Sunday, October 09, 2016

Baso Bakar Saus Barbeque



Assalamu’alaikum...

Kemarin lumayan hectic. Namapun wiraswasta ya bu, jadi no weekend for us, sabtu minggu ya tetap sibuk. Halaaah sibuk apa siiih... Banyaaak. Masak, bikin kue pesenan, mandorin pak ayah ngebenerin kandang ayam, beberes halaman belakang, nyuci berember-ember sampe ke pasar belanja buat kebutuhan dapur. Sudah terlihat cukup sibuk kah? *ditimpuk pancake*

Jadi, ke pasar nemu ikan tongkol yang lumayan seger. Tanya harga, lumayan lah ya terjangkau. Uangnya masih sisa buat beli jengkol favorit huahaha... Mau dibikin apa, belum ada ide saat di pasar. Ntar lah, biasanya ide datang saat kepepet.

Sesampainya di rumah, keingetan sama obrolan seorang teman beberapa hari yang lalu, dia suka bikin baso sendiri buat anak-anaknya. Pake blender aja, dan dengan bumbu sederhana juga. Nah, kenapa ikannya gak dibikin baso aja ya? Jadilah kemarin itu bikin baso ikan, trus dipanggang sebentar dengan saus barbeque, wuaaah gak pake lama, basonya tandas tak bersisa. Maklum, anak-anak itu penggemar pentol baso, sementara mamanya dengan tegas gak pernahngebolehin mereka jajan sembarangan. Jadi makan pentol baso ya kalau pas beli baso atau baso kemasan saja. Jaraaaang banget bikin baso sendiri. Males ngegilingnya. Males cuciannya. Halah.


Tapi etapi, ternyata kalau bikin sendiri itu kepuasannya emang beda yaa. Udah bahan lebih murah, bumbu jauh lebih aman dan kebersihannya juga lebih terjamin, truuus jadinya juga banyaaak, alhamdulillah... Besok mau bikin lagi aaah... Manteman, mau nyobain juga? Nih resepnya ^^

Baso Bakar Saus Barbeque

300 gram fillet ikan tongkol, kucuri jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci bersih. Potong dadu.
5 siung bawang putih
1 butir telur
2 sdm tepung tapioka atau sagu
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (optional)
2-3 sdm air es

Bumbu oles :
Campur dan aduk jadi satu :
2 sdm saus barbeque
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
3 sdm minyak goreng

Bumbu saus baso :
1 buah bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, geprek, cincang
4 sdm saus barbeque
2 sdm saus tomat
½ sdt bubuk lada
Garam dan gula secukupnya
1 sdt oregano
1 sdt rosemary
½ cup air matang
2 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Masukkan semua bahan baso ke dalam food processor, proses sampai halus.
Didihkan air, kecilkan apinya.
Bentuk adonan ikan bulat-bulat, masukkan ke dalam air mendidih (dengan api kecil saja ya manteman, biar basonya bulet mulus)
Begitu mengapung, biarkan selama 10 menit di air mendidih, angkat, tiriskan.

Siapkan panggangan (saya pake batu bakar), panaskan.
Campur semua bahan olesan di mangkuk.
Tusuk baso dengan tusuk sate, susun di atas panggangan, oles dengan bumbu olesan.

Saus baso :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
Masukkan saus, lada, garam dan gula, aduk rata.
Masukkan air, biarkan mendidih.
Masukkan larutan maizena, biarkan mengental.
Masukkan oregano dan rosemary, aduk, matikan api.

Sajikan baso dengan sausnya. Enaaak... Alhamdulillaah.


Selamat mencoba ya manteman, semoga bermanfaat dan wassalamu’alaikum ^^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...