Wednesday, October 12, 2016

Seblak - Baso Pete



Assalamu’alaikum...

Bongkar-bongkar file, eh nemu foto seblak yang belum pernah dipublish di media manapun *halah halaaah*. Entah kenapa rada enggak sreg dengan styling si seblak, maklum kalo gak salah motret ini tu pas bulan puasa kemarin deh, bawaan laper mungkin ya hauhaha...

Sejak awal si seblak ini rame di medsos entah berapa tahun yang lalu, saya selalu penasaran dengan rasanya. Kerupuk yang direndam air panas, lalu dimasak sambal goreng pedas yang mana kencur menyumbang rasa paling dominan, itu bikin saya bertanya-tanya, enaknya di mana sih? Apalagi mama dulu hanya menggunakan kencur untuk bikin sambel kadang, urap atau masakan berkuah sarat bumbu. Nah, gimana kalo dimasukin ke dalam bumbu sambal goreng? Pasti unik. Dan saya udah nyobain beberapa kali si seblak ini, ada yang pake ceker ayam, pake baso, sosis, semuanya enaaak. Dan kali ini saya nyoba pake makaroni, baso, dan pete. Rasanya? Beuh, enakkk!! Mau nyobain juga? Yuk bikiiiin...


Seblak Makaroni – Baso Pete
(resep dari berbagai sumber)

1 kotak kecil makaroni
5 buah baso sapi, potong-potong
2 papan pete, potong-potong
1 butir telur
5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 ruas jari kencur
5-7 biji cabe rawit
2 biji cabe keriting atau cabe besar
Kaldu bubuk secukupnya
Daun jeruk, sobek-sobek
Gula garam secukupnya

Rebus air sampai mendidih, masukkan makaroni, matikan apinya, tutup panci.

Haluskan bawang putih bawang merah, kencur dan cabe-cabean.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta daun jeruk, aduk sampai harum.
Kocok telur, masukkan ke dalam wajan, buat orak-arik.
Masukkan baso dan pete, aduk rata.
Masukkan makaroni yang sudah melunak (tapi enggak benyek ya manteman), beri sedikit air, aduk rata.
Masukkan gula garam dan kaldu bubuk.
Masak lagi sampai bumbu terserap dan kuah menyusut, angkat, sajikan hangat dengan nasi panaassss.
 
Alhamdulillah, enaknyaaa...




Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa, wassalamu’alaikum ^^

2 comments:

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...