Friday, October 21, 2016

Kue Sus Vla Vanilla



Assalamu’alaikum...

Jadi 2 hari yang lalu, seorang teman mengirim sebuah pesan di watsap, istrinya pengen dibikinin kue sus. Happaaaah? Kue sus? Halamaaakkk eike pan jualannya roti ama pancake durian kak. Pernah sih bikin kue sus, dan agak-agak trauma gimana gitu dengan mimpesnya kue saat diangkat dari oven. Sejak saat itu, rada musuhan sama resep kue sus, tapi tetep suka makannya lho ya huahaha. Tapi apalah daya, emak sedang dalam keadaan darurat dompet, nekat, terima saja pesenan ini hahaha.

Mulai googling kan ya, dan seperti biasa selalu saja kalau googling resep, kata kuncinya akan diakhiri NCC atau JTT. Huaa 2 sumber resep paling favorit. Kadang suka juga ngintip resep beberapa teman foodblogger macam Ayu, mbak Vero, mbak Hesti, mbak Yulyan, tapi ya gitu deh, kalau mampir ke blog mereka ini bukannya nyari resep malah melototin foto-fotonya yang aduhai. Maka sudahi saja, pencarian berakhir di blog Cici Shirley, Dapur Solia. Alhamdulillah cocok, tekstur kue susnya kokoh  gak mimpes (yesss!) dan dengan filling lembut, saya memutuskan untuk bookmark resep di blog Ci Shirley ini. Makasi ya Ci ^^


Mau nyoba bikin juga gak? Tadi pagi karena ini buat pesenan, jadi resepnya saya kalikan 2 ya manteman. Jumlah telur pun sama seperti Ci Shirley saya kurangi 1, jadi susnya benar-benar kokoh walaupun sudah dingin. Besok mau nyoba pake vla durian ahhh.


Kue Sus / Choux Pastry
(resep dari Dapur Solia)


Kulit Sus

225 ml  Air
100 gr  Margarin
1 sdm  Gula pasir
125 gr  Tepung terigu protein tinggi
150 gr Telur utuh (resep aslinya minta 4, aku pake cuma 3)

Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis (halus dan tidak lengket). Angkat dan dinginkan.
Setelah dingin, masukkan telur satu per satu sambil dikocok dengan hand mixer hingga kental dan rata.
Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah diolesi margarin – saya pake scoop eskrim. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 °C) hingga mengembang, kokoh, dan tidak berbuih lagi.
Catatan: Jangan buka oven selama proses pemanggangan untuk mencegah adonan kolaps.

Angkat dan sisihkan. Setelah dingin, gunting sedikit di salah satu sisi untuk tempat memasukkan vla.


Vla ala NCC

700 ml  Susu cair
150 gr  Gula pasir
50 gr  Tepung maizena
¼ sdt  Garam
2 buah  Kuning telur
1 sdm  Mentega/margarin
1/2 sdt vanilla essens

Larutkan tepung maizena dengan sebagian kecil susu. Kocok sebentar kuning telur di wadah terpisah, larutkan dengan sedikit susu, satukan dengan larutan maizena. Sisihkan.
Rebus sisa susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran tepung maizena-kuning telur, didihkan sekali lagi hingga meletu-letup dan matang. Matikan api. Tambahkan mentega dan vanilla, aduk rata.
Masukkan vla ke dalam plastik segitiga. Siap digunakan sebagai isian sus.

Nah, kemarin saya pake 2 macam oven, yang satu oven listrik, yang selebihnya pake oven tangkring. Yang di oven listrik hasilnya lebih ngembang dan dalamnya lebih kopong, sedangkan di oven tangkring kurang mengembang, tapi tekstur sama kokohnya kok gak mimpes. mungkin saya kurang pas aja ngatur suhunya. Tapi overall, hasilnya memuasken sangat. Recomended lah ya resepnya ^^


Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya manteman ^^ wassalamu'alaikum...

2 comments:

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...