Friday, October 21, 2016

Roti Gambung / Roti Sobek



Assalamu’alaikum...

Quick post yaa. Ini resep roti jualan saya. Iya, jualannya mama Gaza setiap hari, hehe... Mungkin ada yang bertanya, kok mau bagi-bagi resep kue jualannya?

Nih ya saya kasih tahu satu hal. Saya adalah satu dari sekian ribu ibu rumah tangga yang kalau sedang kebingungan dan mati gaya untuk urusan dapur, google adalah satu senjata paling ampuh untuk mencari resep. Mau beli majalah, tabloid atau buku khusus resep kok ya rempong amat, mahal dan mesti ke toko buku dulu. Kalau googling, mau resep apa saja ada. Nah, salah satunya adalah resep roti saya ini. Saya dapet resep ini dari banyak sekali sumber, saya utak atik, akhirnya dapat yang pas. Saya yakin kok teman-teman foodblogger di luar sana pun sama seperti saya, dapat dari berbagai sumber, diutak atik sampai pas sesuai selera, akhirnya dishare untuk kemudian dipergunakan mereka yang butuh, dan hey, ketika apa yang kita bagikan itu bermanfaat, maka di situlah berkah dan pahala mengalir, percaya kan? Percaya dong yaaa.

Lalu coba saja. Kamu memakai resep yang sama, takaran yang sama dan bahan yang persis sama. Samakah hasilnya? Pasti gak sama. Pasti ada perbedaannya. Dan pasti, kamu akan sesuaikan dengan seleramu, iyakan?

Sebenarnya sih gak masalah ya ketika beberapa orang ketika ditanya resep, dengan ketus menjawab “Googling dong, ada ribuan resep di sana, tinggal pilih mau yang mana, selesai perkara!”.

Sebenarnya enggak sesimpel itu. Ketika orang memutuskan untuk bertanya “resepnya apa ya kak, kok bisa enak banget gini kuenya?” maka itu artinya kue atau masakan kita meninggalkan kesan di hati dan lidah si penanya. Itu sudah satu poin buat saya pribadi. Ketika mereka nanya resep, itu poin lagi, karena mereka mempercayai pilihan resep kita itulah yang paling sempurna dibandingkan ribuan resep di luar sana. Dan ketika mereka mencoba sendiri dan berkomentar “mbak, resepnya sudah saya coba, suami dan anak-anak sukaaa banget, makannya banyak...” masyaaAllah, itu ribuan poin buat saya.

Pernah suatu ketika seorang follower saya komen di salah satu postingan resep donat saya yang sudah dari tahun lalu saya share. Ketika buka notif, saya heran, kok dia komen di foto lama saya? Akhirnya saya berkaca-kaca ketika baca komen dia. “Mbak, resepnya cocok banget, saya dan keluarga sukaa banget. Boleh saya pake buat jualan?” Deg. Terharuuu!!! Menjadi asbab mengalirnya rejeki orang lain melalui resep yang kita bagikan, itu poin tidak terhingga buat saya. Bayarannya pahala. Bayarannya langsung dari Allah. InsyaaAllah.

Tapi memang hak setiap individu ya untuk memutuskan, mau berbagi atau tidak. Dan hak setiap indidu juga untuk memutuskan antipati terhadap mereka yang tidak mau berbagi. Padahal kan, konon, rejeki tidak akan pernah bisa tertukar?



Ealah, katanya quick post kenapa jadi panjang lebar mamaaaah??! Btw, ini semua berdasar opini pribadi ya kakaak. Jangan bully akuuuuh ihik.


Baiklah, ini resepnya ya!

Roti Gambung/ Roti Sobek

1000 gram tepung terigu
1 bungkus / 11 gram ragi instant
2/3 cup gula pasir
1 sdt garam
100 gram margarin, cairkan

Timbang menjadi 500mL :
4 butir telur
Susu cair hangat

Di dalam cangkir, ambil 50 ml susu, masukkan ragi instant, biarkan sampai berbusa
Campur campuran susu dan ragi, sisa susu, telur, dan margarin leleh, aduk rata menggunakan spatula.
Dalam baskom, campur terigu, gula, garam, aduk dengan sendok kayu.
Masukkan bahan cair, aduk menggunakan sendok kayu.

Ketika sudah tercampur, pindahkan adonan ke meja, uleni hingga kalis elastis.
Tanda adonan kalis elastis, adalah ketika kamu tarik, dia tidak sobek.

Bulatkan adonan di dalam baskom, tutup serbet bersih, biarkan 30 menit.
Bagi adonan sesuai selera. Boleh pake isi apa saja. Masukkan loyang, istirahatkan kembali sampai ukurannya menjadi 2-3 kali lipat.

Olesi permukannya dengan kuning telur.


Panggang di oven yang sudah dipanaskan di suhu 180’ sampai matang. Olesi margarin, sajikan hangat.

Note : Saya pake resep yang sama untuk donat ya manteman... enak, lembut... Coba deh.


Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya... Wassalamu'alaikum ^^

1 comment:

  1. perlu dicoba nih, kelihatan enak banget.
    thank

    ReplyDelete

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...