Sunday, October 02, 2016

Sup Kepala Ikan Tenggiri



Assalamu’alaikum...

Jadi kan yaa pastikan ketika kamu buka Instagram itu urusan dapur sudah selesai – dalam artian masak dan beberes. Karena eh karena, yang niatnya Cuma pengen buka komen atau siapa yang ngelike foto kita, keterusan lah jadi buka-buka video story lalu postingan terbaru lalu foto-foto cetar yang diupload untuk tema hari ini lalu gatel pen motret juga, ngedit lalu duduk seharian ngedit dan upload juga akhirnya. Dan. Pekerjaan dapur terlupakan begitu saja.

Eh itu mah saya aja kali ya.

Nah seperti tempo hari saat nengWinda ini komen di foto saya perihal dia baru makan sup seafood dengan segambreng detail dan resep, berhasil bikin saya ngiler malem-malem dan kemudian membulatkan tekad besok harus bikin sup seafood yang sama!

Berangkatlah ke pasar. Nemu kepala ikan tenggiri dan ikan tuna, pulanglah saya. Eh enggak ding, mampir dulu di rumah acil saya untuk minta belimbing wuluh dan kemangi. Dan mari masak. Eh dan setelah mateng, saya menemukan kemiripan masakan ini dengan sayur asam Banjar, bedanya sayur asam Banjar pake ikan sungai – biasanya ikan patin atau haruan. Kalo ini pake ikan laut – harusnya sih pake udang dan cumi juga seperti Winda. Karena saya dan bocah ada histori alergi sama udang, jadilah belinya kepala tenggiri sama ikan tuna saja. Tenggirinya buat sup, tuna-nya saya goreng buat nemenin makan sup tadi. Tapi tuna gorengnya gak kefoto dong, keburu laper,  habisnya si sup seger banget, bikin ngiler tak berkesudahan *halah*. Trus kalo sayur asam Banjar pake kemiri, sup seafood enggak pake – kerananya dia akan terasa ringan dan seger gitu yaa. Enak deh pokoknya.

Maafkan penampakan kepala ikan yang remuk itu ya, kelamaan ngerebus kayaknya hihihi

Mau nyoba bikin? Yuk ini resepnya.

Sup Kepala Ikan Tenggiri
(adaptasi dari resep sup seafood Winda)

3 kepala tenggiri, bersihkan, kucuri air jeruk nipis, diamkan, cuci bersih lagi.
5 siung bawang merah, cincang kasar
5 siung bawang putih, cincang kasar
2 jari lengkuas, memarkan
Gula dan garam
Kaldu bubuk (optional)
5 sdm air asam jawa
2 buah sere
3 lembar daun jeruk purut

Haluskan :
1 jari kencur
1 jari kunyit
1 jari jahe

1 liter air
5 buah belimbing wuluh, belah 4
Seikat daun kemangi, siangi
Didihkan air, masukkan kepala ikan.

Tumis duo bawang, lengkuas, sere dan daun jeruk serta  bumbu halus sampai wangi, masukkan ke dalam rebusan ikan.
Masukkan air asam jawa, gula garam dan kaldu.
Biarkan mendidih sampai kurang lebih 10 menit.
Masukkan potongan belimbing dan daun kemangi, matikan api.


Sajikan hangat bersama nasi, ikan tuna goreng dan sambel.

Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa ^^ Wassalamu'alaikum..

No comments:

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...