilihan yang saya buat, kamu dengan pilihan yang kamu buat, dia dengan pilihan yang dia buat. Tentu saja, beda kepala yang membuat berbeda pula isinya, dan hey, kita gak bisa membuatnya menjadi sesama milikmu. Saya selalu yakin, di balik pilihan-pilihan tadi, ada banyak sekali alasan-alasan yang cukup kuat, dan terkadang banyak hal yang tidak bisa kita pahami begitu saja lho dengan hanya mendengar atau melihat sebagai ‘orang luar’. Mudah aja sih menunjuk dan membuat sebuah justifikasi, nikmat sekali malah yes, namapun gosip bok *tunjuk diri sendiri*. Terlihat salah di mata kita belum tentu sesalah itu kalau dilihat dari sudut pandang orang lain. Dan terlihat benar pun ternyata tidak sebenar itu, bukan? Kecuali ketika pilihan itu dibuat tanpa alasan yang jelas, yaah mungkin karena gak tau aja kali ya ada pilihan lain yang lebih bagus. Itupun gak lantas bikin kita berhak membuat stempel  LOSER di jidatnya kan yaaa? Daaan yang pasti, apapun yang menjadi pilihan orang lain, kita bukanlah penanggung jawabnya. Betul?  Lagian, hell yeah, life is a paradox^^.

Friday, June 03, 2016

Gangan Nangka Besahang

Assalamu’alaikum...

Kapan hari kemarin, tetiba rinduuuu banget sama mama. Ya, menjelang Ramadhan memang gak bisa enggak, membawa kembali memori 2 tahun yang lalu saat mama sakit parah di ICU dengan seperangkat peralatan ventilator yang buat saya seumur-umur baru liat saat itu, dan dipasangkan ke tubuh mama juga. Pas banget juga momennya Ramadhan, keinget lagi puasa-puasa di depan ruang tunggu ICU, buka puasa bareng kakak-kakak di ruangan itu, tentunya dengan banyak pasang mata menatap iba dan trenyuh pada kami. Bergantian satu per satu menemani mama dengan Quran di tangan dan sejuta harap dan doa agar mama cepat membuka mata dan melihat kami yang sudah sangat kangeeeen sekali sama beliau. Dengan banyaaak sekali cerita yang buat saya memang aneh saya ceritain pelan tepat di telinga mama, tentang si anu yang lagi ini, tentang bu anu yang bikin soto tapi gak seenak masakan mama, tentang  bu itu yang kalo ketemu nanyain keadaan mama, tapiii sama sekali tanpa feedback apapun dari mama. Sedih, pasti, tapi saat itu saya mengenyahkan segala macam pikiran yang bikin down. Saya tetap berbisik-bisik di telinga mama gak peduli mama dengar atau tidak. Saya tetap membacakan ayat-ayat suci sembari menggenggam jemari mama dengan harapan membuncah Allah menyembuhkan mama.

Tumis Tahu dan Tuna



Assalamu’alaikum ^^

Apa kabar manteman? Pagi saya kali ini agak sendu-sendu gimanaa gitu. Berita lelayu datang dari tetangga dekat. Sekali lagi, jemputan Allah itu tidak akan pernah bisa diduga datangnya, yah. Sesaat tercekat, kaget, akhirnya benak digelayuti tanya, seperti apakah kelak keadaan saya ketika malaikat maut menjemput? Seperti apakah kelak safar panjang saya yang berikutnya? Seperti apakah kelak saya mempertanggungjawabkan apa-apa yang  saya miliki dan lakukan?

Baiklah, sekarang cerita resep aja yah, hehe... Nah, berita duka tadi efeknya berlanjut sampai agak siang, si saya jadi gak bernafsu belanja atau berfikir mau masak apa. Gak ada stok sayur. Tengok kulkas, hanya ada tahu satu bungkus. “Mamaaa, apeeeew...” rengek Gaza sambil ngelus perut endutnya. Ah, laper ya nak? Wekekeke, baiklah, kita olah yang ada saja yes. Kebetulan beberapa hari yang lalu sempat beli tuna kalengan, rencananya mau diolah bersama dengan spageti. Apa daya, spageti masih terselip manis di dalam laci dapur, sementara mood mengolahnya terbang entah kemana.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...