Wednesday, August 10, 2016

Wedang Ronde



Assalamu’alaikum ^^

Apa kabar manteman? Semoga selalu dalam keadan sehat dan kelimpahan berkah dari Allah yaa allahumma aamiin...

MaasyaaAllah, hari ini lumayan dibuat sibuk dengan pesenan  pancake durian yang datang bertubi, fabiayyi alaa irabbikumaa tukadzibaan? Haa pancake durian?? Yes, insyaaAllah ingin mencoba yang baru, bosen kali kak ngulenin roti muluk wakakaka... Lalu kenapa durian? Karena saya suka durian! Pake banget! Dan qodarullah seorang teman adalah seorang distributor durian Medan yang you know lah yaa endesnya kayak apa aja. Jadi, bismillah, dengan ini pancake durian siap dipesan di mama Gaza. Pankapan saya share resep dan fotonya yaa.


Sekarang mau share resep wedang ronde dulu, yang dibuat kapan hari itu. Iya, saya mah gitu orangnya, suka masak, suka motret, eh suka lupa mostingin resepnya huhuuu. Wedang ronde yang favorit pak ayah dan sekarang resmi menjadi favorit saya dan bocah juga. Kalo bikin sendiri, rondenya bisa dibanyakin, isi kacangnya juga, dan kacang tanah taburannya juga dibanyakin yeaaay ahahaha... Yuk bikin juga, ini resepnya!

Wedang Ronde
(Sumber : Diah Didi)

Ronde :
100 gram tepung ketan
1 sdm tepung sagu
¼ sdt garam
100 mL air hangat
Pewarna hijau
Pewarna merah

Isi ronde :
50 gram kacang tanah goreng, haluskan, campur dengan gula pasir sesuai selera

Kuah:
800ml air
150 gram jahe, bakar, kupas, geprek
2 daun pandan, simpulkan
3 daun jeruk
100 gram gula pasir
1 sdm gula merah serut
1 sdt garam

Pelengkap :
Kacang tanah sangrai
Kolang kaling potong-potong

Ronde :
Masukkan semua bahan kecuali pewarna dalam mangkuk, aduk dan uleni hingga kalis. Menambahkan airnya sedikit-sedikit ya manteman, sekira sudah kalis, hentikan memasukkan air.
Bagi 2 adonan, satu bagian beri pewarna hijau, satu bagian beri pewarna merah.
Ambil adonan sebesar kelereng, pipihkan, isi dengan bahan isian, bulatkan kembali.
Didihkan air, masukkan bola-bola ronde, biarkan sampai mengapung, angkat dan masukkan ke dalam air dingin. Sisihkan.

Kuah :
Rebus semua bahan sampai mendidih, tutup panci, kecilkan api, biarkan sampai aromanya keluar. Saring.


Tata ronde dan bahan pelengkap di mangkuk, beri kuah  secukupnya. Sajikan hangat.


Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa. Wassalamu'alaikum...

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...