Monday, June 13, 2016

Puding Roti Pandan



Assalamu’alaikum ^^

Memiliki stok jus daun suji di kulkas itu jadi seperti dikejar detlen untuk segera menggunakannya serta menghabiskannya dalam waktu tidak terlalu lama ya. Bagaimana tidak, jus daun suji ini gak pake pengawet dan fresh sekali, hanya menggunakan air matang saja, gak pake air panas mendidih apalagi dimasak. Jadi ya kalau bisa memang harus sesegera mungkin didayagunakan. Bisa saja sih untuk penyimpanan lebih lama, bungkus di plastik-plastik kecil seukuran ¼ kg gula itu atau sekali pakai lalu disimpan di freezer,  kalau mau digunakan besok, malamnya sudah dithawing biar keesokan paginya bisa digunakan. Tapi yah namapun saya yah, males dan moody itu sepertinya nama tengah saya yang ke-13 hehehe.



Kali ini pilihan resep jatuh kepada puding roti pandan milik mbak Endang Just Try and Taste. Di resep asli  mbak Endang menggunakan kukusan, sementara saya menggunkan oven untuk memanggang dengan metode au bain marie, dan metode ini never fail me untuk bikin puding roti yang lembut! Kebetulan anak-anak suuukkaaaa banget sama puding roti yang tempo hari saya buat itu, lembut dan gurihnya bikin tangan-tangan kecil mereka susah berhenti menyendoki puding dalam loyang. Kebetulan pula memang ada stok roti tawar yang sudah satu minggu semedi di dalam kulkas, jadi baiklah, kita berdayakan saja. Dan memang kebetulan itu adalah sesuatu yang menyenangkan, bukan? Pisang talas di dapur yang matang dan manis itu pun seperti melambai pada saya untuk segera diikutsertakan dalam resep kali ini, ahaha...


Puding Roti Pandan
(dimodifikasi habis-habisan dari resep Puding Roti Pisang Pandan milik Just Try and Taste)

10 lembar roti tawar
2 butir telur ayam, kocok lepas
100 mL air perasan daun suji dan pandan
600 mL santan kekentalan sedang
100 gram gula pasir
1 sdt garam
4 buah pisang talas (boleh menggunakan pisang ambon atau pisang lain) iris serong
2 sdm tepung custard
50 gram margarin cair
Keju parut untuk taburan 


Siapkan loyang atau pinggan tahan panas, olesi margarin, sisihkan.
Panaskan oven di suhu 180 derajat
Potong-potong kotak roti tawar, taruh di mangkuk, masukkan pisang, campur rata dengan roti.
Campur santan, telur, jus daun suji dan pandan, gula dan garam, kocok atau aduk rata menggunakan whisker. Masukkan tepung custard, aduk rata lagi jangan sampai bergerindil.
Masukkan margarin cair, aduk rata.
Tuang ke mangkuk isi roti dan pisang, aduk rata. Biarkan meresap.
Tuang ke loyang atau pinggan tahan panas, ratakan.
Beri taburan keju parut atau apapun yang manteman suka yaa, bisa kurma iris, kismis, almond slice atau gak pake juga gak apa-apa.
Panggang di oven menggunakan metode au bain marie selama 40 menit atau sampai matang.
Sajikan hangat atau dingin, sama-sama enak!


Maafkan foto yang seadanya, maklum sudah sore dan ada tangan-tangan kecil penasaran pengen nyolekin si puding sementara bedug masih 15 menit lagi! Selamat mencoba daaan semoga suka, wassalamu'alaikum ^^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...