Saturday, July 02, 2016

Kue Semprit Dahlia


Assalamu'alaikum...

Tahukah kau apa sejatinya kemenangan – menurut pendapatku tentu saja.

Melihat diriku di masa lalu tepat di depan mataku, berusaha melakukan apa-apa (yang kupikir bisa melakukannya sebaik mamaku) – termasuk membantunya membuat kue lebaran.

Melihat diriku sendiri menjadi mamaku di masa lalu, berusaha menjaga agar semua berjalan sebagaimana mestinya dengan sedikit mungkin mengomel – dengan dapur berantakan dan cucian piring segunung.
Menyaksikan semua seperti film yang diputar kembali – menekan sekuat mungkin buncah rindu – binar mata kedua bocahku yang mendadak menjadi chef seperti mimpi mereka selama ini.


“Mama, nanti kuenya kita bagiin tetangga seperti Upin Ipin ya!”
“Ma, nanti dimasukin stoples yang cantik ya!”

“Gak apa-apa kan ma, bulet-buletnya ada yang gede ada yang kecil?! Kan malah enak kalo dapet yang gede, rasa cokkeelllaaatttttt!”

Ya teman, kemenangan kecilku adalah aku tidak meneteskan sebutir air matapun melihat slide demi slide adegan dari masa lalu itu.

Kemenanganku adalah aku berhasil mengusir jauh-jauh – untuk sementara – riuh rinduku yang mendadak memagutku.


Kemenanganku adalah aku dan bocah-bocahku berhasil menyelesaikan proyek kue semprit ini sampai titik lelah penghabisan!



Kue Semprit Jadul Dahlia NCC
(Fatmah Bahalwan)

300 gr margarin
75 gr mentega
250gr gula halus
3 butir kuning telur
500gr tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdm susu bubuk
Cokelat bubuk secukupnya

Kocok gula dan telur sampai pucat, tambahkan margarin dan mentega, kocok lagi sampai pucat. 

Matikan mikser. Masukkan terigu, maizena dan susu bubuk, aduk rata.

Ambil segenggam adonan, campurkan dengan cokelat bubuk, bentuk bulat-bulat kecil.

Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Pasang spuit bunga. Sempritkan pada loyang kue kering yg sudah dipoles mentega.

Taruh bulatan cokelat di tengah setiap kue


Panggang dalam oven suhu 160 derajat Celsius, selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang dan renyah.


Jadi, inilah kemenangan kecilku ^^ Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^ wassalamu'alaikum...

2 comments:

  1. kue sempritnya cantik mba...wah seru mba dibantu bocah2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa makasih Monic ^^ iyaa seneng banget mereka hehe

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...