Wednesday, July 13, 2016

Roti Pisang



Assalamu’alaikum...

Apa kabar manteman? Semoga selalu sehat yaa. Cuaca kemarin panasnya cetar, hari ini mendung manja aja dong. Agak meriang, masuk angin kali ya. Ah, gak keren bingit, masuk angin wekekeke... Masih setia onlen di depan PC, kalo kata Kiki dan Ka Echi, berasa balik lagi ke jaman baheula gak sih, onlen di depan PC pake YM. Aaaarghhh... Heeey ngece ya kalian!!! Hahahaha... Android baru, come to mama plissssss -_-“

Baiklah, bahas resep aja wis. Setiap punya pisang kepok atau pisang talas yang banyak, ini salah satu bebikinan paling hits kalau kamu orang Banjar hehe. Roti pisang. Bukan, bukan roti pisang yang kalo ditranslet jadi banana bread yaa. Ini roti pisangnya urang Banjar, pake cetakan kue lumpur dan dimakannya hangat-hangat berteman teh hangat juga, pas mantap buat sarapan, atau duduk-duduk santai sore-sore. Atau mau sambil berduaan sembari ngobrol dan ngopi juga oke. Pak suami mana pak suami :p


Roti pisangnya saya kasih nangka. Ada juga versi yang pake parutan kelapa setengah tua. Sama-sama enak. Gak punya nangka? Enak jugaaa! Hayuk dicobaaa!

Roti Pisang 

300 gram tepung terigu
4 sdm gula pasir
2 butir telur ayam
1 sdt garam
1 sdt baking powder
¼ sdt vanilla essence
1 bungkus kecil santan instant
1-1 ½ gelas air matang
10 buah pisang kepok potong dadu (boleh pake pisang apa aja)
15 buah nangka potong dadu (optional ya)


Campur dalam wadah semua bahan kecuali buah, aduk dengan whisker (adonan agak lebih encer sedikiiit dari adonan pancake), hentikan penambahan air kalau sudah dirasa pas.
Masukkan pisang dan nangka, aduk rata, diamkan 10-15 menit
Panaskan cetakan kue lumpur dengan api sedang-kecil, olesi minyak, tuang adonan sampai penuh, tutup cetakan, biarkan matang.
Balik adonan kalau sudah kecokelatan di bagian bawahnya, tutup lagi, biarkan sampai kecokelatan.
Angkat, sajikan hangat.


Jadi, selamat mencoba, semoga bermanfaat dan suka yaaa! Wassalamu'alaikum ^^

2 comments:

  1. Aku makin suka sama foto2mu mbaaaak, ciri khasmu yg moody low key msh kepegang, tp drooling factornya jg dapet. Cakeeeeep!!!!
    Btw kapan hari dikasi pisang kepok udh kpikiran mau bikin roti pisang, eh dasar maless, pisangnya teronggok sampe mateng bangettt, akhirnya jadi barongko deh. Aduh pr ku banyak banget mau bikin ini itu tp blm ada yg kesampean :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiiii itu pisang kepok enak banget dibikin roti pisaang, manis banget pasti. sabar bumiiil jangan kecapekan laaah, masih banyak waktuuu insyaaAllah. ah maa syaaAllah, obrolan waktu itu selalu kupegang kalo lagi pegang kamera Ki, jangan sampe jatuh ke lembah moody dan melupakan si makanan hahaha... jazaakillahu khairan Kiki, atas obrolan waktu itu ^^

      Delete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...